Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat Kerja

Belum dapet kerja? Jangan menggabut ya!

Gak bisa dipungkiri kalau mencari itu bukan perkara mudah. Terbatasnya lowongan kerja yang tersedia sementara tenaga kerja produktif melambung jauh di atas angka kebutuhan tenaga kerja membuat banyak orang sulit mendapatkan pekerjaan termasuk fresh graduate. Tapi menjadi pengangguran bukan berarti kamu menjadi membuang waktumu untuk menggabut ya. Sembari mencari kerja, lakukan hal ini yuk biar kamu tetap produktif.

1. Mengenali dirimu kembali dengan lebih baik

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat KerjaMenjadi pemimpin (pixabay/geralt)

Coba yuk mulai tulis, siapa sih kamu? Apa keahlian kamu? Apa hal yang kamu suka? Apa yang gak kamu suka? Dibidang apa passion kamu? Apa aja kemampuan yang kamu miliki? Tulis juga apa aja pengalaman yang kamu miliki selama ini dan yuk coba catet juga pencapaian yang berhasil kamu raih. Terus coba deh bikin CV yang bagus dari situ atau perbaiki profil LinkedIn kamu. Itu bermanfaat banget buat bantu kamu dapetin pekerjaan segera.

2. Perdalam Hobi kamu yang punya

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat Kerjaenjoying photography (pixabay/pixels)

Selama ini kamu punya hobi apa yang belum tereksplor? Yuk coba perdalam hobi itu sekarang, siapa tau bisa bikin kamu nemu kerjaan yang sesuai hobi kamu atau justru membuat lowongan pekerjaan dari hobi itu. Kan bisa jadi dapat pekerjaan sekaligus bantu orang buat dapet pekerjaan juga.

3. Mencoba peruntungan menjadi guru les

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat KerjaMenjadi Guru (pixabay/sasint)

Buat kamu yang udah sarjana tapi masih belum dapet kerja? Coba yuk kembangin ilmu kamu dengan ngajarin orang lain lewat les. Itu bisa jadi alternatif income sebelum kamu nemuin kerjaan yang settle.

Baca Juga: Tips Anti Nganggur setelah Lulus Kuliah ala Rektor UNU Yogyakarta

4. Ikut program magang

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat KerjaProgram Internasional (pixabay/sprachuleaktiv)

Di era digital kayak gini, banyak banget loh program magang yang dibuka sama perusahaan, baik itu start up maupun yang bonafit. Nah ikut program magang kayak gini bisa jadi alternatif aktivitas sembari mencari kerjaan yang stabil. Lumayan banget buat nambah pengalaman dan juga koneksi apalagi kalo ternyata magangnya berbayar. 

5. Aktif mencari lowongan kerja di berbagai platform

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Selagi Belum Dapat KerjaSosial media (pixabay/LobostudioHamburgh)

Di abad ke 21 ini informasi bukan perkara sulit lagi untuk didapatkan termasuk informasi tentang lowongan kerja. Yuk aktif lihat informasi lowongan kerja baik di website perusahaan yang kamu incer ataupun di sosial media nya. Tapi hati-hati ya, pastikan tempat kamu mencari lowongan kerja itu terpercaya ya.

Gimana? Udah dapet pencerahan tentang kegiatan apa aja  yang bisa kalian lakukan selama jadi Jobseeker biar tetep produktif? Yuk coba lakukan dan semoga membantu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Masih Nganggur Awal Musim Ini, Apes! 

eriana Widya Photo Writer eriana Widya

The best of people among you are those who benefit others the most (H.R. Bukhari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya