Comscore Tracker

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi 

Dukungan relasi sangat penting untuk mencapai kesuksesan

Mungkin banyak dari kamu yang menyadari bahwa setelah kuliah, orang cenderung sulit menjalin pertemanan. Padahal relasi yang luas merupakan kunci penting dalam penentu kesuksesan karier.

Dale Carnegie, penulis profesional yang mengarang buku fenomenal How To Win Friends And Influence People, telah menjelaskan dalam bukunya keterampilan sosial yang diperlukan untuk memengaruhi orang-orang dan membangun relasi yang luas. Yang mana cara ini diklaim banyak dipraktikkan oleh para pemimpin dan orang-orang sukses, serta dapat diterapkan oleh generasi sekarang dan seterusnya. Berikut penjelasannya.

1. Hindari kebiasaan suka mengkritik

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi Unsplash.com/Andrea Tummons

Menurut Dale Carnegie, orang bodoh sekalipun dapat dengan mudah memberikan kritikan, menghina, atau mengeluh. Sebaliknya, orang dengan karakter 'istimewa' memiliki kontrol diri yang baik, berbicara dengan hati-hati, dan suka memaafkan guna menjaga hubungannya dengan orang lain.

2. Sering-sering memberi pujian

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi emmasdiary.co.uk

Pujian bisa diibaratkan sebagai fondasi dari setiap hubungannya. Menurut Carnegie, sebagian besar orang-orang hebat dapat melakukan pekerjaannya dengan baik karena didorong oleh semangat dan pujian dari bos mereka, bukan karena kritikan atau tekanan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kelangsungan suatu hubungan, bukan hanya bisnis tapi juga pertemanan.

Baca Juga: Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan Agar Bisa Jadi Relasi

3. Tunjukkan ketertarikanmu pada mereka

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi herway.net

Mengingat nama seseorang, mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan orang tersebut dan apa yang mereka sukai akan membuat mereka percaya bahwa kamu memiliki ketertarikan dengan mereka dan menilai kamu sebagai pribadi yang menarik. Pada gilirannya, mereka akan menyukai kamu.

4. Segera mengakui dan meminta maaf saat melakukan kesalahan

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi unsplash.com/Toa Heftiba

Tidak ada seorang pun yang dapat menolak pesona dari orang yang rendah hati dan mau mengakui kesalahan sendiri. Menjadi pribadi yang selalu bertanggung jawab atas setiap tindakan dan kesalahan serta tidak ragu mengakui kesalahan menjadikan kamu dapat dengan mudah meredakan setiap ketegangan dalam hubungan.

5. Jangan berusaha memenangkan argumen

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi vt.co

Percayalah, sering memenangkan argumen sama sekali tidak akan membuat orang-orang kagum dan terkesan. Sebaliknya, mereka akan menilai kamu sebagai orang yang suka berdebat, tidak mau kalah, dan malas berdiskusi denganmu.

Jadi, jika saat ini kamu masih kesulitan menghentikan kebiasaan suka berdebat, lebih baik jauhi perdebatan.

6. Buat orang lain merasa kamu menganggap dirinya penting

7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi famersonline.com

Murah senyum, menyapa, mengingat nama orang, memuji, berusaha mengetahui minat mereka, dan mau mengobrol membuat orang merasa penting. Itulah poin mendasar dari menjalin relasi yang kuat. Hal ini akan membuat mereka menilai kamu sebagai orang yang sopan dan tahu cara menghargai orang lain.

Sama sekali keterampilan lain, keterampilan sosial ini juga memerlukan latihan, waktu, dan usaha untuk bisa kamu kuasai. Jadi, segera terapkan keterampilan sampai manfaatnya bisa kamu rasakan.

Baca Juga: Jangan Menutup Diri, 5 Alasan Perlunya Punya Banyak Relasi Pertemanan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya