Comscore Tracker

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasangan

Letakkan ponselmu dan dengarkan dia

Lancarnya komunikasi yang berjalan saat bersama pasangan, dapat meningkatkan keharmonisan hubungan yang sedang dibangun. Sering kali terjadi kesalahpahaman hingga memicu pertengkaran dengan pasangan, salah satu penyebabnya yaitu, karena adanya komunikasi yang terhambat.

Berbagai hambatannya pun bermacam-macam, mulai dari perilaku yang kurang tepat saat sedang berbicara, jarang memberikan apresiasi kepada pasangan, hingga terlalu sibuk memegang ponsel saat kalian sedang bersama. Faktor-faktor tersebut sangat mengganggu kelancaran berkomunikasi kalian. Untuk itu, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini, agar dapat memperlancar jalannya komunikasi bersama pasangan.

1. Saling memberi kesempatan untuk masing-masing berbicara 

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasanganilustrasi percakapan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Tips pertama dalam memperlancar komunikasi bersama pasangan yaitu, saling memberikan kesempatan untuk masing-masing berbicara. Jika, pasangan sedang berbicara, maka kamu cobalah mendengarkannya dengan baik. Jangan pernah mendominasi percakapan, sebab itu hanya akan membuatnya gak nyaman.

Apabila ada satu pihak yang tak nyaman dengan komunikasi yang sedang berjalan. Maka, bagaimana bisa komunikasi kalian akan berjalan lancar? Oleh karena itu, cobalah untuk bijaksana dengan saling memberikan waktu dan kesempatan untuk masing-masing mengutarakan apa yang ingin dikatakan. Lalu, simak dan tetap menjaga kontak mata.

2. Letakkan ponselmu 

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasanganilustrasi pasangan sedang berbicara tanpa memegang ponsel (pexels.com/Kampus Production)

Pekerjaan memang penting, tapi komunikasi yang lancar bersama pasangan itu juga sama pentingnya. Maka, agar semua berjalan lancar, saat kalian sedang membangun percakapan, cobalah meletakkan ponsel dulu sejenak, setidaknya selama kalian sedang berkomunikasi.

Sebab, berbicara sambil memegang ponsel, bisa membuatmu gak fokus hingga menimbulkan kesalahpahaman. Tenangkan diri, lepaskan dulu beban pekerjaanmu dan letakkan ponselmu. Lalu, jalinlah komunikasi yang efektif bersama pasangan, tanpa memegang ponsel dan memikirkan pekerjaan. Cobalah fokus dulu terhadap apa yang sedang ada di hadapanmu.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Komunikasi yang Buruk, agar Pasangan Tak Merajuk

3. Jangan pernah lupa untuk mengapresiasi pasangan 

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama PasanganIlustrasi mengapresiasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apresiasi adalah tindakan menghargai. Semua orang pasti suka mendapatkan apresiasi, apalagi dari seseorang yang istimewa di hati. Maka, tindakan ini juga bisa sebagai sarana untuk memperlancar komunikasimu bersama pasangan. Cobalah tetap memberikan apresiasi secara tepat kepada pasangan, meski hubungan sudah berjalan cukup lama.

Terkadang, seseorang kerap lupa maupun mengabaikan tindakan ini, karena sudah lamanya hubungan asmara yang terjalin. Padahal, memberi apresiasi kepada pasangan, tak mengenal jangka waktu. Entah, hubungan baru berjalan maupun sudah lama, apresiasi merupakan tindakan yang perlu dipertahankan, karena dapat membantu kelancaran jalannya komunikasimu dengannya.

4. Hindari menutup diri 

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasanganilustrasi menutup diri saat sedang berkomunikasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Tetaplah menjalani komunikasi yang terbuka, agar kelancaran tetap terjaga. Menjadi tertutup hanya akan membuat komunikasi terhambat. Pada akhirnya, kesalahpahaman pun bisa saja terjadi. Keterbukaan merupakan kunci dari keharmonisan hubungan asmara.

Meski, terkadang diam juga bisa membuat nyaman. Namun, tertutup bukanlah solusinya. Mulailah sebuah percakapan yang ringan untuk menciptakan suasana nyaman bersama pasangan. Ketika, suasana obrolan sudah nyaman, nantinya komunikasi pun secara otomatis akan berjalan lancar.

5. Hindari berasumsi saat sedang berkomunikasi 

5 Tips Memperlancar Jalannya Komunikasi saat Bersama Pasanganilustrasi berasumsi tentang pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu gak bisa membaca apa isi hati dan pikiran dari pasanganmu. Begitu juga dengannya, maka saat sedang menjalin komunikasi, hindarilah saling berasumsi. Kebiasaan berasumsi dapat menghambat jalannya komunikasi. Apabila ada hal-hal yang ingin kamu tanyakan, lebih baik langsung tanyakan saja padanya.

Bertanyalah dengan baik dan sopan, maka pasanganmu pun akan menjawab dan menjelaskannya secara bijak. Daripada kamu hanya menebak-nebak dan belum tentu benar adanya, malah bisa jadi akan semakin membuatmu gelisah. Jadi, langsung bertanya saja, jika ada sesuatu yang mengganjal di hati.

Jangan pernah berpikir bahwa seharusnya pasangan bisa selalu memahamimu. Sebab, kenyataannya jika kamu diam saja dan hanya berasumsi, pasanganmu gak akan pernah tahu tentang apa yang mengganjal di hatimu.

Kelancaran berkomunikasi dalam sebuah hubungan percintaan, perlu diupayakan oleh kedua pihak. Cobalah kelima tips di atas, supaya kamu dan pasangan bisa memperlancar jalannya komunikasi yang ada. Katakan sesuatu yang memang ingin kamu katakan, tapi pilihlah kata-kata yang positif, supaya enak dan nyaman untuk didengar, serta gak menimbulkan kesalahpahaman.

Selain itu, kejujuran juga perlu diutamakan, supaya satu sama lain bisa saling mengerti dan memahami. Bicaralah secara jelas, tanpa ada sesuatu yang ditutup-tutupi. Kemudian, berusahalah untuk bisa saling menghargai, saat kalian sedang membangun komunikasi. Pemilihan waktu juga menjadi hal yang penting, sebab obrolan yang kurang tepat dengan waktunya, dapat memicu pertengkaran dan mengurangi keharmonisan hubungan.

Memperlancar komunikasi dengan pasangan sebenarnya tak rumit, hanya dibutuhkan kerja sama yang baik dari kamu dan dia. Pada awalnya, memang perlu upaya, tapi saat sudah berjalan dengan baik dan lancar, komunikasi kalian dapat mendatangkan rasa bahagia.

Baca Juga: 5 Tanda Komunikasi dengan Pasangan Memburuk, Harus Segera Diatasi!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya