Comscore Tracker

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modal

Cocok untuk kamu yang baru mau mulai

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjalankan bisnisnya sendiri. Sayangnya, banyak di antara mereka yang terhalang oleh modal finansial atau ketakutan jika bisnisnya gagal dan kehilangan modal yang didapat dengan susah payah.

Padahal sebenarnya, ada kok bisnis rumahan yang bisa dijalankan tanpa modal, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterbatasan dana atau masih pemula. Tapi apa saja ya bisnis rumahan yang bisa dijalankan tanpa modal? Yuk, cari tahu daftarnya berikut ini.

1. Rumah penitipan anak

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modalunsplash.com/Rashid Syadikov

Untuk kamu yang menyukai anak-anak dan memiliki bakat dalam mengurus mereka, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang penghasilan. Caranya, ubah rumahmu menjadi fasilitas pengasuhan anak.

Untuk membuka usaha penitipan anak, kamu hanya membutuhkan sedikit modal atau bahkan tanpa modal sama sekali asalkan berbagai keperluan anak ditanggung oleh orangtua masing-masing anak, seperti makanan, mainan, susu, dan sebagainya.

Sebagai usaha kecil-kecilan yang baru dimulai, target bisnismu ini adalah anak-anak tetangga dan teman-teman terdekatmu. Selain lebih mudah mendapatkan kepercayaan, ini juga membuatmu lebih mudah mengetahui kondisi yang diinginkan anak-anak. Selain itu, pastikan jumlah anak yang kamu urus sesuai dengan kemampuanmu ya, agar semua anak mendapatkan perhatian yang cukup.

2. Rumah penitipan hewan peliharaan

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modalunsplash.com/Anoir Chafik

Mirip seperti poin sebelumnya, untuk kamu yang hobi dan memiliki pengetahuan dalam hal merawat hewan, kamu bisa membuka jasa penitipan hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing.

Selain murah, keterampilan yang dibutuhkan juga cukup jelas dan mudah, yaitu sabar, berhati-hati, dan memiliki pengalaman merawat binatang. Saat ini cukup banyak usaha rumahan yang membuka jasa penitipan hewan peliharaan dengan ketentuan pemilik hewan menyediakan kandang, litter box, pasir, pakan, dan surat keterangan sehat hewan. Nah, kamu bisa meniru konsep ini untuk membuka usaha jasa penitipan hewan tanpa modal.

3. Jasa penulis lepas 

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa ModalUnsplash.com/Andrew Neel

Saat ini, tulisan merupakan item penting yang dibutuhkan oleh semua bidang usaha, sehingga jasa penulis bisa jadi bisnis yang berpeluang besar laris manis. Pertama-tama, tentukan jenis tulisan yang kamu kuasai, seperti artikel, berita, atau copywriting.

Kemudian, untuk membangun portofolio dan basis klien, kamu bisa memulai dengan bergabung dan menawarkan jasa di berbagai situs freelance dan media sosial. Sekali kamu mendapatkan klien yang puas dengan tulisanmu, maka pelangganmu bisa bertambah dengan cepat.

Baca Juga: Mau Buka Bisnis Sendiri? Pisahkan Dulu Tabungan Bisnis dan Pribadi 

4. Desainer grafis 

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modalunsplash.com/Theme Phiyis

Untuk kamu yang punya jiwa seni, kreatif, dan mahir menggunakan menggunakan software sejenis Photoshop, Corel Draw, SAI, dan Adobe Indesign, bisnis desain grafis bisa jadi ide usaha yang sangat cocok denganmu.

Untuk membantu membangun portofolio dan basis klien, tawarkan jasamu ke berbagai situs freelance serta teman-temanmu yang berwirausaha. Untuk mendapatkan kepercayaan klien, kamu bisa membuat sampel, seperti logo perusahaan, layout buku kenangan, dan sebagainya.

5. Les privat

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modalunsplash.com/Santi Vedri

Jika kamu menguasai mata pelajaran tertentu atau musik, pertimbangkan untuk memulai bisnis les. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hampir tidak membutuhkan modal. Yang kamu perlukan adalah kemampuan dalam mata pelajaran yang spesifik, komunikasi, kemauan riset kurikulum terbaru, dan kesabaran dalam mengajar.

6. Jasa programmer  

Gak Takut Rugi, Ini 6 Bisnis Rumahan yang Bisa Kamu Mulai Tanpa Modalunsplash.com/Jefferson Santos

Di era digital seperti saat ini, programmer merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Bagi perusahaan besar, kebanyakan mungkin sudah memiliki programmer sendiri. Akan tetapi, bagi perusahaan startup atau perusahaan berskala kecil, mereka mungkin membutuhkan aplikasi, pengembang web, program komputer, dan sebagainya, yang didapatkan dari freelance programmer, sehingga kamu bisa menjual jasamu pada mereka. Atau kamu juga bisa membuat aplikasi sendiri lalu menjualnya.

Setelah mengetahui minatmu, jangan tunda lagi untuk segera memulai bisnis rumahan. Siapa tahu, di situlah sumber penghasilanmu berada dan kamu bisa mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar.

Baca Juga: Yuk! Terapkan 5 Hal Ini untuk Kamu Si Pemula Bisnis Online

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya