Comscore Tracker

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib Dimiliki

Skill dalam diri juga menentukan masa depan

Sekarang ini segala sesuatunya bisa diakses dengan mudah dan praktis tanpa perlu repot dengan jari tanganmu melalui layanan digital. Terlebih lagi di masa pandemik yang mengharuskan kamu untuk mengubah segala kegiatan yang tadinya luring menjadi daring.

Meski praktis, terkadang hal inilah yang membuatmu bisa merasa bosan dan jenuh. Apalagi saat kamu ingin berkumpul atau berjalan-jalan menghibur diri di tempat umum, iya nggak sih ?

Daripada merasa bosan dan jenuh, waktu seperti ini sebenarnya cocok untuk digunakan membentuk skill yang kurang kamu miliki sehingga menjadi poin lebih yang bisa kamu gunakan sendiri di masa depan, khususnya saat kamu nantinya berada di tengah-tengah dunia kerja.

Di bawah ini 5 skill digital penting yang wajib kamu miliki di masa depan. Simak dengan baik ya!  

1. Digital marketing

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib DimilikiPixabay/PhotoMIX-Company

Pasti kamu sudah pernah mendengar kata-kata ini bukan?

Digital marketing adalah suatu bidang pemasaran untuk mencari market atau konsumen dengan bantuan teknologi digital yang dinilai mampu untuk mempromosikan suatu brand yang kamu miliki tanpa harus bersusah payah untuk turun langsung menuju daerah pemasaran seperti zaman dulu yang harus door to door untuk mempromosikan barang dagangannya. Maka dari itu, semakin banyak pengguna media digital semakin banyak pula peluang kerja yang akan kamu miliki apabila mampu menguasai skill ini.

Salah satu contoh digital marketing yang bisa diambil dari lingkungan sekitar yang secara mendadak menjadi lebih trending yaitu berjualan online melalui media sosial atau website.

Pada dasarnya untuk menguasai digital marketing sendiri tidaklah harus memiliki disiplin ilmu yang sesuai. Sebab di zaman sekarang ini siapapun mampu serta dapat mempelajarinya di manapun dan kapanpun.

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mempelajari digital marketing di antaranya membaca buku dan belajar secara otodidak alias belajar sendiri. Salah satunya belajar melalui internet dengan cara streaming video. Banyak platform media di luar sana yang menyediakan video pembelajaran gratis disertai dengan cara mempraktikannya.

Tapi apa daya jika di saat kamu sudah sangat bersemangat malah menjadi jengkel dibuatnya karena koneksi yang buruk? Maka dari itu diharapkan adanya provider di Indonesia yang mampu memenuhi kebutuhan digital para millennial dan Gen Z.

2. Analytic reasoning

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib DimilikiPixabay/Tumisu

Analytic reasoning merupakan skill yang sering kali digunakan untuk menganalisis suatu permasalahan yang timbul di berbagai bidang dan dapat diselesaikan dengan cara terbaik serta tanpa merugikan berbagai pihak lainnya.

Tidak gampang untuk kamu bisa memiliki skill yang satu ini tanpa sebuah pengalaman. Sebab menganalisis suatu permasalahan haruslah disertai dengan timbulnya suatu permasalahan terlebih dulu.

Selain itu, analytic reasoning juga merupakan kemampuan yang digunakan untuk melihat berbagai jenis data. Entah data tersebut berbentuk kualitatif atau pun kuantitatif sekaligus teknik 'pembedaan' penyajiannya di dalam suatu informasi. Sehingga, pastinya setiap saat dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan kuota sesuai kebutuhan kamu bukan?

Tapi tenang saja dan tidak perlu khawatir lagi guys karena by.U sebagai salah satu provider di Indonesia ini siap untuk memenuhi kebutuhanmu.

by.U memberikan kemampuan fleksibilitas yang tinggi bagi penggunanya untuk merencanakan plan dengan add-on berdasarkan kebutuhannya sendiri. Keunggulan ini juga sesuai dengan tagline-nya yakni #SemuanyaSemaunya.

Jadi bagi kamu yang lagi berpikir untuk membeli kartu sim digital yang cocok, by.U bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu sebab tanpa ketentuan ambigu, tambahan biaya, dan kuota yang tidak terpakai. Keren banget deh pokoknya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Serba Digital Jadi Pilihan Banyak Orang, Setuju?

3. Artificial intelligence

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib DimilikiPixabay/geralt

Artificial Intelligence atau lebih sering kita kenal dengan "AI" merupakan sebuah penemuan ilmu terbesar yang pernah ditemukan di tahun 1955.

AI sendiri memiliki 7 aspek yang original dari latar belakang pembuatannya, salah satunya yakni mensimulasikan otak manusia yang lebih tinggi di dalam sebuah robot untuk membantu pekerjaan manusia di kehidupan sehari-harinya dengan lebih mudah sekaligus dalam waktu yang singkat. Hal itu dimaksudkan semata-mata untuk dapat mengambil keuntungan dari segala sisi.

Berbeda halnya apabila dibandingkan dengan zaman dahulu yang segala sesuatunya harus dilakukan dengan sumber daya manusia dan harus dilakukan dalam jarak yang dekat. Sungguh merepotkan bukan?

Kehadiran artificial intelligence juga menandakan bahwa teknologi digital yang selama ini berada di sekitar kehidupanmu sudah semakin maju. Semakin maju keberadaan teknologi digital yang ada, maka dari waktu ke waktu kamu juga akan selalu dituntut untuk tidak hanya mampu menggunakannya dengan bijak tetapi juga mampu untuk menciptakannya.

Oleh sebab itu, skill yang satu ini menjadi salah satu poin terpenting yang dapat menjadi nilai tambah diri kamu saat mencari pekerjaan, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

4. Ahli dalam pembuatan design digital

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib DimilikiPexels/Kaboompics .com

Sekarang ini banyak terdapat orang cerdas dalam bidangnya, terutama di bidang design dengan gaya yang cukup unik dengan pembawaan epik sehingga mampu menghasilkan karya beraliran kontemporer. Style inilah yang saat ini dianggap sedang trending karena mengikuti gaya model millennial dan Gen Z.

Bahkan saat ini pun kamu bisa melihat seberapa kuatnya pengaruh teknologi digital untuk merambah ke dalam pembuatan dunia seni design.

Memang banyak orang cerdas dan kreatif dalam pemikiran design. Tapi perlu diketahui juga guys bahwa kamu juga perlu untuk bisa menciptakan design secara digital ditemani dengan berbagai peralatan modern.

Peluang kerja dengan memiliki skill ini terbilang cukup diminati. Selain dari sisi hobi juga dinilai dari sisi penghasilannya yang cukup besar. Apalagi sekarang untuk mencari sebuah ide tidaklah sesulit dulu yang harus bepergian ke sana kemari, cukup scrolling aplikasi atau pun media digital lainnya.

Ngaku deh siapa yang sering melakukan ini terutama di media sosial?

5. Digital management

Jadi Poin Lebih, 5 Skill Digital Masa Depan yang Wajib DimilikiPexels/Karolina Grabowska

Digital management adalah sebuah skill yang bergerak di bidang manajemen industri digital.

Memang media digital sudah sangatlah maju. Tapi akankah sebuah lembaga atau perusahaan mampu menggunakan dirinya sendiri untuk bisa mengoptimalkan goal yang sudah dicanangkannya? Maka dari itu dibutuhkan seseorang yang mampu mengatur segala sesuatunya terutama di era digital seperti ini.

Dari sini kamu sebagai generasi millennial dan Gen Z bisa mengerti apa keuntungan untuk mempelajari kemampuan manajemen digital yaitu untuk mencari peluang kerja dan mengembangkan potensi diri.

Sudah jelas juga bahwa di dalam skill dan industri digital seperti ini, semuanya harus didukung oleh koneksi internet yang stabil sehingga semua bisa terintegrasi secara maksimal dan by.U hadir untuk menjawab itu semua. 

Sebagai kartu sim pertama di Indonesia, By.U memiliki semua yang millennial dan Gen Z butuhkan di era serba digital. Aktivasi kartu ini pun mudah sehingga menunjang kebebasan gaya hidup digital. Meski berupa kartu sim digital, namun ketentuan koutanya  jelas. Pokoknya #SemuanyaSemaunya terus sehingga anti ribet deh!

Itu tadi 5 skill digital yang bisa menjadi poin lebih diri kamu di masa depan. Semuanya menjadi lebih praktis dan mudah karena didukung kemajuan teknologi sehingga sekarang ini waktu yang tepat untuk generasi anti ribet. Pokoknya #SemuanyaSemaunya!

Baca Juga: Ini 5 Skill yang Paling Dicari Selama Era Pandemik, Kamu Punya Gak?

Elvina Ekaningtyas Photo Writer Elvina Ekaningtyas

Be fun in this life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya