Comscore Tracker

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Stres

Mau kerja keras bagai kuda juga perlu jeda

Menghadapi banyak tugas saat bekerja merupakan hal yang lumrah. Rasa lelah dan kewalahan bisa saja muncul di momen-momen tersebut. Sebelum memutuskan untuk menyerah, kita bisa coba mempraktikkan enam cara di bawah ini.

1. Jangan lupa ambil napas

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com/wongyulee

Situasi panik bisa membuat napas kita lebih cepat dari biasanya. Nah, saat mengalami hal tersebut, yang perlu dilakukan adalah menarik napas secara dalam, lalu mengembuskannya secara perlahan. Selain bisa membantu mengatasi rasa panik, bernapas dengan perlahan juga bisa membantu kita memiliki fokus jangka panjang, lo.

2. Biasakan memberi afirmasi positif

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com/luisella

Siapa yang pernah terpikir untuk menyerah atau ingin membelah diri seperti ameba ketika menghadapi banyak hal secara bersamaan? Melakukan self-talk yang sehat merupakan hal krusial saat menghadapi momen-momen melelahkan tersebut.

Jadikan diri sendiri sebagai suporter setia karena kita yang memegang kendali untuk menentukan bagaimana harus beraksi. Ingatlah juga bahwa hal terbaik yang perlu kita lakukan justru fokus menyelesaikannya satu per satu agar hasilnya maksimal.

3. Cek berapa lama waktu kamu bekerja

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com

Ketika merasa cemas karena sebuah proyek, otak kita cenderung melebih-lebihkan waktu yang telah kita habiskan untuk itu. Gak bisa dimungkiri jika hal tersebut justru menambah kecemasan kita, 'kan?

Oleh karenanya, kita perlu mengecek dengan tepat durasi kita dalam mengerjakan tugas agar bisa bersikap lebih rasional untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

Baca Juga: Buat Introver, Perhatikan Hal Ini saat Mencari Kerja 

4. Atur ekspektasi terhadap diri sendiri

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com/eliassch

Mendapat kepercayaan untuk mengemban tugas tertentu juga bisa membuat kita gugup dan kewalahan. Hal tersebut karena kita jadi berekspektasi lebih terhadap diri sendiri karena ingin melakukan yang terbaik. Pastikan kita tidak terlalu keras terhadap diri sendiri, sehingga tidak merasa terbebani dengan tanggung jawab yang ada.

5. Pikirkan kembali kriteria sukses

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com

Kita tentu ingin mengerjakan sesuatu sesempurna mungkin. Sayangnya, hal tersebut akan memakan banyak waktu dan perlu usaha ekstra untuk mencapainya.

Sebaiknya, tetapkan kriteria yang realistis mengenai bagaimana sebuah proyek sudah bisa dikatakan cukup bagus. Ini bisa menghemat waktu kita untuk beranjak ke tugas yang lain, sekaligus membantu rekan kerja yang akan menindaklanjuti proyek kita tersebut.

6. Ambil waktu untuk istirahat

6 Kiat Jitu Mengatasi Kewalahan Saat Bekerja, Jangan Sampai Strespixabay.com

Saat tenggat waktu menghadang, kita cenderung lebih tekun mengerjakan tugas, hingga mengabaikan istirahat. Niat hati tentu ingin segera menyelesaikannya, tapi mengambil jeda juga diperlukan, lo.

Beristirahat sejenak akan membantu pikiran kita lebih segar dan fokus menjadi lebih terjaga. Hasilnya, pekerjaan kita akan menjadi lebih baik.

Nah, ini tadi enam langkah yang bisa kamu coba di kala merasa kewalahan. Terus semangat produktif berkarya, ya!

Baca Juga: Ingin Profesional dalam Bekerja, Ini 6 Cara Kontrol Emosi

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You