Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeup

Hidup minimalis gak akan bikin nangis!

Melihat sederet warna lipstick atau blush on yang cantik, wajar kok jika ingin punya semua. Atau saat merek kesukaan mengeluarkan wangi parfum baru dan kamu ingin memilikinya juga. Namun, sadarkah bahwa keinginan impulsif seperti ini bisa bikin kamu boros dan memberi dampak buruk buat lingkungan? 

Apalagi jika pada akhirnya makeup atau skin care ini berakhir gak terpakai dan hanya dibuang, sayang banget 'kan? Gak banyak yang tahu bahwa ada kandungan dalam makeup yang bisa mencemari lingkungan. Sebut saja seperti triclosan dan partikel microbeads yang sulit diurai, bayangkan saja bagaimana jika menumpuk pasti jadi limbah! 

Gak perlu menunggu ajakan orang lain atau menunggu sampai 10 tahun lagi. Meskipun hanya sendiri dan berupa langkah kecil, #OneGreenStep seperti ini menyelamatkan bumi dan orang banyak, lho. Yuk, coba cara hidup minimalis dari yang paling sederhana di bawah ini, biar gak numpuk limbah!

1. Pikirkan produk yang benar-benar kamu butuhkan

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeupilustrasi skin care (pexels.com/Polina Kovaleva)

Memang terlihat memuaskan melihat meja rias dipenuhi dengan berbagai produk skin care dan makeup. Mulai dari cream malam, lotion, sunscreen, dan masih banyak lagi lainnya. Namun, pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri 'mana sih yang paling aku butuhkan?' 

Sangat disayangkan bukan jika di antara banyaknya produk di sana, nyatanya kamu hanya membutuhkan tiga atau lima di antara banyaknya yang menganggur. Coba deh, pikirkan dan pilah lagi mana yang paling sesuai dan dibutuhkan kulitmu. 

2. Pilih produk berbahan natural yang baik untuk tubuh dan lingkungan

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeupilustrasi garnier (instagram.com/alaveeolus)

Ada banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan manfaat untuk kulit, tapi sayangnya tidak semua dibarengi dengan kepedulian terhadap lingkungan. Berbeda dengan Garnier yang kini memiliki jawaban untuk kamu yang peduli terhadap kesehatan bumi. Nah, melalui kampanye Green Beauty, #GarnierXIDNTimes mengajak pengguna setianya untuk pilah sampah dengan membedakan mana yang bisa didaur ulang dan mana yang tidak. Bahkan, kini packaging Garnier sudah menggunakan bahan yang bisa terurai. Menarik 'kan? 

Gak sampai di situ saja, kepedulian terhadap lingkungan dalam kampanye #GarnierGreenBeauty ini diwujudkan melalui penggunaan bahan-bahan alami yang sudah teruji manfaatnya bagi tubuh. Dan tahukah kamu bahwa sejak tahun 2020, pembelian produk Garnier melalui online tidak lagi menggunakan bubble wrap, melainkan air packing dengan tujuan mengurangi penggunaan plastik sampai 75 persen. 

Baca Juga: #GreenBeauty Ikut Bantu Rawat Bumi, Yuk Lakukan 6 Tantangan Simpel Ini

3. Pakai skin care dan makeup kamu sampai habis

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeupilustrasi skin care (instagram.com/Pavel Danilyuk)

Hidup minimalis artinya kamu berusaha untuk hidup sesederhana mungkin dan salah satunya adalah dengan menggunakan makeup dan skin care sampai habis. Gak sekadar 'habis', tapi kamu bisa menggunting bagian bawah wadah untuk 'mengoret' sisa-sisa yang masih bisa digunakan. 

Bukan pelit kok! Namun dengan menggunakan barang-barangmu sampai habis, kamu sedang belajar untuk lebih menghargai apa yang sudah kamu miliki dan menghindari belanja-belanja yang sebenarnya kamu belum butuh banget. 

Gak semua yang direkomendasikan beauty guru itu wajib kamu miliki. Malah, jika kamu sudah cocok dengan satu merek tertentu, ya konsisten dengan produk tersebut dan berusaha untuk tidak mudah termakan 'racun' orang lain. 

4. Bagikan atau jual makeup dan skin care yang tidak lagi kamu butuhkan

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeupilustrasi make up (https://www.pexels.com/id-id/@cottonbro)

Jika sudah telanjur memiliki banyak makeup dan skin care yang tidak lagi digunakan, kamu bisa menjual dalam bentuk preloved barang tersebut. Asal, barang-barang tersebut masih layak pakai dan jangka waktu kedaluwarsa masih lama tentunya. 

Selain dijual, kamu juga bisa memberikan kepada teman atau keluarga yang sekiranya membutuhkan barang tersebut. Daripada gak berfaedah untukmu, mungkin bisa berguna untuk yang lainnya, 'kan? Sementara jika produk sudah kedaluwarsa, berikan kepada perias jenazah atau gunakan untuk melukis dan mewarnai. Asyik! 

5. Lakukan daur ulang wadah skin care atau makeupmu

#GreenBeauty 5 Cara Hidup Simpel Bantu Kurangi Limbah Makeupilustrasi skin care (https://www.pexels.com/id-id/caleboque)

Gak kalah penting dari lainnya, setelah skin care dan makeup habis digunakan sebaiknya lakukan pemilahan pada packaging-nya, apakah bisa didaur ulang atau tidak.

Seperti yang kini sedang dikampanyekan oleh Garnier melalui eRecycle yang tidak lain adalah aplikasi smartphone yang menjadi solusi bagi masyarakat untuk melakukan daur ulang. 

Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengirimkan sampah berupa plastik, botol kaca, dan lainnya yang semula adalah packing skin caremu. Nantinya, sampahmu akan dijemput oleh petugas. Gak pake ribet! Namun sementara, layanan jemput ini hanya ada di beberapa kota seperti Tangerang, Jakarta, Depok, dan Bekasi saja. 

Nah, gak sulit 'kan untuk menjalani hidup minimalis supaya dompet gak menangis? Apalagi jika plus yang dirasakan bisa menyelamatkan bumi. Tunggu apalagi, yuk, mulai dari sekarang?

Baca Juga: #GreenBeauty Tampil Stunning Tapi Ramah Lingkungan? Ini 5 Tipsnya! 

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya