Comscore Tracker

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!

Kamu perlu mengantisipasi hal ini

Baik kamu bekerja di kantor yang sibuk atau bekerja secara fleksibel di tempat lain, ada berbagai gangguan yang hampir tak ada habisnya yang dapat menggoda kamu untuk mengalihkan perhatian dari apa yang seharusnya kamu kerjakan.

Padahal, gangguan di tempat kerja merupakan faktor yang berpotensi menghambat kemajuan karier atau mencapai potensi penuh. 

Salah satu langkah kunci untuk memerangi gangguan selama hari kerja adalah mengenali gangguan mana yang secara pribadi paling mungkin kamu alami, dan mencari cara untuk mengurangi dampaknya. Inilah beberapa gangguan dalam bekerja yang dapat mengurangi produktivitas.

1. Ponsel

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!Unsplash.com/Oleg Magni

Terus-menerus melihat ponsel akan mengganggu alur kerja dan fokus. Jika setiap kali menerima notifikasi kamu langsung mengecek ponsel, maka perhatianmu dari proyek atau tugas yang sedang dikerjakan akan sering teralihkan. Padahal, setiap kali kamu mengalihkan perhatian ke ponsel, kamu butuh usaha untuk mengembalikan fokus dan mood pada pekerjaan.

Sebagai solusinya, jauhkan ponsel dari hadapanmu atau matikan notifikasi. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah tergoda untuk sering mengecek ponsel saat sedang bekerja.

2. Multitasking

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!pexels.com/Anthony Shkraba

Kadang-kadang kita perlu melakukan banyak tugas sekaligus, tetapi sebenarnya semakin sedikit tugas yang kita lakukan pada satu waktu, maka ini akan semakin baik. Sebab, multitasking pada dasarnya mengurangi produktivitas karena orang pastinya memerlukan waktu untuk kembali fokus ke tugas awal setelah terdistraksi.

Pada intinya, multitasking memperlambat pekerjaan serta mengurangi fokus, energi, dan produktivitas. Jadi, alangkah baiknya jika kamu membiasakan melakukan satu tugas sampai selesai karena otak tidak bisa secara efektif menangani beberapa tugas secara bersamaan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Bosan dengan Pekerjaan yang Itu-Itu Saja

3. Kebisingan

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!pexels.com/Daria Shevtsova

Lingkungan kerja merupakan faktor penting yang memengaruhi produktifitas bekerja dan tingkat kebisingan di tempat kerja dapat memengaruhi kinerja kerja karyawan. Ada banyak sumber kebisingan di tempat kerja, seperti mesin kantor, speaker pribadi, dan rekan yang banyak bicara.

Solusinya, kamu tentu perlu menyingkirkan suara yang mengganggu dari tempat kerjamu. Misalnya, kamu bisa menggunakan headphone dan mendengarkan white noise untuk meredam suara-suara mengganggu yang ada di dekatmu. Atau kamu juga bisa memberi tahu rekan kerjamu secara langsung untuk memelankan volume suaranya saat berbicara. 

4. Mengobrol

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!unsplash.com/Mimi Thian

Percakapan penting untuk membangun suasana yang bersahabat dan kolaboratif. Namun, jika percakapan ini tidak terkontrol, ini dapat berdampak buruk pada produktivitas dan moral karyaaan.

Jika rekan kerja mencoba membuka percakapan yang tidak kamu inginkan, kamu dapat mencoba mengalihkan diri dari percakapan, misalnya dengan mengatakan bahwa kamu memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan segera. Selain itu, mengenakan headphone adalah sinyal yang jelas bagi rekan kerja bahwa kamu tidak ingin mengobrol sekarang.

5. Kelaparan

5 Gangguan Saat Bekerja yang Bisa Turunkan Produktivitas, Coba Kenali!unsplash.com/Icons8 Team

Nutrisi adalah hal yang penting dalam hidup karena memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Sayangnya, banyak karyawan yang sering melewatkan sarapan dan makan siang karena terlalu sibuk bekerja.

Padahal, kelaparan di tempat kerja memengaruhi fokus secara negatif yang berarti akan menurunkan produktivitas kerja. Jadi, agar dapat bekerja secara efisien, jaga kesehatan dan makan dengan benar.

 

Itulah beberapa gangguan saat bekerja yang dapat mengganggu produktivitas. Setelah mengetahui gangguan utama di tempat kerja, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk tetap produktif karena kamu sudah tahu cara menangani faktor-faktor tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Produktif untuk Kamu yang Masih Suka Menunda Pekerjaan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya