Comscore Tracker

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Pendiam

Dijamin betah di sini

Buat kamu yang pendiam atau cenderung tidak suka mengobrol, maka pekerjaan yang melibatkan banyak interaksi dan obrolan mungkin tidak akan cocok untuk kamu. Tapi jangan khawatir, sebab ada banyak posisi yang memungkinkan kamu bekerja secara mandiri dan hanya membutuhkan interaksi singkat dengan sesama rekan kerja ataupun klien. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang lebih suka bekerja dengan konsentrasi penuh dan sedikit obrolan.

Lantas apa sajakah pekerjaan itu? Berikut ulasannya.

1. Penulis lepas

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Pendiamunsplash.com/Brooke Cagle

Penulis merupakan profesi yang dibutuhkan hampir semua industri. Selain itu, untuk beberapa industri, mereka tidak mengharuskan penulis untuk bekerja di kantor alias freelance. Salah satu keuntungan menjadi penulis lepas adalah kamu tidak bisa bekerja di rumah, yang artinya kamu tidak diharuskan untuk banyak bertatap muka dan berinteraksi dengan orang asing.

2. Perancang grafis

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Pendiamimproveyourdrawings.com

Saat bekerja, graphic designer atau perancang grafis menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berpikir kreatif dan menghasilkan ide-ide secara mandiri. Sebenarnya profesi ini juga mengharuskan kamu untuk bisa bekerja secara tim. Tapi, kunci penting dalam profesi ini adalah mampu berpikir kreatif secara mandiri.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Meski CV Masih Kosong Pengalaman

3. Analis keuangan

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Pendiamprobonoaustralia.com.au

Pekerjaan analis keuangan berhubungan erat dengan data, angka, saham, dan obligasi. Walaupun terkadang analis keuangan harus memberikan nasihat pada klien ataupun perusahaan. Tapi, sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk berurusan dengan angka dan data daripada berinteraksi dengan orang lain.

4. Teknologi informasi

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang PendiamUnsplash.com/Campaign Creators

Ada banyak sekali bidang industri yang sangat bergantung pada teknologi informasi. Sehingga profesi ini termasuk salah satu yang paling banyak dicari dan memiliki prospek yang bagus. Profesi ini membutuhkan konsentrasi penuh pada komputer dan sedikit sekali interaksi dengan orang ataupun percakapan.

5. Fotografer jalanan

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang PendiamUnsplash.com/Jakob Owens

Konsep utama fotografi jalanan adalah memotret gambar seotentik dan sejujur ​​mungkin. Atau bisa dikatakan fotografer perlu menghindari interaksi dengan subjek saat mereka mengabadikan momen. Sangat cocok untuk kamu yang kurang suka berinteraksi dan mengobrol.

6. Editor film, video, dan audio

Tak Perlu Banyak Ngobrol, 6 Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang PendiamUnsplash.com/Christin Hume

Sementara sebagian besar orang yang bekerja di industri ini perlu banyak berinteraksi dengan rekan kerja. Tapi tidak demikian dengan mereka yang berada di posisi editor. Dalam bidang ini, editor dituntut untuk mengerahkan konsentrasi penuh saat menyimak dan mendengar potongan film, audio, maupun video untuk kepentingan penyuntingan. Sehingga sedikit sekali waktu yang dimiliki untuk ngobrol.

Jadi, nomor berapa yang kira-kira sesuai dengan passionmu?

Baca Juga: Makin Produktif, Ini 5 Cara Agar Kamu Bisa Mencintai Pekerjaan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya