Comscore Tracker

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima Kerja

First impression itu penting lho!

Wah, selamat ya! Akhirnya kamu berhasil diterima kerja di tempat yang kamu inginkan. Hayo, sudah mulai grogi ya? Tenang, itu wajar kok. Tapi, kalau kamu terlalu grogi nanti justru salah-salah terus lho. Makanya, supaya kamu nggak grogi-grogi banget di hari pertama kerja, yuk coba lima tips ini guys!

1. Mulai ngobrol sedikit demi sedikit dengan teman semeja kamu

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaShutterstock/Odua Images

Kamu nggak perlu langsung akrab dengan semua orang di hari pertama kok. Soalnya, kalau langsung akrab, nanti justru jadi bahan omongan orang-orang di kantor. Niatnya mau supel tapi malah dianggap sok asik. Waduh repot nih! Jadi, coba mulai ajak ngobrol teman satu meja kamu dulu aja. Nanti perlahan-lahan, kamu akan bisa dekat dengan yang lain juga kok. 

2. Biar cair, coba traktir snack untuk teman-teman satu ruangan

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaShutterstock/BAZA Production

Sekarang ini yang turun ke hati bukan cuma dari mata, tapi juga dari lidah guys. Biar suasana jadi cair, coba deh traktir makanan. Ingat, millennial dan Gen Z adalah generasi ‘micin’ dan pedas, jadi kamu bisa beli jajanan yang gurih-gurih pedas. Pasti deh orang-orang akan ingat siapa kamu! 

3. Siapkan headset dan dengarkan musik yang bikin chill

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaShutterstock/Follow Focus

Deg-degan di hari pertama sih wajar banget, jadi kamu nggak perlu merasa kalau kamu sendirian ya. Yuk siapkan headset dan tenangkan diri dengan mendengarkan lagu-lagu yang bikin chill. Kalau butuh rekomendasi, IDN Times sarankan kamu coba dengar playlist Midnight Drive yang dibuat Luthfi Aulia di aplikasi Resso deh. Isi playlist-nya ada Joji, Jason Mraz, Ed Sheeran, Bruno Major, Rex Orange County, Lany, Lauv, dan masih banyak lagi. Ternyata, playlist ini berisi lagu-lagu yang sering Luthfi dengarkan saat lagi nyetir di malam hari, pantas mood-nya chill banget! Kamu bisa klik di sini untuk mendengarkan playlist buatan Luthfi Aulia ya. 

Kira-kira kenapa sih Luthfi bikin playlist ini di Resso? Ternyata karena Resso punya beberapa fitur unik yang ia sukai. Salah satunya adalah fitur comment dan like. “Soalnya gue 'kan suka buat lagu juga dan emang pasti dimasukin di platform-platform gitu 'kan. Sekarang di Resso udah ada liriknya, terus ada like dan comment. Kadang gw suka liat comment orang gitu. Pengen tau aja sih kalau dengerin lagu tuh apa yang mereka rasain,” kata Luthfi saat dihubungi IDN Times.

Makanya, menurut Luthfi kamu juga harus bikin playlist sendiri di Resso! Selain karena koleksi lagunya lengkap, Resso punya fitur Vibe yang menampilkan video visualisasi plus lirik lagu yang sedang kamu dengarkan. Jadi, kamu bisa menikmati lagu sambil karaokean juga.

Vibe dari masing-masing lagu ini bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan keinginanmu lho. Serunya lagi, saat kamu share lagunya ke Instagram Story, Vibe dan lirik lagu akan langsung ter-upload ke Story kamu. Jadi, Story kamu bisa jadi lebih unik guys!

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaIDN Times/Karsa Adiguna

“Kalau gue 'kan setiap dengerin lagu itu suka upload ke Instagram juga. Nah, Resso tuh berbeda dengan yang lainnya. Jadi kalau di-play, liriknya udah ada. Kalo di-upload ke Instagram Story itu tuh dia udah full dan gambarnya udah bergerak dan ada liriknya. Lebih menarik sih kalau di-upload ke Instagram,”  kata Luthfi. 

Tuh ‘kan, menikmati lagu-lagu favorit jadi lebih seru di Resso. Jadi, yuk download aplikasi Resso sekarang juga untuk pengalaman musik yang berbeda! 

4. Riset soal job desc sejak awal dan pelajari istilah-istilah khusus!

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaShutterstock/fizkes

Sebelum hari pertama, kamu sudah harus pelajari apa saja yang menjadi job description kamu. Supaya nanti nggak kaget ketika tiba-tiba kamu diminta mengerjakan ini-itu. Kamu bisa tanya teman-teman atau cari informasi di internet kok, guys. Selain itu, kamu juga mungkin akan mendengar istilah-istilah khusus yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Nah, kalau kamu malu untuk bertanya ke orang lain, gunakan jurus sakti googling ya. Intinya, rasa grogi itu muncul karena kamu belum tahu bagaimana medan pertempurannya. Kalau sudah paham, pasti jadi lebih percaya diri deh!

5. Jangan datang telat di hari pertama kerja!

Ini 5 Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Begitu Diterima KerjaShutterstock/MPIX.TRUE

Wah ini sih benar-benar haram hukumnya! Apa pun yang terjadi, jangan sampai kamu datang telat di hari pertama kerja ya. Bukannya bikin first impression yang bagus, kamu justru melakukan kesalahan fatal di hari pertama kerja. Waduh, bisa grogi sepanjang hari ini sih. Kalau ternyata kantormu tipe yang super ketat, bisa memengaruhi kelulusan kamu dari program probation lho!

Itu dia lima tips supaya kamu nggak grogi di hari pertama kerja. Eits, tips terakhir dari IDN Times, kamu nggak sendiri kok guys! Semua orang juga pasti grogi di hari pertama kerjanya. Mau itu teman satu tim kamu, manajermu, sampai CEO kamu pun juga pernah merasakannya. Jadi, chill aja dan nikmati hari pertamamu ya. Sekali lagi, congrats!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya