Comscore Tracker

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerja

Asyik, akhirnya dapat gaji pertama

Baru lulus kuliah lalu mendapatkan pekerjaan pertama impianmu, pasti rasanya senang banget ya. Momen mendapat gaji pertama pun pasti jadi salah satu momen menyenangkan dan tak terlupakan bagi kamu. Namun jangan sampai melakukan lima kesalahan ini ya saat sudah dapat pekerjaan pertamamu!.

1. Terlalu sibuk bekerja, sampai lupa kesehatan

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerjashutterstock.com/BUNDITINAY

Ketika sedang bekerja memang harus penuh semangat. Semua tanggung jawab yang terkait dengan job desc-mu dituntut selesai tepat waktu. Tapi hal ini bukan alasan buatmu untuk mengesampingkan kesehatan, lho ya! Kerja keras itu wajib, tapi harus tetap jaga kesehatan juga. Kalau sudah jatuh sakit, pekerjaanmu jadi terhambat dan menumpuk lebih banyak ‘kan?

2. Menghamburkan gaji untuk nongkrong doang

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerjashutterstock.com/Odua Images

Indahnya dunia ketika gajian”. Kalimat tersebut akan timbul di benak para fresh graduate plus pekerja pada umumnya, sih ya. Ketika hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba: dompet kembali ada isinya. Sayangnya, hasil jerih payah itu seringkali tidak bisa bertahan lama di dalam dompet kita, terutama para millennial. Sebagian millennial cenderung memanfaatkan gaji untuk gaya hidupnya daripada kebutuhan mendatang. Lihat ada promo sedikit, langsung beli. Buka media sosial yang isinya tempat nongkrong kekinian, langsung meluncur ke sana. Karena hura-hura di tanggal muda, jadi huru-hara deh di tanggal tua!

3. Lupa mengalokasikan gajimu untuk hal penting

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerjashutterstock.com/Tom Wang

Coba deh, IDN Times tanya ketika kamu gajian, hal apa yang langsung kamu lakukan? Jujur saja, pasti ada keinginan hang out bareng sahabat. Jalan-jalan, atau belanja semua hal ini boleh dan wajar saja. Tapi, kalau kamu keterusan ikuti keinginan, bagaimana kamu bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan dan masa depan?

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kamu harus punya MiSSION ke depan. Coba deh tengok solusi dari MiSSION yang merupakan kepanjangan dari MiSmart Insurance Solution. MiSSION punya beragam manfaat khusus buat kamu para millennial yang bisa membantu mewujudkan masa depan yang lebih baik. Mulai dari premi yang terjangkau, perlindungan jiwa seumur hidup hingga 110 tahun, bonus loyalitas hingga 750%, dan nggak kalah penting penggantian biaya rawat inap di rumah sakit sesuai tagihan yang pastinya melengkapi kenyamanan hidupmu dengan solusi dari MiSSION. Yuk, cek info selengkapnya di sini!

4. Sibuk bergaul dengan dunia kerja, lupa luangkan waktu untuk keluarga

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerjashutterstock.com/pixfly

Pergi pagi, pulang malam merupakan kehidupan baru bagi fresh graduate yang pertama kali mendapat jam lembur kerja. Sadar atau tidak, di balik situasi tersebut ada orang-orang yang merindukan perhatianmu, lho. Mereka adalah keluarga. Mengejar karier yang melejit, bukan berarti kamu sibuk sendiri dan lupa dengan keluarga. Apabila setiap hari kamu kurang memiliki waktu quality time bareng keluarga, coba deh setidaknya sempatkan waktu di akhir pekan pergi jalan-jalan sekadar makan bareng atau nonton film seru. Bagaimana pun keluarga adalah rumah, setuju?

5.Tagihan membengkak

5 Kesalahan Sepele Fresh Graduate yang Pertama Kali Kerjashutterstock.com/I MAKE PHOTO 17

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang bisa membantu kita mendapatkan barang kebutuhan yang harganya relatif mahal, dan membayarnya dengan cara mencicil. Adanya fitur ‘pay later’ pada beberapa aplikasi juga rasanya memudahkan, apalagi di saat terdesak. Tapi hati-hati guys, jika tidak digunakan dengan bijaksana dan dikendalikan, cicilan kamu bisa membengkak. Untuk menghindarinya, yuk belajar menyesuaikan gaya hidup sesuai pendapatan.

Sebagai pekerja pemula, kamu jangan sampai tersandung dengan lima hal di atas ya. Nikmati kariermu sekarang, jangan lupa siapkan proteksi untuk dirimu mulai sekarang, dan teruslah punya waktu bersama keluarga.

Topic:

  • Anastasia Desire
  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya