Comscore Tracker

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!

Teman berkualitas bisa bikin hidup sukses #IDNTimesLife

Memiliki teman dekat adalah salah satu bagian penting untuk mendapatkan hidup yang bahagia. Selain itu, teman juga memengaruhi baik tidaknya hidup kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selektif dalam memilih teman.

Teman juga bisa berperan penting dalam kesuksesan, lho. Ada beberapa jenis teman yang dapat menularkan pengaruh positif serta membuat kita semakin maju. Seperti apakah teman-teman tersebut? Ini jawabannya dirangkum dari laman Lifehack dan Well+Good.

1. Orang yang berorientasi pada tindakan

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!ilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Kalau kamu ingin berhenti menjadi orang yang malas dan lebih bersemangat mengejar mimpi-mimpi, kamu perlu mengelilingi diri dengan teman yang proaktif. Idealnya, orang yang proaktif dan berorientasi pada tindakan akan mendorong kamu untuk mengejar impian dan yakin bahwa tidak ada yang mustahil untuk dicapai.

Orang yang berorientasi pada tindakan juga sulit untuk diintimidasi. Jadi, saat kamu mengalami kegagalan atau diremehkan orang lain, kamu akan segera bangkit dan melancarkan aksi yang lebih baik.

2. Mentor yang bijaksana

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!ilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Christina Morillo)

Jika kamu memiliki teman yang cerdas, menginspirasi, dan bijaksana, kamu sangat beruntung. Kita semua membutuhkan teman yang menginspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik tanpa membuat kita merasa rendah. Ditambah, memiliki teman seperti ini akan menantang kita untuk memperbaiki diri setiap hari.

Mentor yang bijak dalam hidup adalah seseorang yang beberapa langkah di depanmu dan memiliki cukup kebijaksanaan dan kesabaran untuk membimbingmu ke arah yang benar. Itu bisa siapa saja, seperti sahabat, teman, atau tetangga, yang bisa kamu jadikan role model.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Nunjukin Kemampuan Depan HRD Pas Wawancara Kerja

3. Pekerja keras dan profesional

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!ilustrasi laki-laki sedang bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Salah satu cara terbaik untuk memastikan kamu selalu bersemangat dalam bekerja adalah dengan memiliki teman yang pekerja keras dan profesional di lingkaran pertemananmu. Orang-orang ini dapat diandalkan, fokus pada tujuan, gigih, setia, dan mau berusaha melakukan apa saja.

Selain sebagai motivator, orang yang pekerja keras dan profesional juga bisa kamu jadikan orang kepercayaan, misalnya saat ingin membangun bisnis.

4. Yang memiliki pikiran berlawanan denganmu

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!ilustrasi dua orang sedang berdiskusi (pexels.com/Tirachard Kumtanom

Kebanyakan orang merasa lebih nyaman berkumpul dalam kelompok yang memiliki ketertarikan yang sama. Namun, jika kamu hanya mengembangkan persahabatan dengan orang yang memiliki keyakinan, kebiasaan, dan nilai-nilai yang sama sepertimu, kemungkinan kamu akan kurang memahami dunia luar. Selain itu, kamu juga bisa jadi pribadi yang sulit menerima pendapat yang berbeda.

Daripada hanya mengelilingi diri dengan teman-teman yang berpikiran sama, berusahalah untuk berteman dengan mereka yang memiliki pandangan berlawanan denganmu. Nantinya, mereka akan membantu kamu melihat dunia dari sudut pandang lain dan kamu akan belajar menerima orang-orang yang tidak melihat dunia persis seperti yang kamu lihat.

5. Rekan kerja sefrekuensi

5 Jenis Teman yang Bikin Kamu Cepat Sukses, Wajib Punya!ilustrasi rekan kerja (unsplash.com/krakenimages)

Kamu juga membutuhkan teman yang bekerja untuk mencapai sesuatu yang serupa denganmu, melalui proses pencarian, perjuangan, dan pekerjaan yang serupa. Untuk mencari orang seperti ini di tempat kerja, kamu bisa melihat kembali dengan siapa kamu paling sering mengobrol santai di kantor saat jam istirahat.

Yang paling penting, ini adalah orang-orang yang kamu bersimpati padanya. Ini seperti, kalian bisa mengeluh bersama, merayakan kemenangan bersama, dan dapat berbagi cerita bersama. Memiliki teman seperti ini membuat kamu setidaknya tetap bertahan dalam pekerjaanmu dan bersikap profesional, apa pun yang terjadi.

Kesuksesan tidak diraih dari satu dimensi. Selain dengan bekerja keras, perhatikan juga dengan siapa kamu bergaul karena teman-teman bisa memengaruhi bagaimana kamu berpikir dan bertindak.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Relasi dengan Sahabat di Tengah Pandemik, Hangout Virtual!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya