Comscore Tracker

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diatur

Bebas gak berarti seenaknya sendiri, tetap bisa berdiskusi 

Dalam dunia kerja biasanya selalu dibutuhkan sebuah kerja sama yang solid dari setiap karyawannya, supaya tujuan bersama bisa tercapai. Nah, untuk meningkatkan kinerja agar semakin kompak dan baik, maka satu sama lain harus memiliki sikap saling mendukung. Untuk bisa saling mendukung dan bekerja sama memang gak selalu mudah dilakukan.

Hal tersebut karena setiap orang memiliki pola pikir dan cara bekerja yang berbeda-beda. Ada karyawan yang mudah untuk diajak bekerja sama, namun ada juga karyawan yang sulit untuk diajak berdiskusi dan bekerja sama dengan baik, karena dia sulit sekali untuk diatur, dan seenaknya sendiri.

Terkadang, menghadapi mereka membuatmu emosi dan putus asa sendiri. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika bekerja sama dengan orang yang suka kebebasan dan sulit diatur, supaya hasil kerja kalian nantinya juga gak berantakan. Berikut lima caranya. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Mendengarkan pendapatnya 

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diaturilustrasi mendengarkan pendapat orang lain (pexels.com/olia danilevich)

Salah satu kunci utama untuk mencapai keberhasilan sebuah perusahaan adalah kerjasama yang baik antara karyawannya. Oleh karena itu, setiap karyawan juga memiliki kewajiban untuk bersedia mendengarkan pendapat dari siapa saja, termasuk karyawan yang suka kebebasan dalam bekerja dan sulit sekali untuk diatur, agar dia bersedia bekerja sama dengan baik.

Apabila kamu merasa pendapatnya gak memiliki alasan logis dan gak terarah, serta terkesan mementingkan dirinya sendiri. Maka, jangan ragu untuk menolak pendapatnya yaitu, dengan memberikan alasan yang masuk akal dan gak membuat dia merasa direndahkan.

Jangan ragu dalam menolak pendapatnya, selagi kamu memiliki alasan rasional dan tepat dalam penyampaiannya. Dia pasti akan mengerti dan mulai berpikir untuk memperbaiki diri. Menolak pendapatnya yang mementingkan dirinya sendiri dengan cara gak merendahkan, akan memberikan efek yang luar biasa baginya. Dia gak akan merasa sakit hati dan tetap merasa diapresiasi, sehingga dia akan lebih luluh nantinya dan mulai bisa mengikuti aturan dalam bekerja sama.

2. Kendalikan emosi dirimu 

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diaturilustrasi bersikap tenang saat menegur orang lain (pexels.com/RODNAE Productions)

Menghadapi rekan kerja atau karyawan yang sulit sekali diatur, karena dia sangat menyukai kebebasan, kamu gak boleh bersikap gegabah, ya. Berusahalah untuk mengendalikan emosi dirimu dengan cara tetap tenang, serta tunjukkan bahwa kamu pribadi yang berwibawa. Memang terkadang, berdiskusi dengan mereka saja bisa membuatmu kesal, apalagi untuk bekerja sama.

Namun, cobalah untuk gak menegur dia ketika kamu sedang dalam kondisi marah dan kesal. Percayalah, jika kamu melakukannya, hal tersebut malah bisa memunculkan persoalan baru dan melunturkan kekompakan dalam tim kerja. Lebih baik, tenangkan dulu dirimu, kemudian barulah berikan pengertian tentang sikap buruknya yang sulit diatur itu.

Tetaplah berbicara dengan sopan dan pilihlah kata-kata yang baik, supaya dia tetap merasa dihargai. Seseorang yang sulit diatur, lama-lama juga akan luluh dan mau diajak bekerja sama dengan baik, apabila dia dihargai.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

3. Mencari tahu penyebab dia sulit diatur 

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diaturilustrasi menatap (pexels.com/Katerina Holmes)

Setiap sikap yang ditunjukkan oleh seseorang pasti selalu ada penyebabnya, sekalipun sikap tersebut adalah sulit diatur dalam bekerja sama. Orang-orang yang menyukai kebebasan itu gak selalu sulit untuk diatur. Bebas bukan berarti seenaknya sendiri, dia pasti tetap bisa bekerja sama dengan baik.

Apabila selama ini dia terkesan seperti orang yang menyukai kebebasan dan terlihat seenaknya sendiri, selalu melanggar aturan dan sebagainya. Bisa jadi itu karena dia belum memahami dengan benar mengenai aturan dalam bekerja sama. Jadi, sebelum menghakiminya, ada baiknya kamu mencari tahu dulu penyebab dia sulit sekali diatur untuk bekerja sama dengan solid. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa masalah utamanya dan bisa menemukan solusi yang tepat untuk menghadapinya.

4. Bertindaklah mulai dari akar permasalahannya 

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diaturilustrasi orang menjelaskan sesuatu (pexels.com/Yan Krukov)

Setelah kamu mengetahui penyebab dari mengapa dia bersikap bebas dan sulit diatur untuk bekerja sama dengan baik. Selanjutnya, cobalah untuk bertindak dalam menghadapinya mulai dari akar permasalahannya. Misalnya, selama ini dia sulit diatur dan bekerja sama dengan yang lain itu karena dia belum memahami benar tentang maksud dan tujuan dalam bekerja sama.

Nah, caranya yaitu berikanlah pengertian yang tepat kepada dia mengenai maksud dan tujuan kalian bekerja sama, dan beri tahu dia juga mengenai aturan dalam bekerja sama dalam tim kalian. Dengan begitu, nantinya dia akan mulai memahami dan semuanya akan terlihat jelas baginya. Jadi, dia akan mulai bisa diajak bekerja sama dan gak akan lagi memiliki alasan untuk tetap bersikap bebas dan seenaknya sendiri.

5. Jangan bersikap meremehkan 

5 Cara Bekerja Sama dengan Orang yang Suka Kebebasan dan Sulit Diaturilustrasi meremehkan orang lain (pexels.com/ANTHONY SHKRABA production)

Gak ada satu orang pun yang senang jika dirinya diremehkan. Jadi, untuk menghadapi orang yang seperti itu pun, kamu harus tetap berusaha menghargainya. Berperilakulah dengan sopan kepadanya. Apabila kamu bersikap menghargai, maka orang-orang seperti itu juga pasti akan menghargaimu juga.

Selain itu, dia pasti akan lebih respek kepadamu. Hal tersebut dikarenakan, meski selama ini sikapnya sulit diatur dan seenaknya sendiri kepadamu, tapi kamu tetap menghargainya. Itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang berwibawa di hadapannya, karena meski kamu diperlakukan kurang baik olehnya, namun masih tetap bisa bersikap menghargai dia. Percayalah dan lihatlah perubahan yang akan terjadi, dia pasti akan menghormatimu dan bersedia bekerja sama dengan baik bersamamu dan tim kerja yang lainnya.

Itulah kelima cara bekerja sama dengan orang yang suka kebebasan dan sulit diatur. Bebas itu bukan berarti gak bisa diajak bekerja sama, dia pasti tetap bisa berdiskusi dengan baik dan solid dalam tim. Hanya saja selama ini sikap bebasnya terkesan seperti seenaknya sendiri, karena dia belum terlalu memahami aturan bekerja sama.

Cara-cara di atas perlu kamu lakukan, supaya hasil kerja tim kalian gak berantakan. Dunia kerja memang menyuguhkan berbagai macam karakter orang di dalamnya. Namun, satu hal yang paling penting yaitu tetap lakukan yang terbaik bagi pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, ketika suatu saat dalam sebuah tim kerja terjadi masalah, kamu gak akan terlibat dan tersudutkan sebagai pemicu terjadinya masalah tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Penurunan Semangat Kerja pada Anak Buah, Jangan Diam Saja!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya