Comscore Tracker

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!

Harus lebih tegas lagi ya!

Orang yang mengidentifikasikan dirinya sendiri sebagai orang yang bersemangat atau mencintai pekerjaan, sering kali paling mungkin tersiksa. Banyak kasus di mana mereka yang tampak menikmati pekerjaan lebih cenderung dimanfaatkan dalam pekerjaannya.

Memang, terkadang atasan atau kolega berpikir karyawan yang menikmati pekerjaan akan secara sukarela mengambil lebih banyak, tanpa ada maskud buruk. Tapi ada juga yang dengan sengaja memanfaatkan karyawan lain yang tampaknya mencintai pekerjaannya atau tidak pernah mengeluh.

Yang perlu kamu ingat, mencintai pekerjaan bukan berarti kamu harus diam dan menerima semua tanggung jawab. Untuk itu, kamu perlu menilai apabila kamu sedang dimanfaatkan dalam pekerjaan dan kemudian bersikap tegas. Berikut adalah beberapa indikasi bahwa kamu sedang dieksploitasi di tempat kerja.

1. Kamu mendapatkan tugas tambahan tanpa bonus

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!unsplash.com/Icons8 Team

Ketika ada pekerjaan kolega beralih ke kamu atau mendapatkan tugas ekstra, masuk akal jika kamu mempertanyakan apakah ada kenaikan gaji, utamanya jika tugas tambahan ini cukup berat.

Baiklah, kenaikan gaji mungkin tidak selalu menjadi ide yang bagus bagi bos, tetapi sudah sepatutnya bos memberikan tunjangan atau fasilitas tambahan untuk menunjukkan apresiasinya atas pekerjaan tambahan yang kamu lakukan.

Jika kamu berada dalam situasi di mana pekerjaan terus menumpuk dengan sedikit atau tanpa bonus tambahan, inilah saatnya untuk menilai kembali. Atau menjadikan ini kesempatan untuk kembali menegosiasikan gaji tambahan, bonus, waktu fleksibel, atau apa pun yang sekiranya pantas kamu dapatkan.

2. Tidak ada yang pernah mengatakan terima kasih atas pekerjaanmu

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!pexels.com/fauxels

Dalam bekerja, sering kali kamu diminta membantu menyelesaikan pekerjaan kolega atau perintah atasan. Tapi, jika mereka tidak pernah mengucapkan terima kasih atau mengakui pekerjaan yang kamu lakukan, ini tidaklah bagus.

Bukan hanya tidak pernah berterima kasih atas upaya ekstra yang kamu lakukan, mereka yang memanfaatkan kamu selalu bersikap seolah merasa tidak puas akan pekerjaanmu. Bahkan, ketika kamu telah mencapai semua target, mereka tidak menunjukkan apresiasi apa pun.

3. Sering memberikanmu janji palsu

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!pexels.com/August de Richelieu

Jika atasan atau kolega sering memberikan janji tetapi tidak pernah menepatinya, ini bisa jadi tanda bahwa mereka hanya bermain-main denganmu. Meskipun kamu wajib mencurahkan hati dan jiwa ke dalam pekerjaan, tapi kamu pantas mendapatkan rasa hormat. 

Sebaliknya, jika kolega mudah mengobral janji, dan ternyata semuanya tidak pernah menjadi kenyataan. Artinya kamu tidak pernah dianggap serius dan mereka tidak peduli akan perasaanmu. Bahkan, keluhan yang kamu angkat bisa dihindari atau diabaikan begitu saja, ini bisa jadi tanda bahwa kamu sedang dimanfaatkan.

Baca Juga: Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

4. Kamu merasa pekerjaanmu tidak ada habisnya

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!unsplash.com/Ahmad Gunnaivi

Ketika antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari tidak terdapat keseimbangan, ini bisa memicu burnout syndrome, yang ditandai dengan selalu merasa kelelahan, emosi negatif, tertekan, dan tidak produktif. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati.

Jika kamu terus menutupi emosimu dan bersikap seolah semuanya baik-baik saja, kolegamu akan sering membebani kamu dengan pekerjaan dengan tenggat waktu yang dekat serta jam kerja yang panjang, yang mungkin membuat kamu merasa dieksploitasi.

5. Kamu menghabiskan banyak waktu melakukan hal-hal di luar deskripsi pekerjaanmu

5 Indikasi Kamu Dimanfaatkan di Tempat Kerja, Jangan Diam!Unsplash.com/Andrew Neel

Mungkin selama bekerja, kamu sering mengerjakan hal-hal yang bukan tanggung jawabmu, yang berakibat kamu tidak punya waktu untuk menyelesaikan proyekmu sendiri. Atau membuatmu harus sering lembur.

Sebenarnya, tidak apa-apa jika kamu ingin membantu orang lain, tetapi jika itu mengambil alih banyak waktumu, kamu mungkin perlu membatasi berapa banyak orang yang bisa kamu bantu. Atau, jika kamu mendapati diri sendiri sering diminta menjalankan tugas yang tidak terkait dengan tanggung jawabmu, mungkin sudah waktunya untuk mengadukan pada atasan tentang hal ini.

Jadi, evaluasi kembali situasi pekerjaanmu. Apakah masih ada hal-hal yang kamu sukai dari pekerjaanmu, juga apakah pekerjaan ini sepadan dengan apa yang kamu dapatkan. Jika perlu, bicarakan kembali pada kolega perihal apakah ada kemungkinan mereka akan melakukan perbaikan sikap. Setelahnya, kamu sendiri yang bisa memutuskan apakah perlu bertahan atau mencari peluang bekerja di tempat lain.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Kepedulian dan Kebaikan Hatimu Gak Dimanfaatkan Orang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya