Comscore Tracker

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

Jangan asal menerima kerjakan

Sebagai fresh graduate ataupun buat kamu yang telah cukup lama menganggur, pasti rasanya senang bukan main ketika kamu mendapatkan kabar bahwa kamu diterima di sebuah perusahaan. Akan tetapi, kamu gak boleh asal menerima pekerjaan tersebut.

Demi kenyamanan dan kelancaran kariermu ke depannya, ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan untuk menerima suatu pekerjaan. Berikut enam hal yang wajib kamu pertimbangkan.

1. Pastikan kamu sanggup dengan tugas yang harus kamu lakukan

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanUnsplash.com/Icons8 team

Pekerjaan adalah hal yang gak bisa dibuat main-main atau coba-coba untuk sekedar cari pengalaman. Sebab, kinerjamu dalam bekerja akan menentukan kariermu kedepannya. Jadi sebelum memutuskan untuk menerima suatu pekerjaan, pastikan kamu sudah membaca kontrak kerjamu dengan teliti dan memahami tugas yang nantinya akan kamu emban.

Kalau menurutmu tugas yang harus kamu jalani sesuai dengan passion dan kapasitas yang kamu miliki, kamu boleh menerimanya. Sebaliknya, kalau kamu gak yakin apakah kamu siap dengan tugas tersebut, lebih baik pikirkan baik-baik terlebih dahulu.

2. Kultur perusahaan

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanUnsplash.com/Austin Distel

Tak hanya soal gaji, kultur perusahaan juga penting untuk dipertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan. Sebab pekerjaan merupakan salah satu bagian dari hidup yang mana kamu harus siap mendedikasikan waktu dan ketulusan untuk hal tersebut.

Jadi kamu harus memastikan apakah kultur yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan kepribadianmu. Misalnya, kalau kamu seorang yang religius, berarti kamu membutuhkan tempat bekerja yang memberikan fasilitas berupa tempat ibadah dan juga mengizinkan kamu mengenakan atribut keagamaan.

3. Jenjang karier

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanUnsplash.com/Amy Hirschi

Walaupun harus memulai dari bawah tapi bukan berarti kamu bisa tetap berada di posisi yang sama sekarang dan sepuluh tahun kemudian. Kamu harus memastikan posisi yang ditawarkan padamu saat ini memungkinkan kamu untuk berkembang dan mendapatkan posisi yang lebih baik ke depannya. Jadi kamu harus mencari tahu bagaimana prospek posisi yang ditawarkan padamu ke depannya. Apakah untuk promosi membutuhkan waktu yang lama, cepat, atau bahkan tidak tentu.

Baca Juga: Buat Fresh Graduate, Terapkan 6 Hal Ini Agar Betah di Tempat Kerja

4. Gaji yang ditawarkan

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanUnsplash.com/Artem Bali

Gaji merupakan hal yang sensitif untuk dibicarakan dalam hal pekerjaan. Akan tetapi, gaji menjadi hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum menerima pekerjaan. Walaupun kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, jangan sampai kamu mau dimanfaatkan di mana kamu disuruh bekerja keras dengan imbalan berupa gaji yang sangat sedikit.

Faktor lain yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan, penting bagi kamu untuk mencari tahu apakah pekerjaan yang mau kamu ambil menawarkan gaji yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu atau tidak.

5. Jarak dengan rumahmu

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanTraceyhelpsyou.com

Setelah kamu mengetahui lokasi bakal kantormu saat interview, pikirkan baik-baik apakah kamu sanggup bolak-balik menempuh jarak itu lima kali dalam seminggu. Apakah kamu sanggup jika sebagian besar waktumu akan kamu habiskan di jalan, apakah kamu siap berangkat pagi sekali agar tidak terlambat.

6. Kestabilan perusahaan

6 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran PekerjaanEnglish.manoramaonline.com

Sebagai calon karyawan, penting sekali untuk memilih pekerjaan di perusahaan yang sudah stabil. Kenapa? Perusahaan yang stabil memiliki sistem kerja yang sistematis dan tertata rapi di mana penting sekali untuk kamu belajar dari sini. Selain itu, bekerja di perusahaan yang sudah stabil bisa menghindarkan kamu dari sejumlah masalah seperti pembayaran gaji yang sering nunggak dan juga pemutusan hubungan kerja karena perusahaan tidak mampu membayar karyawan.

Itu tadi beberapa hal yang penting untuk kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran pekerjaan. Bagaimanapun juga, kamu gak boleh gegabah dan asal menerima suatu pekerjaan. Pastikan kamu akan dihargai di kantor barumu dan juga diberi kesempatan untuk bisa berkembang.

Baca Juga: 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya