Comscore Tracker

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses Ini

Sudah teruji, nih

Beragam cara dilakukan untuk mendukung produktivitas. Manajemen tempat kita bekerja bahkan ikut berupaya membantu karyawannya mencapai produktivitas. Hal ini dilakukan lewat beragam fasilitas yang diberikan. Kita sering mendengar kan ada program outing kantor, sampai tersedianya ruang-ruang yang mendukung produktivitas karyawan agar lebih maksimal. Mulai dari ruang istirahat sampai ruang bermain, mesin pembuat kopi sampai es krim!

Katakanlah, perusahaan tempatmu bekerja sudah menyediakan beragam fasilitas 'kesenangan' untuk mendongkrak produktivitas, tapi produktivitasmu masih begitu-begitu aja. Tanya kenapa?

Produktivitas adalah tentang perencanaan. Seperti dikutip dari Harvard Business Review, Maret 2019, profesional yang memiliki tingkat produktivitas tinggi cenderung memiliki kebiasaan sama, yaitu merencanakan to-do-list berdasarkan prioritas utama dan kemudian mengeksekusinya dalam kerangka tujuan yang sudah jelas. 

Lantas, adakah hubungan gender dengan produktivitas? Masih dari Harvard Business Review, hasil survei yang mereka keluarkan tahun lalu menyebutkan bahwa antara wanita dan pria memiliki area masing-masing apabila dikaitkan dengan produktivitas. Misalnya, wanita ditemukan lebih efektif dalam menyelenggarakan rapat. Hal ini karena mereka sudah mengirim agenda rapat sebelumnya dan mampu menyelesaikan rapat dengan kesepakatan yang jelas. Skor wanita juga lebih tinggi soal menyiapkan hal-hal yang diperlukan dari malam sebelumnya. Sementara, pria dinilai lebih mampu mengatasi hal-hal kecil, seperti tidak terlalu sering mengecek e-mail atau pesan gak penting. Mereka pun dikenal masih mampu mengosongkan 1-2 slot dalam jadwal hariannya yang padat dan membuat garis besar.

Di bawah ini, terdapat 8 tips dan trik untuk membuat produktivitas di kantor meroket ala editor-in-chief dan team leader wanita yang ada di IDN Media. Menarik nih untuk disimak! 

 

1. Tetap luangkan waktu di siang hari untuk rileks

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. IDN Times

Uni Lubis adalah pemimpin redaksi IDN Times yang membawahi kinerja tim redaksi seluruh kanal di IDN Times, baik di pusat sampai regional. Bagi dirinya, produktivitas adalah menyelesaikan to-do-list dan itu bukan melulu soal pekerjaan, lho. Uni mengaku merasa lebih produktif kalau dia bisa menulis paling tidak 1 tulisan per hari dan masih sempat mengurusi makanan untuk ayahnya yang sudah tua di pagi hari.

Supaya lebih produktif, Uni berbagi tips langkah-langkah yang biasa dilakukannya. Misalnya, tidur minimal 5 jam, menyiapkan to-do-list, menyiapkan keperluan seperti tas dan baju sejak malam hari. Kemudian di pagi hari, Uni menyempatkan diri untuk melakukan olahraga treadmill selama 30 menit, sarapan dengan telur, sayur, dan buah. Di siang hari, Uni tak lupa meluangkan waktu 30 menit untuk rileks. "Biasanya baca yang gak berkaitan dengan pekerjaan atau checking IG Jonas Brothers," jelas dia.

Namun, ada saja hal yang mampu membuat konsentrasi terpecah. Salah satunya adalah media sosial. Meski menggunakannya sebagai tools penting dalam bekerja, beberapa kali 'main' medsos ini jadi kebablasan karena terus memonitor kasus yang tengah viral, sampai jadi ajang diskusi di internet. "Tapi saya tetap mengikuti prinsip saya, put first things first, 80 persen to do list of the day berusaha dipenuhi. Selain itu, hal lain yang juga bikin konsentrasi terpecah adalah rapat mendadak yang gak bisa ditinggalkan," kata Uni.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Kerja, Bocoran dari CEO ASDP Ferry Indonesia

2. Lakukan sesuai urutan prioritas

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. pribadi

Popmama.com adalah situs parenting di bawah naungan IDN Media. Baru-baru ini, Popmama.com resmi menjadi media parenting nomor satu di Indonesia versi peringkat Comscore. Wah, selamat!

Sandra Ratnasari selaku Editor-in-Chief dari Popmama.com, berpendapat bahwa produktivitas adalah soal mengerjakan sesuatu dengan hasil maksimal dan berkualitas dengan waktu kerja sesingkat mungkin. Supaya lebih produktif di kantor, Sandra senang melakukan urutan kerja sesuai prioritas. Selain itu, Sandra juga menekankan pentingnya cukup makan supaya gak tiba-tiba kelaparan saat bekerja, selalu sedia air minum yang cukup, dan gak lupa sambil mendengarkan musik instrumental piano Yiruma menggunakan earphone

3. Mendelegasikan tugas pada individu yang tepat

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. Popbela.com

Salah satu situs yang kerap dijadikan acuan oleh pembaca wanita millennials di bawah naungan IDN Media, adalah Popbela.com. Semenjak berdiri pada Februari 2016, Popbela.com menunjukkan tren positif sebagai pusat informasi terkini wanita millennials. Salah satu event yang berhasil diselenggarakan oleh Popbela tiap tahunnya dan berskala internasional, adalah BeautyFest Asia. 

Editor-in-Chief Popbela.com, Judithya Pitana, menjelaskan produktivitas itu bekerja dengan cepat dan tepat, berusaha menemukan dan memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mengembangkan ide tanpa membuatnya bertele-tele.

Perempuan yang akrab disapa Judith ini juga menuturkan beberapa hal yang kerap dilakukannya di kantor untuk menumbuhkan produktivitas, yaitu mendelegasikan tugas pada individu yang tepat, memberi ruang pengembangan diri untuk tim, sekaligus memperbaiki sistem dan workflow agar bisa lebih otomatis.

Untuk urusan pemecah konsentrasi, Judith mengaku segala hal tentang anaknya mampu memecah konsentrasinya.

 

4. Buat to-do-list dari pagi hari

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. pribadi

IDN Media juga punya creative agency, lho. IDN Creative akan menjembatani brand, organisasi, atau instansi dengan konsumen lewat Campaign Management, Portal Management, Social Media Management, Content Creation, sampai Video Production yang unik, kreatif, dan pastinya tepat sasaran.

Head of IDN Creative ternyata seorang perempuan, nih! Namanya Sylvia Alexandra Sudradjat. Menurut Sylvia, produktivitas itu suatu waktu di mana proses bekerja bisa dilakukan secara maksimal dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal juga. Sylvia paling senang kalau dia berhasil meminimalisasi distraction sehingga tercapai hasil yang memuaskan.

Mau tahu rahasinya menuju produktivitas? Sylvia terbiasa membuat to-do-list di pagi hari sehingga tahu apa yang harus diselesaikan di hari itu dan bagaimana prioritasnya. Selain itu, Sylvia juga berpesan untuk tidak melupakan hal lain yang penting dilakukan, "Termasuk makan kalau lapar, segera ke toilet kalau kebelet, pumping dulu kalau ingin pumping," papar dia.

Sementara, hal yang bisa mengganggu konsentrasi versi Sylvia, adalah meeting dadakan, diskusi dadakan yang gak bisa dihindari dan harus dilakukan. "Jadinya, keep the discussion simple and straight forward, supaya bisa cepat kembali mengerjakan pekerjaan-pekerjaan di to-do-list," jelasnya.

 

 

5. Bukan hanya menyelesaikan tugas, melainkan dengan maximum effort

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. pribadi

Apalah artinya sebuah organisasi tanpa strategi komunikasi yang tepat. Selaku Head of Communications IDN Media, pastinya banyak hal yang harus diurus dan bikin pusing kepala Zefanya Deby. Namun, hal itu harus segera diatasi untuk tetap menghasilkan output yang diharapkan.

Selain to-do-list tiap harinya, Zefanya juga akan mengurutkannya dari segi prioritas, lantas mendelegasikannya kepada individu yang tepat, bahkan menunda kalau menurut dia masih bisa ditunda. Tak lupa, bekerja sambil mendengarkan Frank Sinatra adalah kunci untuk menjadi produktif.

Tak jauh berbeda dari Sylvia, segala sesuatu yang mendadak bisa bikin pusing kepala dan membuat konsentrasi pecah. "Kalau sudah begini, saya bisa bete seharian," ungkapnya sambil tertawa kecil. Meski begitu, Zefanya selalu memegang prinsip bahwa produktivitas bukan sekadar menyelesaikan tugas, melainkan juga mengerjakannya dengan maximum effort

6. Menentukan deadline membantu kita lebih produktif

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. IDN Times

Segala hal yang berbau dengan SEO, traffic, dan socmed, ini dia bosnya. Namanya Novita Santoso. Head of Audience Development ini berpendapat, produktivitas itu di saat dia bisa mencoret semua tasks yang ada di to-do-list hari itu. "Everything on time, sesuai timeline yang direncanakan atau lebih cepat dari target. Tapi, bisa juga saat kamu meeting, brainstorming, riset, dan menghasilkan inisiatif yang bisa leverage the team untuk lebih cepat maju towards the company's growth," ungkapnya.

Novita punya 5 trik yang rutin dilakukannya untuk boost produktivitas:
1. Minimize the noise, maksudnya harus tahu di task mana harus fokus dan kapan harus delegate. Mendelegasikan tugas itu kadang bukan hanya untuk productivity, melainkan untuk mengasah kemampuan tim juga, memberi mereka kesempatan mengeksplorasi diri. 
2. Make a clear working timeline and deadline. Deadline itu gak menakutkan kok, justru helpful banget bikin kita lebih produktif. Asal kita disiplin sama timeline, ya.
3. Gak ragu hire orang yang lebih pintar dan belajar dari dia.
4. Kalau ada yang macet, harus pintar-pintar cari core problem yang bikin proyek itu gak jalan dan help to solve it.
5. Terakhir, selalu ready kuota cadangan di smartphone untuk tethering jika internet di kantor bermasalah. 

Novita bilang, diajak ngobrol pas power hour dapat mengganggu konsentrasinya, meski kebanyakan berhubungan dengan kepentingan klien. Untuk itu, Novita mengaku lebih mendisiplinkan diri dengan mengalokasikan slot waktu khusus untuk mengatur apa pun yang berhubungan dengan klien.

7. Gadget di-silent mode on!

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. pribadi

Angel Febriana adalah Head of Finance and Accounting dari IDN Media yang berkantor di Surabaya. Angel mengaku selalu membuat target yang harus diselesaikan di hari itu, sehari sebelumnya. "Sama gak main gadget sih karena sekali pegang gadget, minim sudah makan waktu 15 menit. Jadi kalau di kantor, biasanya HP di silent mode, fokus sama yang sudah kita targetkan," katanya.

Salah satu hal yang bikin produktivitas Angel sedikit terganggu, adalah ketika diajak lunch di luar kantor! "But it's okay, karena biasanya kalau lunch di luar kantor, pulang kantor juga pasti telat karena tetap mengejar target yang sudah dibikin sehari sebelumnya," cerita Angel.

 

8. Hari gini, yang bikin konsentrasi pecah itu scrolling mau pesan apa di aplikasi online

8 Trik Bikin Produktivitas Meroket ala Wanita Karier Sukses IniDok. pribadi

Selaku Head of People Operations alias bos HRD alias ibunya anak-anak, Diba Saleh pasti dipenuhi dengan tugas yang penting sampai curhatan yang datang dari karyawan. Untuk itu, produktivitas menurut Diba adalah ketika dia bisa bangun pagi dengan kondisi segar dan sampai ke kantor tepat waktu sehingga bisa fokus bekerja dan checked semua to-do list pekerjaan yang sudah dibuat. Selain itu, Diba juga ingin tetap bisa menyempatkan diri masak dan makan malam bersama keluarga di pengujung hari.

Mau tahu tips dari Diba soal bagaimana cara meningkatkan produktivitas? Berusaha untuk selalu berkomitmen dan disiplin dengan waktu. Menurutnya, kalau dari pagi sudah running late, pasti ke belakang bakal berantakan semua dan jadi gak produktif lagi. Diba juga menyarankan supaya kamu memahami apa yang dapat menjadi pengganggu konsentrasimu, agar sebisa mungkin menghindarinya. 

Untuk Diba sendiri, hal yang bisa mengganggu fokusnya saat bekerja adalah ajakan jajan dari teman kantor. "Aplikasi pesan makanan online itu bikin kita jadi gampang banget kepikiran untuk pesan-pesan makanan, scrolling jajanan apa ya yang enak dibeli untuk camilan. Lumayan jadi distraksi, tuh," tuturnya.

 

 

Gimana, ada yang kamu banget? Atau ada yang belum kamu aplikasikan dalam keseharian? Yuk, mulai dicoba dari sekarang biar makin produktif dan pada akhirnya bikin kamu jadi wanita keren!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Produktivitasmu, Yuk Berubah!

Topic:

  • Elfida

Just For You