Comscore Tracker

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat Kerja

#IDNTimesLife Demi profesionalitas

Sebagai seorang karyawan yang bekerja di kantor, bekerja secara profesional dan produktif adalah hal yang wajib kamu lakukan. Selain itu, mengetahui dan mengikuti etiket tempat kerja yang tepat penting untuk mencapai rasa profesionalisme dan pada akhirnya menjaga perusahaan berjalan dengan lancar. 

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga profesionalitas di tempat kerja adalah berhati-hati dalam memilih topik percakapan dengan rekan kerja. Di bawah ini ada beberapa topik yang harus dihindari untuk dibahas di tempat kerja demi kebaikan bersama.

1. Aspirasi karier

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat KerjaUnsplash.com/Product School

Sebenarnya, gak salah jika kamu melihat pekerjaanmu saat ini sebagai batu loncatan menuju hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, tetapi simpanlah sentimen itu untuk diri sendiri. Sebab, berbicara tentang ambisimu pada rekan kerja akan membuat beberapa rekan kerja membencimu dan atasan akan mempertanyakan loyalitasmu pada perusahaan. 

Apa pun ambisimu di masa depan, lakukan pekerjaanmu saat ini dengan baik. Tindakan inilah yang akan berdampak baik untuk masa depanmu.

2. Politik

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat KerjaUnsplash.com/Sebastian Herrmann

Politik merupakan topik yang sensitif dan bisa memengaruhi hubungan. Politik menyebabkan amarah berkobar dan mengganggu hubungan, bahkan antara teman dekat dan keluarga. Mengingat jumlah waktu yang kamu habiskan di tempat kerja, dan kebutuhan untuk bergaul serta bekerja berdampingan dengan kolega, alangkah baiknya kamu menghindari obrolan yang berbau politik demi menjaga hubungan baik dengan rekan kerja.

Meskipun kamu merasa sangat mencintai partai yang kamu dukung, jangan mencoba untuk menarik rekan kerja ke pihakmu. Sebab, alih-alih berhasil memengaruhinya, kemungkinan yang lebih besar adalah kamu membuat rekanmu merasa gak nyaman.

3. Masalah finansial

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat Kerjapexels.com/Karolina Grabowska

Adalah ide yang buruk untuk menceritakan kepada rekan kerja tentang tantangan keuangan yang kamu alami. Jadi, topik ini penting untuk dihindari, kecuali kamu memang berniat untuk meminta bantuan temanmu karena sangat membutuhkan.

Rekan kerjamu gak perlu mengetahui informasi itu, dan belum tentu mereka bisa membantu. Ditambah, begitu kamu memberi tahu mereka tentang masalah keuangan yang kamu alami, mereka mungkin akan memandang sebelah mata jika suatu hari kamu membeli barang-barang baru. Jadi, lebih baik simpan masalah finansialmu untuk diri sendiri.

Baca Juga: 10 Alasan Kocak Karyawan Resign dari Kantor, Bikin HRD Tepok Jidat

4. Masalah keluarga

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat Kerjapexels.com/Anna Shvets

Membahas masalah yang sedang kamu alami dengan anggota keluarga dapat menyebabkan orang-orang di kantor bertanya-tanya apakah kesulitan ini akan mengganggu kamu dalam melakukan pekerjaan. Meskipun kamu sendiri yakin bahwa masalah ini tidak akan memengaruhi pekerjaanmu, tapi mereka tidak.

Ketika kamu berterus terang tentang masalahmu, ini dapat merusak otoritasmu atau membuat rekan kerja menganggapnya sebagai titik lemahmu. Selain itu, menyoroti masalah akan menambah rumor di kantor dan membuat kamu menjadi subjek gosip di tempat kerja.

5. Agama

Ingat, Ini 5 Topik Obrolan yang Harus Dihindari di Tempat Kerjaunsplash.com/Mimi Thian

Meskipun agama tampaknya didiskusikan di mana-mana, tapi agama adalah topik yang harus dihindari di tempat kerja. Sebab, keyakinan adalah hal yang pribadi, dan bisa menjadi sangat sensitif juga.

Ini bukan berarti kamu perlu merahasiakan agamamu, tetapi hindarilah pembicaraan yang membahas tentang agama. Jangan membahas keyakinan agama secara mendalam atau mengungkapkan pendapat negatif tentang suatu keyakinan. Begitu kamu membuka mulut dan membicarakan agama, bukan tidak mungkin banyak orang akan tersulut emosinya.

Jadi, alih-alih membicarakan hal tersebut dengan teman kerja, kamu bisa memilih topik lain yang lebih pantas untuk dibicarakan di tempat kerja. Seperti restoran yang baru kamu kunjungi, resep yang baru kamu coba, atau tempat wisata.

Baca Juga: 5 Tanda Kerja Kerasmu di Kantor Tak Pernah Dihargai Atasan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya