Comscore Tracker

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama Kerjaan

Seberat apapun beban pekerjaan, kita harus tetap waras guys!

Sebagai seorang karyawan, beban pekerjaan terkadang membuat stres, bahkan membuat kita tidak memiliki waktu untuk hal lain. Jangan sampai kita terkena depresi akibat hal tersebut.

Kita harus tetap bahagia dan 'waras' dalam menjalani hidup. Nah, berikut 5 hal yang bisa dicoba untuk kamu para pekerja keras biar tetap waras meski pekerjaan menumpuk.

1. Pulang teng go!

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama KerjaanPixabay/Sanshiro

Ada sebuah pepatah yang beredar di kalangan karyawan mengatakan "Kalau kerjaan selesai, itu berarti kita sudah resign". Yups, mungkin ada benarnya juga. Kalau mau menuruti sampai pekerjaan benar-benar selesai sih, gak akan ada habisnya. Pulang tenggo adalah sebuah hal yang wajib diusahakan!

Jika sejak awal kamu bisa punya target pulang tenggo, kamu akan lebih produktif bekerja. Pekerjaanmu lebih terjadwal dan efektif. Tidak ada waktu terbuang sia-sia, seperti untuk mengobrol, melamun, atau bahkan sering-sering stalking ignya mantan. #ehhhhh

Selain itu, kamu juga akan memiliki banyak waktu untuk dirimu sendiri, keluarga, dan teman-temanmu. Jadi, kuylah pulang tenggo!

2. Sediakan waktu untuk me time

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama KerjaanUnsplash/Anthony Tran

Di tengah kesibukan yang membuat penat, kamu perlu menyediakan waktu untuk rileks bagi dirimu sendiri.

Sesekali, luangkanlah waktu untuk memanjakan dirimu. Anggap saja sebagai bentuk terima kasih atas kerja keras yang selama ini kamu lakukan.

Kamu bisa melakukan perawatan diri, massage, pergi ke tempat yang kamu suka, ngemall untuk sekadar belanja barang yang kamu inginkan, atau bahkan sesimpel menikmati secangkir teh sambil membaca buku favoritmu.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Tetap Bertahan Meski Kerjamu Gak Sesuai Passion

3. Jangan lupakan hobimu!

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama KerjaanPexels/David Bartus

Di luar rutinitasmu bekerja, kamu pasti punya hobi yang membuatmu bahagia jika melakukannya. Nah, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mulai menikmati senangnya melakukan hobimu itu. Bernyanyi, bermain alat musik, menulis, menjahit, berolahraga, apa pun itu kamu bisa mulai rutin melakukannya paling tidak seminggu sekali agar stres akibat pekerjaan bisa berkurang.

Kamu juga bisa bergabung ke dalam komunitas orang-orang yang sehobi denganmu. Berkenalan dengan banyak orang yang memiliki hobi sama tentunya akan berdampak positif untuk kehidupan sosialmu.

4. Jangan disayang-sayang, ayo pakai cutimu buat liburan!

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama KerjaanPixabay/Free-Photos

Sebuah hashtag #habiskancutimu tentunya harus kamu praktikkan. Sebagai seorang pekerja, kamu pasti punya jatah cuti. Pergunakanlah hak cutimu sebaik mungkin. Ambillah cuti beberapa hari untuk liburan ke tempat-tempat yang indah.

Apalagi untukmu yang hampir setiap hari menatap layar komputer. Sesekali melihat langit biru, barisan pegunungan, atau deburan ombak yang menenangkan tentu akan baik juga bagi kesehatan mata dan jiwamu.

Jangan lupa, sesuaikan destinasi liburan dengan gajimu. Big no, jika kamu memaksa untuk berlibur ke tempat mewah, padahal gajimu pas-pasan.

5. Bekerjalah secukupnya

Buat Kamu Pekerja Keras, Lakukan 5 Hal Ini Biar Gak Stres Sama KerjaanUnsplash/Bozhko Roman

Bekerjalah secukupnya saja. Maksudnya? Kamu cukup bekerja sesuai dengan jam kerjamu.

Jangan lagi memikirkan atau bahkan membawa pulang pekerjaan kantor untuk dikerjakan di hari libur! Hal itu tentu dapat mengambil waktu istirahatmu. Bukannya santai, yang ada kamu malah tambah stres.

Bekerjalah di hari kerja dan beristirahatlah di hari libur. Jadi, semua harus proporsional ya guys!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Otakmu Segar dan Jauh dari Stres

Eka Mauliana Photo Writer Eka Mauliana

Penikmat langit senja dan aroma hujan. Suka menyapa sunrise dan sunset dari puncak gunung. Sedang belajar untuk menulis dengan baik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya