Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!

Jangan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan

Tingginya tingkat pengangguran dan kehilangan pekerjaan menjadi bukti bahwa tidak ada pekerjaan yang aman. Sayangnya, kebanyakan orang hanya memiliki satu sumber pendapatan saja, yaitu dari pekerjaan utamanya. Sedangkan pekerjaan sampingan hanya dianggap sebagai pilihan yang tidak wajib dimiliki. Terlebih bagi mereka yang memiliki karier mapan dan penghasilan lumayan.

Padahal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada pekerjaan yang benar-benar aman. Sehingga setiap orang wajib memiliki sumber pendapatan yang lain. Secara lebih rinci, berikut beberapa alasan kuat mengapa kamu wajib memiliki pekerjaan sampingan.

1. Untuk mengantisipasi jika suatu saat harus mengalami pemutusan hubungan kerja

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!unsplash.com/Marten Bjork

Nyatanya, tidak ada pekerjaan yang benar-benar aman, kemungkinan pemutusan hubungan kerja mungkin saja terjadi karena beberapa hal, entah perusahaan yang tidak dapat bertahan, kondisi kesehatan, target yang tidak tercapai, dan sebagainya.

Untuk itu, memiliki sumber penghasilan lain dapat membantu kamu mengantisipasi keadaan jika suatu saat harus kehilangan pekerjaan. Bahkan walaupun sumber pendapatan sampingan ini lebih sedikit daripada pendapatan utama, tapi hal ini masih tetap dapat mempermudah kondisimu daripada tidak memiliki penghasilan sama sekali.

2. Agar kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan secara tunai

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!unsplash.com/Jacek Dylag

Membeli sesuatu dengan cara kredit bukan hanya membuatmu terbebani dengan biaya cicilan setiap bulannya, tapi juga bunga yang membuat total harga yang harus kamu bayar jauh lebih mahal. Untuk itu, sudah saatnya kamu mencari pendapatan tambahan agar bisa membeli apa yang kamu inginkan secara tunai.

Dengan begitu, bukan hanya kamu tidak perlu memikirkan beban cicilan setiap bulannya, tapi juga menghemat pengeluaran karena hanya perlu membayar dengan harga normal.

3. Agar kamu bisa hidup dengan layak dan tetap dapat menabung

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!unsplash.com/Kelsey Chance

Untuk membangun kekayaan, bukan hanya harus memiliki tabungan, tapi kamu juga harus hidup dengan layak. Dan jika tidak mungkin bagi kamu untuk menekan pengeluaran agar bisa menabung, artinya kamu harus menghasilkan lebih banyak uang, yang salah satunya dengan mencari pekerjaan sampingan.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan Ala Mahasiswa Tulen, Kerja Rasa Kuliah

4. Agar kamu tidak terlalu terbebani dengan kenaikan harga barang-barang

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!unsplash.com/Square

Bagaimanapun juga, pengeluaran akan terus bertambah dari waktu ke waktu sesuai dengan nilai inflasi yang berlaku. Sedangkan kenaikan gaji yang akan kamu dapatkan belum tentu sesuai dengan nilai inflasi saat itu, terlebih jika dalam pekerjaanmu tidak ada jenjang karier yang pasti. Untuk itu, carilah penghasilan tambahan agar kamu tidak terlalu terbebani dengan kenaikan harga barang-barang, terlebih pada momen hari raya.

5 Kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk resign jika perusahaan tempatmu bekerja membuat aturan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anut

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!unsplash.com/Tim Gouw

Generasi millennial dikenal sebagai generasi yang suka berpegang teguh pada moral dan nilai-nilai mereka. Jadi, ketika perusahaan tempatmu bekerja menetapkan aturan baru yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anut. Kamu tidak perlu bimbang memilih antara mengorbankan integritas atau penghasilan. Sebab kamu bisa mengundurkan diri tanpa harus kehilangan pendapatan.

Selain itu, dengan menjalani bisnis sesuai dengan nilai moral yang kamu anut, berarti kamu dapat menjalani pekerjaan dengan ikhlas sepenuh hati, minim stres, dan bahagia. Terlebih jika pekerjaan sampingan ini dilakukan di rumah, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang tanpa harus berada jauh dari keluarga.

6. Agar kamu cepat kaya raya

6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!Unsplash.com/Alexander Mils

Sulit rasanya membayangkan dan merencanakan banyaknya harta kita di masa depan jika saat ini saja penghasilan kita pas-pasan. Untuk itu, satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah dengan menjalankan pekerjaan sampingan.

Tak hanya agar kamu bisa menabung, tapi uang yang berhasil kamu sisihkan dari pekerjaan sampingan juga bisa digunakan untuk investasi atau bahkan menjalankan bisnis sendiri, karena nyatanya banyak orang yang justru bisa sukses karena bisnis sampingan ini hingga akhirnya memilih untuk menyeriusi pekerjaan sampingannya.

Demikian tadi beberapa alasan untuk memiliki pekerjaan sampingan. Jadi, kapan kamu mau mulai mencari pekerjaan sampingan?

Baca Juga: 5 Cara Agar Menikmati Pekerjaan Sampingan di Tengah Kesibukan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya