Comscore Tracker

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis Kreatif

#IDNTimesLife Jangan keburu foya-foya 

Baru mulai bisnis kreatif dan gak disangka berkembang pesat setahun belakangan? Jangan buru-buru senang dan langsung memakai keuntunganmu buat berfoya-foya. Putar dulu untuk terus mengembangkan bisnismu yang sedang melejit.

Pertimbangkan untuk membeli barang-barang yang bisa mempermudah dan mengakselerasi aktivitas bisnismu, deh. Berikut delapan item yang bisa masuk daftar belanjamu berikutnya. 

1. Pencacah kertas 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifPencacah kertas (instagram.com/muji_ph)

Tak hanya berguna untuk para pengusaha kecil yang proses bisnisnya dekat dengan bahan-bahan kertas, pencacah kertas berguna buat pengusaha di berbagai bidang. Kamu bisa memakainya untuk mencacah kertas bekas di rumah sebagai proteksi untuk produk yang akan dipaketkan. Lumayan bisa berhemat, daripada rutin beli bubble wrap

2. Thermal printer 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifThermal printer (instagram.com/mishmarket)

Thermal printer berguna buat mencetak label. Dengannya, kamu tak perlu repot isi ulang tinta. Tinggal beli saja kertas thermal yang harganya terjangkau. Hasilnya tajam, walaupun tak umur cetakannya tak bakal lama seperti hasil cetak dengan tinta.

Untuk keperluan cetak label sepertinya bukan masalah. Apalagi proses pencetakan dengan mesin ini jauh lebih cepat. Pas buat para pengusaha yang dapat puluhan hingga ratusan pesanan per hari. 

3. Tripod 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifTripod (instagram.com/pgytechglobal)

Untuk pebisnis kreatif, membuat konten di media sosial adalah salah satu hal esensial dalam mengembangkan bisnis. Apalagi dengan keberadaan tren video-video pendek di TikTok dan Instagram Reel. Rasanya sayang kalau tidak memanfaatkan peluang untuk bikin konten promo di sana. Tripod atau phone holder bakal membantumu bikin konten dengan mudah dan efektif, gak perlu lagi minta tolong orang lain. 

4. Sistem penyimpanan yang efektif

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifStorage system (instagram.com/leighellexson)

Pesanan membludak dan kamu dituntut untuk terus melakukan restok barang sampai ruang penuh sesak. Ini saatnya membuat sistem penyimpanan yang efektif dan nyaman buatmu. Jadi, gak ada lagi drama salah memasukkan pesanan dalam paket, tertukar, dan lainnya. Beli rak tinggi, laci, dan kabinet boleh, nih. 

Baca Juga: 5 Item di Rumah yang Berpotensi Bikin Kamu Lelah Seharian, Sadar Gak?

5. Kemasan ramah lingkungan 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifKemasan ramah lingkungan (instagram.com/p.palette)

Tak hanya berbuat baik ke lingkungan, menggunakan kemasan minim plastik juga akan memberikan kesan lebih estetik serta profesional pada tampilan paketmu. Sekarang sudah banyak yang menawarkan honeycomb paper sebagai pengganti bubble wrap. Tampilannya lebih indah, gak perlu perekat tambahan, dan proteksinya tetap terjamin.

Selain itu, ada juga water-activated tape, isolasi kertas tanpa plastik sama sekali dan bisa direkatkan dengan mengusapnya tipis pakai air. 

6. Meja khusus packing 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifPacking station (instagram.com/bymariekejacobs)

Packing station jadi hal yang penting saat bisnis kreatifmu melejit. Kamu perlu membedakan tempat untuk proses kreatif, administrasi, serta pengemasan. Beli deh satu meja khusus untuk tiap tahap ini. Tujuannya agar fokus tak terpecah dan menghindari kesalahan saat pengemasan. Buat yang volume pesanannya sudah mulai tinggi, hal ini perlu masuk pertimbangan.

7. Papan buletin dan kalender dinding 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifPapan buletin (instagram.com/fridayhome.ch)

Sebenarnya dengan aplikasi-aplikasi canggih di komputer, kamu sudah bisa mengatur jadwal dan pesanan. Namun, tak jarang kita lupa karena banyaknya distraksi di komputer seperti tab tugas yang bejibun, godaan buat browsing internet dan lain sebagainya.

Menulisnya di buletin atau kalender dinding fisik bakal lebih membantu. Apalagi kalau kamu mulai punya partner atau karyawan. Kalender atau buletin fisik bisa membuat semua orang tahu jadwal atau agenda apa yang harus dilakukan tiap harinya. 

8. Properti foto yang lebih niat 

8 Item yang Diperlukan oleh Kamu Pengusaha Bisnis KreatifProperti foto (instagram.com/mishmarket)

Kalau bisnis melejit, jangan lupa untuk investasi di properti foto. Mengingat apapun serba digital dewasa ini, kebanyakan transaksi pun didominasi marketplace. Kalau sudah begitu, foto produk dan kehadiranmu di media sosial jadi hal yang tak bisa dianggap sepele. Ring light, backdrop, kamera yang oke, dan properti pendukung lainnya wajib dimiliki. 

Tentu tak semua harus kamu miliki sekarang juga. Pelan-pelan yang penting putar dulu keuntungan yang sudah kamu raup demi mengembangkan bisnis. Jangan tergoda buat foya-foya dulu, ya. 

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis? 3 Bisnis Ini Bisa Laku Setiap Hari Lho!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya