Comscore Tracker

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!

Work-life balance bukan sekadar konsep

Yang namanya masih muda pasti lagi semangat-semangatnya untuk merintis karir setinggi mungkin. Dan banyak hal yang harus dilakukan dan dikorbankan untuk mencapai ambisi pribadi. Apalagi, bekerja di perusahan yang bisa dibilang nyaman dengan teman-teman yang menyenangkan dan saling mendukung.

Tapi, yang namanya hidup gak seharusnya dihabiskan untuk bekerja saja lho. Selain keluarga, dirimu sendiri merupakan alasan utamanya. Ini 5 alasan buat kamu untuk tidak menghabiskan harimu di kantor. Benar gak?

1. Pekerjaan itu proses yang tak akan berhenti

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!unsplash.com/Marvin Meyer

Gak dipungkiri, untuk hidup di dunia membutuhkan uang. Dan untuk mendapatkan uang, manusia perlu bekerja. Dan pekerjaan itu pun harus memiliki perencanaan untuk waktu yang panjang, mungkin hingga kamu tua nanti.

Salah lho, jika kamu selalu menarget dirimu untuk menyelesaikan pekerjaan hingga lupa waktu. Menjadi pekerja keras memang baik, namun bukan berarti menghabiskan waktumu hanya untuk bekerja. Kalau bisa memanage waktu dan efektif, kenapa enggak?

2. Keluarga selalu yang utama

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Jangan lupa untuk meluangkan waktumu dengan orangtua dan keluargamu. Sarapan bareng aja, bukan waktu yang cukup untuk diberikan kepada orang yang terkasih. Keluarga adalah satu-satunya yang selalu bisa menerima, membantu dan ada disana untukmu selamanya. Bukan bosmu!

Baca Juga: #BaikItuMudah 3 Tips Sederhana Miliki Pola Hidup 'Work-Life Balance'

3. Jangan biarkan hidupmu sia-sia

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!unsplash.com/Aki Tolentino

Work-life balance seharusnya bukan sekedar konsep dan wacana. Hidup itu harus seimbang. Gak hanya mengejar ambisi saja, kamu sangat perlu memperhatikan kesehatan kamu lho. Bukan hanya kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental. Ingat, masih banyak petualangan dan pelajaran yang bisa kamu ambil dari hidup ini.

4. Lembur tiap malam? Bukan berarti pekerja keras

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!unsplash.com/ Fernando Hernandez

Gak ada ceritanya menghabiskan waktu hanya untuk bekerja pasti akan sukses. Kesuksesan itu proses yang panjang dan penuh dengan perencanaan. Menjadi efektif dan terencana itu salah satu kunci untuk mencapai target. Jangan buang-buang waktu yang sebenarnya bisa kamu bagi dengan keluargamu, namun terbuang begitu saja karena gak bisa me-manage waktu. 

Tipsnya? Kamu harus selalu punya rencana apa yang akan kamu lakukan untuk hari esok dan harus memiliki target. 

5. Kamu bukan mesin!

5 Alasan Ini Mengharuskanmu untuk Pulang On Time, Jangan Lembur!unsplash.com/Christopher Campbell

Berkacalah, you're a human not a machine! Manusia membutuhkan tenaga, kehidupan sosial dan hiburan. Dibandingkan mesin, mesin hanyalah benda mati yang bisa bekerja 24 jam tanpa hal-hal yang diperlukan manusia lho. 

Jadi, berpetuanglah sejauh mungkin, travelling, melakukan hal baru, menghabiskan waktu dengan teman, berkumpul dengan keluarga, dan jadikan hidupmu bermakna!

Baca Juga: 5 Cara Terbaik untuk Membersihkan Karirmu dari 'Toxic Situation'

Erventina Elisabeth Photo Community Writer Erventina Elisabeth

Hello! :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 13:45:05

Progress: 767.084 dari 813.350 TPS (94.31167%)

Just For You