Comscore Tracker

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai Passion

Jangan kebanyakan mengeluh

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan karier yang sesuai dengan passion masing-masing. Kendati demikian, kadang takdir berkata lain. Realitas lapangan membuat seseorang harus menjalani pekerjaan yang jauh dari passion.

Kalau mengalaminya, kamu tidaklah sendirian. Banyak orang di luar sana yang tidak bekerja sesuai dengan passion. Namun, kamu tetap harus mensyukuri pekerjaan yang kamu jalani saat ini. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bersyukur dan bertahan dengan pekerjaan yang tidak sesuai passion.

1. Tetap berpikir positif

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai PassionUnsplash.com/Stevan Vladimirov

Selalu memiliki pola pikir positif tentang pekerjaan akan membantu kamu tetap bertahan dalam bekerja, walaupun pekerjaan yang kamu jalani tidak sesuai dengan passion. Sebab, jika sedari bangun tidur sudah berpikiran negatif tentang pekerjaanmu, kemungkinan besar kamu tidak akan menjalani hari itu dengan semangat.

Untuk itu, mulailah dengan memikirkan semua hal baik yang kamu miliki, misalnya punya pekerjaan, teman kerja yang baik, jenjang karier yang jelas, atau gaji yang lumayan. Selain itu, anggap saja kariermu sebagai batu loncatan menuju karier yang cemerlang di masa depan. Latihanlah menjadi karyawan yang profesional dalam menghadapi segala situasi.

2. Lakukan hal lain yang kamu sukai di luar jam kerja

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai Passionunsplash.com/chris benson

Yang perlu kamu ketahui, tidak masalah jika pekerjaan yang saat ini kamu lakoni tidak benar-benar membuat kamu bahagia, terlebih ketika pekerjaan tersebut memang tidak sesuai passion.

Kunci untuk tetap bertahan dan bersyukur terhadap keadaanmu adalah menyadari bahwa ada hal-hal lain dalam hidup yang dapat memberikan kehidupan yang bermakna dan bahagia, misalnya kehidupan sosial yang baik, keluarga yang saling mendukung, dan hobimu.

Untuk itu, jangan lupa untuk tetap melakukan hal-hal yang kamu sukai di luar pekerjaan, misalnya bertemu teman-teman, melaksanakan hobi, menghabiskan waktu bersama keluarga, dan sebagainya.

Baca Juga: 9 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik, Cari Pekerjaan Jadi Lebih Mudah

3. Beri reward pada diri sendiri

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai PassionUnsplash.com/Brooke Cagle

Melakoni pekerjaan yang tidak sesuai passion dan penuh tekanan bisa jadi membuatmu merasa lelah dan stres. Jika berhenti dari pekerjaan bukanlah pilihan yang tepat untuk saat ini, mengambil istirahat sejenak bisa jadi pilihan yang tepat.

Lagi pula, jika sudah bekerja keras dan bertahan pada karier yang tidak kamu senangi, kamu layak mendapatkan penghargaan.

Untuk itu, pertimbangkan untuk mengambil jatah cuti dan berlibur. Kamu juga bisa ke spa atau salon untuk memanjakan diri dan menyegarkan penampakan. Selain itu pun kamu bisa membuat rencana untuk berbelanja barang yang sudah lama kamu idamkan akhir bulan ini.

4. Konsultasi dengan orang-orang yang tepat

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai PassionUnsplash.com/Mimi Thian

Menjalani pekerjaan yang tidak sesuai passion bisa jadi membuatmu merasa kesulitan menjalani tugas-tugas, bahkan membenci pekerjaanmu sendiri. Untuk itu, cobalah minta bantuan orang lain untuk membantu menghadapi kesulitan yang kamu alami.

Beberapa contohnya bisa dengan membicarakan pada atasanmu untuk memberikanmu tugas yang lain, berpindah departemen untuk mencari suasana baru, meminta bantuan rekan kerja, dan mencari teman dekat agar kami tidak merasa kesepian.

5. Buat goals dan usahakan untuk bisa mencapainya

5 Cara Bersyukur dan Bertahan Saat Pekerjaanmu Tak Sesuai Passionunsplash.com/NeONBRAND

Cobalah bersikap realistis tentang situasi yang kamu alami dan apa yang diperlukan untuk bergerak maju. Bisa saja, pekerjaan yang kamu nilai tidak sesuai passion ini ternyata punya prospek bagus di masa depan.

Kamu pun bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai batu loncatan untuk karier yang lebih baik dan sesuai passion ke depannya. Untuk itu, walaupun kamu tidak terlalu menyukai pekerjaanmu saat ini, usahakan untuk tetap bekerja keras dan tentukan goals yang ingin kamu capai agar kamu lebih semangat.

Mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai passion pastinya pernah dirasakan oleh sebagian besar orang, minimal satu kali dalam hidupnya. Kendati demikian, jangan jadikan ini alasan untuk terus mengeluh dan mengutuki pekerjaanmu. Syukurilah apa pun pekerjaan yang kamu lakoni saat ini.

Baca Juga: Gaji hingga Rp300 Juta, 10 Pekerjaan Berupah Tertinggi di Indonesia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya