Comscore Tracker

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat Kerja

Karena Monday = Money Day, bukan Mourn Day

Siapa yang sering cemas, sedih, enggan bahkan stres ketika menjelang hari Senin? Kalau kamu merasakannya, bisa jadi kamu sedang mengalami Monday Blues Syndrome nih. Sindrom yang menggambarkan berbagai emosi negatif ini biasanya kita rasakan di akhir pekan karena merasa gak bahagia buat memulai kerja kembali.

Bekerja memang kerap diasosiasikan sebagai salah satu sumber stres. Hal tersebut mungkin karena sepertiga waktu kita dihabiskan untuk bekerja. Nah, karena hari Senin gak bisa dihindari dan kita perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan, yuk coba terapin cara-cara ini biar bisa kembali bersemangat.

1. Cari tahu akar penyebabnya

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat KerjaUnsplash/ Mimi Thian

Merasa enggan bekerja karena gak bahagia? Oke, catat dan lalu cari tahu lagi penyebab spesifik dari rasa kurang antusias tersebut. Apakah karena faktor internal seperti kita merasa gak cukup tertantang dengan pekerjaan yang ada, ataukah faktor eksternal seperti ketika kurang cocok dengan rekan kerja?

Memperjelas masalah utamanya akan membantu kita lebih aktif memikirkan solusi. Kita menjadi lebih berdaya buat memberi respons yang tepat terhadap situasi yang ada. Penyelesaian masalah yang langsung ke akarnya ini juga bakal menghemat tenaga kita karena gak perlu lagi survive dengan masalah yang sama tiap minggunya, kan?

2. Persiapkan hari Senin sejak sebelum akhir pekan

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat KerjaUnsplash/ Estee Jansens

Hari Senin terasa lebih berat dari hari kerja lainnya bisa juga disebabkan karena sulit membangun fokus kembali setelah libur sejenak. Agar tidak kesulitan me-recall pekerjaan di minggu sebelumnya, kita bisa membuat to-do list pekerjaan di hari Jumatnya.

Mencoba menyelesaikan tugas yang berat di akhir pekan juga bisa membantu meringankan beban pikiran di hari Senin, lho.

Baca Juga: Benci Hari Senin? Ini 5 Cara Mengatasinya agar Hidupmu Lebih Berwarna

3. Seimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat KerjaUnsplash/ Court Cook

Momen  di hari Sabtu dan minggu, sebaiknya dimanfaatkan penuh sebagai waktu rehat dari pekerjaan. Jadi hindari deh mengecek email atau membahas topik soal kerjaan di akhir pekan. Adanya batasan yang jelas antara kehidupan personal dan pekerjaan yang jelas akan membantu mengelola energi kita dengan lebih optimal.

4. Istirahatlah yang cukup dan bangun lebih awal

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat Kerjapexels.com/ivan obolensky

Memulai tidur lebih awal di Minggu malam dengan durasi istirahat yang cukup bakal membantu kita bangun lebih awal dan lebih segar. Nah, di 15-30 menit waktu ekstra tersebut bisa kita gunakan untuk me time dan hindari mengecek ponsel. Meditasi bisa jadi pilihan me time agar menumbuhkan perasaan lebih mindful dan gak jenuh dengan rutinitas.

5. Ciptakan suasana nyaman di tempat kerja

Sering Monday Blues? Coba 5 Cara Ini Agar Sehat Mental di Tempat KerjaUnsplash/ Chris Benson

Suasana kantor sangat bisa mempengaruhi mood kita, lho. Agar bekerja terasa lebih menyenangkan, kita perlu memastikan kenyamanannya. Mulai dari penataan meja kerja, menyiapkan camilan kesukaan atau memutar musik yang membuat kita semangat.

Oh ya, jangan lupa memasang headset, ya ketika menyetel musik agar tidak sampai mengganggu rekan kerja yang lain.

Nah, itu tadi 5 amunisi untuk menghadapi Monday Blues yang bisa kamu coba. Semoga hari Seninmu tak lagi menyeramkan, ya. Bahkan bisa jadi momen yang paling ditunggu karena jadi kesempatan berkarya.

Baca Juga: Yuk, Mulai Awal Minggumu dengan 10 Fakta Hari Senin Berikut Ini!

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You