Comscore Tracker

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah 

Supaya kamu bisa agak santai 

Seseorang tanpa pandang bulu pasti pernah merasakan panik dan cemas pada situasi dan kondisi tertentu. Kepanikan dan kecemasan yang dirasakan juga disebabkan oleh berbagai alasan. Meskipun hal seperti ini wajar terjadi, tetapi ada beberapa orang yang gampang banget merasa panik dan cemas saat terjadi masalah.

Rasa panik dan cemas ini jika terjadi secara terus-menerus akan membuat kamu sulit untuk fokus dalam melakukan berbagai hal. Jika kamu gak mengatasinya dari sekarang, ini bisa memicu stres dan kesehatanmu juga akan terganggu. Kamu bisa mengalami susah tidur karena terlalu memikirkan masalah hidup.

Nah, supaya kondisi bisa normal lagi, sehingga segala aktivitasmu lancar dan berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan, kamu bisa menerapkan lima solusi berikut ini.

1. Ambilah napas panjang

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah ilustrasi mengambil napas panjang (pexels.com/Kelvin Valerio)

Hal pertama yang wajib banget kamu lakukan saat rasa panik dan cemas datang adalah dengan mengambil napas panjang. Jangan sepelekan cara sederhana ini! Coba praktikan saja dan rasakan ketenangannya. Melakukan teknik pernapasan ini akan membantumu mengurangi stres akibat rasa panik dan cemas yang datang tiba-tiba.

Cobalah mengambil napas melalui hidung, tahan napas beberapa detik, lalu mengembuskannya melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali saat kamu merasa panik dan cemas. Cara ini juga bisa kamu lakukan setiap hari untuk membuatmu merasa lebih rileks lagi.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah ilustrasi menari (pexels.com/Yan Krukov)

Salah satu cara yang efektif saat kepanikan dan kecemasan melanda dirimu adalah dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Melakukan hobi juga solusi yang ampuh untuk mengatasi hal ini. Dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, rasa stres akan mereda, sehingga kamu lebih tenang nantinya.

Pastikan dalam memilih hal-hal atau kegiatan yang kamu sukai itu tetap yang positif, ya. Misalnya, berolahraga, menonton film, menari, menyanyi, menongkrong bersama teman-teman, berbagi kebaikan kepada sesama dan sebagainya. Kamu bisa melakukan kegiatan tersebut secara sendiri atau juga bisa bersama-sama dengan teman dan keluarga.

Baca Juga: 5 Tips Supaya Mampu Bekerja di Bawah Tekanan, Gak Usah Panik Bro!

3. Makan yang sehat dan bergizi

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah ilustrasi mengkonsumsi makanan sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Apakah ada hubungannya panik dan cemas dengan makanan? Tentu ada, dong. Secara gak sadar, makanan yang kamu konsumsi setiap hari itu berpengaruh kepada perasaanmu. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan instan yang banyak mengandung bahan pengawet, minuman yang berkafeina, itu bisa meningkatkan rasa panik dan cemas dalam diri.

Makanan dan minuman yang kurang sehat bisa mengganggu kesehatan fisikmu, sehingga pikiranmu bisa ikut terganggu karena menjadi susah untuk beristirahat dengan nyenyak. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dan minuman yang sehat. Selain itu, makanlah secara teratur setiap harinya. Terlihat sepele, tetapi ini sangat berpengaruh pada perubahan suasana hati, lho.

4. Istirahat yang teratur dan cukup

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah ilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingatlah bahwa tubuh manusia itu memerlukan istirahat. Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk terus beraktivitas sepanjang hari, sehingga waktu untuk beristirahat sering terabaikan. Saat kamu sedang merasa panik dan cemas, justru itu menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu ekstra untuk beristirahat.

Sebaiknya, cobalah atur kembali jadwal aktivitasmu. Tetaplah mengusahakan untuk bisa beristirahat dengan cukup, apalagi saat kamu sedang panik dan cemas. Ubahlah pola tidurmu yang buruk itu, jangan terus-menerus bergadang. Tidurlah setidaknya tujuh jam setiap hari. Jika kamu mencukupi waktu beristirahat, maka tubuh dan pikiran juga akan terasa segar.

5. Selalu berpikir positif

5 Solusi untuk Kamu yang Gampang Panik dan Cemas saat Ada Masalah ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hilangkan segala pikiran negatif, baik tentang dirimu sendiri maupun orang lain. Suasana hati akan semakin memburuk jika kamu terus berpikiran negatif terhadap apa pun. Solusi selanjutnya untuk mengatasi rasa panik dan cemas pada dirimu adalah dengan selalu berpikir positif.

Lakukan setiap harinya, hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu. Gak hanya mental, tetapi kesehatan fisik juga akan membaik. Berpikirlah bahwa kepanikan dan kecemasan yang sering kamu alami itu bisa menjadi motivasi untuk kamu bisa semangat lagi.

Jika kamu sudah menerapkan kelima solusi di atas setiap harinya, percayalah keadaan akan mulai membaik. Hidup akan selalu ada masalah yang datang menimpa. Jadi, sikapilah dengan tenang, supaya kamu bisa menemukan jalan keluar dari permasalahan yang muncul.

Apabila suatu saat kamu terkena masalah, kamu gak akan gampang panik dan cemas lagi. Sekali lagi, jangan pernah berpikir bahwa kamu aneh. Panik dan cemas saat terjadi masalah itu wajar, kok. Namun, aturlah supaya jangan berlebihan.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan saat Merasa Cemas Akan Masa Depan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya