Comscore Tracker

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop 

Kesederhanaan adalah tren 

Dengan perkembangan zaman yang sejauh ini, punya usaha online adalah salah satu cara menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ada kelebihan dan kekurangannya tentunya. Salah satu aspek yang perlu kamu perhatikan dan bisa jadi nilai plus dari bisnis online adalah pengemasan.

Bagaimana caranya kamu membedakan dirimu dengan toko lain tidak hanya lewat kualitas barang, tetapi juga dari efek kejut dan bahagia mereka saat konsumen membuka paket dari tokomu. Coba tengok beberapa ide stiker kemasan yang sedang tren saat ini. Bisa jadi inspirasi untuk online shop.  

1. Penggunaan elemen garis 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/slowrecord.room

Salah satu tren yang banyak dipakai sekarang adalah penggunaan elemen garis. Tujuannya membuat sebuah layout yang terstruktur, bahkan saat menggunakan font atau tulisan tangan sekalipun label stiker seperti ini tampak enak dibaca. Sederhana, rapi, sekaligus menarik. 

2. Handwriting style yang khas tokomu 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/second_morning

Tulisan tangan juga belakangan sangat tren di dunia desain dan tipografi khususnya. Dilengkapi dengan ilustrasi sederhana yang serasi, label segel untuk kemasan ini pasti bikin konsumen ingin menyimpan stikernya. 

3. Layout geometris 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/romycollective

Setali tiga uang dengan poin pertama, keberadaan struktur dalam desain bisa membuat efek melegakan bagi siapapun yang melihatnya. Apalagi jika kamu hendak mencantumkan beberapa informasi penting di bagian label kemasan produkmu. Dengan layout geometris seperti ini orang akan tertarik untuk membacanya. Tren ini berkembang pesat sejak tahun lalu dan dipercaya masih akan hits beberapa tahun ke depan. 

4. Label lipat 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop graf-d3.com

Label lipat termasuk tren baru yang belakangan banyak dipakai orang untuk mengemas produknya. Biasanya untuk produk yang dikemas dalam kardus, label lipat dipakai untuk menyegel kemasan. Hanya bisa digunting atau dipotong dengan cutter agar kardus bisa dibuka. Tidak hanya kardus, kemasan plastik atau kertas juga bisa disegel dengan label lipat seperti contoh di atas. 

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

5. Outline illustration 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/moncoucou_

Tren lainnya yang juga banyak dipakai dalam desain adalah outline illustration, yaitu ilustrasi berupa garis tanpa isian warna. Ilustrasi macam ini banyak pula dipakai dalam stiker kemasan karena serasi dengan tema minimalis dan geometris yang sedang digandrungi. 

6. Receipt atau nota yang ditulis dengan artistik 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/feelgoodparcel

Kamu juga bisa mencoba menggunakan receipt atau nota sebagai segel kemasanmu. Silakan rekatkan dengan satu atau dua stiker berbentuk selotip atau bulatan. Pilih yang berwarna untuk mengimbangi nota yang biasanya berwarna netral. Nota memiliki elemen struktur seperti garis yang seperti kamu tahu sedang tren belakangan ini. 

7. Stiker label bulat 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/anniedornansmith

Stiker label bulat dengan tipografi atau ilustrasi minimalis adalah cara paling sederhana untuk membuat kemasan produkmu tampak menarik. Tidak perlu terlalu banyak jenis font, cukup satu font atau satu elemen ilustrasi saja untuk membuat label bulat yang elegan. 

8. Stiker ala solatip 

8 Ide Desain Stiker Kemasan Kekinian untuk Online Shop instagram.com/petite.hee

Tren stiker kemasan lain selain label bulat adalah stiker berbentuk selotip. Prinsipnya sama, ia berfungsi sebagai segel dan lebih baik diisi dengan tipografi minimalis seperti contoh di atas. Jika ingin lebih menarik, silakan pilih kertas kemasan yang bercorak untuk mengimbangi segel yang sudah minimalis. 

Ternyata yang sederhana yang sedang tren. Meski begitu, tidak mudah bikin yang sederhana dan elegan. Tetap perlu proses berpikir untuk memilih elemen apa yang cocok untuk brand yang sedang kamu garap. 

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? 6 Tanda Passion Cocok Dijadikan Bisnis

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya