Comscore Tracker

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0

Sudah punya?

Industru 4.0 merupakan tantangan besar dan memberikan dampak paling signifikan bagi para pelaku bisnis selama beberapa tahun terakhir. Industri 4.0 juga disebut sebagai masa transformasi di mana mayoritas kegiatan bisnis berubah ke arah digitalisasi. Produktivitas yang cepat, fleksibilitas, kualitas, efisiensi, dan pemanfaatan teknologi sebesar mungkin merupakan ciri khas industri 4.0

Untuk itu, agar dapat bertahan di era revolusi industri 4.0, semua pelaku bisnis akan berusaha keras untuk mendapatkan karyawan yang memiliki kombinasi keterampilan unik yang akan diperlukan untuk Industri 4.0. Nah, sebagai generasi Millenial pastinya kamu ingin dong mampu bersaing dan sukses berkarier di era revolusi industri 4.0. Untuk itu, kamu wajib banget memiliki 5 keterampilan ini.

1. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0Unsplash.com/Sebastian Herrmann

Sebagai anggota tim, kamu harus dapat menjelaskan dengan jelas bagaimana kebutuhan dan hasil teknis pekerjaanmu berhubungan dengan anggota tim lainnya. Untuk itu, kesabaran dan pemahaman sangat penting dalam hal ini terutama ketika kamu berada dalam proyek yang penuh tekanan.

2. Kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0Unsplash.com/Zainul Yasni

Sebagai pekerja yang profesional, kamu dituntut untuk terbiasa dengan perubahan yang tak terhindarkan yang sering terjadi. Misalnya harus keluar masuk dalam tim yang berbeda-beda, strategi bisnis yang senantiasa berubah dengan cepat, dan hal-hal tak terduga lainnya. Kamu sudah harus terlebih dahulu siap dengan kemungkinan-kemungkinan ini sebelum benar-benar mengalaminya.

3. Fleksibilitas pribadi

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0Unsplash.com/Campaign Creators

Proses produksi yang gesit, pengiriman sesuai permintaan berapa pun jumlahnya, dan program peningkatan berkelanjutan. Semuanya menunjukkan fakta bahwa untuk dapat bertahan di industri 4.0, karyawan harus lebih fleksibel dalam hal melakukan dan memikirkan, pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: 5 Cara Menyaring Komentar Negatif Menjadi Motivasi dalam Hidup

4. Kemauan untuk belajar dan mengaplikasikan keterampilan baru

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0unsplash.com/Sebastian Herrmann

Kamu memang tetap membutuhkan keterampilan khusus seperti apa yang telah kamu pelajari sebelumnya, tetapi kamu juga harus siap melakukan hal lain yang berhubungan dengan tanggung jawabmu. Untuk itu, kemauan mempelajari suatu keterampilan baru mutlak diperlukan dalam industri 4.0 ini.

5. Komputasi dan mengolah data besar

5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0Unsplash.com/Annie Spratt

Sebagai millenial yang kompeten di bidangnya, kamu harus dapat menerjemahkan pekerjaan tidak hanya pada tingkatanmu, tetapi juga manajemen tingkat atas, sehingga seluruh tim dari berbagai divisi memahami bagaimana pekerjaan timmu terkait dengan tujuan strategis bisnis. Untuk itu, kemampuan menerjemahkan data dalam jumlah besar ke dalam konsep yang mudah dipahami adalah salah satu skill yang wajib kamu asah.

Nah, apakah saat ini kamu sudah memiliki kelima keterampilan di atas? Kalau belum, yuk segera asah agar kamu bisa bersaing dan sukses di era industri 4.0.

Baca Juga: 8 Keterampilan yang Dimiliki Manusia Menurut Howard Gardner

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You