Comscore Tracker

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses 

Salah satu profesi yang lagi hits dan cukup menjanjikan

Semakin banyaknya pengguna YouTube dari waktu ke waktu akhirnya membuat banyak orang tertarik menjadikan YouTube sebagai ladang mencari rezeki. Bahkan banyak yang menjadi kaya raya setelah menjadikan dunia YouTube sebagai sumber penghasilan utamanya.

Kalau kamu berminat mencari penghasilan dari YouTube, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar kelak bisa menjadi YouTuber yang sukses. Berikut penjelasannya.

1. Tentukan ide serta konsep yang menarik

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Unsplash.com/Andrew Neel

Sebelum memutuskan menjadi YouTuber, kamu perlu memikirkan baik-baik konten apa yang mau kamu buat nantinya. Misalnya hiburan, pendidikan, teknologi, kecantikan, dan sebagainya. Penting sekali untuk kamu memilih konsep yang menarik dan memiliki kekhasan tersendiri agar channel YouTube kamu mudah diingat.

2. Perlengkapan videografi

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Unsplash.com/Hector Martinez

Agar video yang kamu buat dapat menarik banyak penonton serta nyaman untuk dilihat, kamu perlu membuat video dengan kualitas tinggi. Untuk menghadirkan video dengan kualitas bagus pastinya kamu perlu perlengkapan videografi yang lengkap mulai dari kamera, lighting, serta laptop untuk menunjang proses editing. Sebagai YouTuber pemula, kamu cukup menggunakan handphone dengan kualitas kamera yang bagus jika memang belum memiliki kamera.

3. Kemampuan video editing

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Unsplash.com/Austin Distel

Kalau kamu ingin menjadikan dunia YouTube sebagai profesi yang serius, kamu perlu kemampuan editing yang mumpuni. Kamu perlu latihan secara rutin agar kemampuan editingmu terus meningkat.

Baca Juga: 10 Curhatan Suka Duka Atta Halilintar & Ria Ricis Jadi YouTuber Sukses

4. Sponsorship

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Instagram.com/suhaysalim

Aturan mengenai AdSense terus saja berubah dari waktu ke waktu bahkan cenderung semakin sulit untuk dipenuhi. Maka dari itu, kamu bisa menjadikan sponsorship atau endorsement sebagai penghasilan disamping AdSense.

Mungkin diawal kamu terjun ke dunia YouTube bayaran endorsement kamu akan jauh di bawah para YouTuber lainnya, tapi percayalah bayaran yang kamu terima akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah subscriber serta kualitas video kamu.

5. Kolaborasi dengan YouTuber lain

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Cerita-kita.co.id

Ketika baru mulai berkecimpung di dunia YouTube, pastinya kamu belum banyak dikenal. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain yang sudah lebih dulu terjun ke dunia YouTube. Hal ini penting untuk meningkatkan personal branding serta menambah jumlah subscriber kamu secara cepat.

6. Pantang menyerah

6 Hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Menjadi YouTuber Sukses Unsplash.com/Ben White

Jalan menuju kesuksesan pastinya penuh sandungan dan gak pernah mulus. Maka dari itu, kamu wajib banget memiliki mental kuat dan gak mudah menyerah. Walaupun persiapan yang kamu lakukan sudah maksimal, tetap ada kemungkinan video kamu hanya di tonton oleh sedikit orang. Yang perlu kamu lakukan adalah terus berusaha keras dan jangan pantang menyerah untuk menggapai impian kamu.

Itu tadi beberapa hal yang kamu perlukan untuk menjadi seorang YouTuber. Gimana? Kamu siap menjadi YouTuber?

Baca Juga: 5 Sifat Positif YouTuber yang Patut Dicontoh Agar Sukses dalam Hidup!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You