Comscore Tracker

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat 

Biar semangat lagi dan semakin produktif 

Apakah kamu setiap harinya menjalankan suatu pekerjaan yang sama dan itu sering membuatmu merasa bosan? Ya, itu memang hal yang wajar dan gak bisa dimungkiri oleh para pekerja.

Namun berusahalah agar jangan sampai merasa stres, karena biasanya ketika rasa bosan melanda, kamu menjadi malas untuk mengerjakan tugas sampai selesai dengan tuntas. Apabila tugas semakin menumpuk, batas waktu juga sudah dekat, akhirnya kamu menjadi susah untuk mengatur waktu beristirahat.

Meskipun seperti itu, kamu gak perlu merasa keberatan dan mengeluh setiap harinya. Apalagi sampai memiliki keinginan untuk resign dari tempat kerja. Gak perlu merasa khawatir, karena rasa bosan itu bisa diatasi, kok. Apabila kamu masih bingung bagaimana cara mengatasinya, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan dalam bekerja.

1. Atur waktu untuk beristirahat sejenak 

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat ilustrasi beristirahat (pexels.com/ArtHouse Studio)

Terkadang karena terlalu banyak pekerjaan dan fokusmu hanya pada hal tersebut, biasanya membuatmu melupakan waktu untuk beristirahat. Ketika kamu merasa lelah sebaiknya aturlah waktu bekerja dan beristirahat. Luangkanlah waktu agar pikiran dan badanmu bisa istirahat sejenak. Jika kamu tetap memaksakan diri bekerja, maka rasa bosan akan semakin terasa dan mengakibatkan produktivitasmu akan menurun.

Cobalah saat sedang bekerja dan kamu merasa lelah, istirahatlah sejenak, kurang lebih 30 menit. Gunakan waktu tersebut untuk menyegarkan pikiranmu, kamu bisa berjalan-jalan ke luar agar bisa menghirup udara segar, atau melihat pemandangan luar sebentar sambil minum kopi di dalam ruangan kerja. Dengan begitu, semangatmu akan muncul kembali.

2. Mencari penyebab dari rasa bosan 

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat ilustrasi berpikir (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Setiap rasa bosan yang datang ketika kamu sedang bekerja, pasti selalu ada penyebabnya. Cobalah mencari tahu apa saja hal-hal yang membuatmu merasa bosan secara lebih detail lagi. Apakah disebabkan oleh tugas yang terus menumpuk? Batas waktu yang terlalu cepat? Lingkungan kerja yang kurang mendukung? Atau rekan kerja yang kurang menyenangkan?

Jika kamu sudah dapat mengetahui dan mengidentifikasi penyebab rasa bosan dalam bekerja secara detail, maka kamu pun juga akan mampu menemukan solusi yang paling tepat untuk mengatasinya.

Misalnya, pekerjaan setiap hari selalu menumpuk sampai kamu bingung mau mengerjakan yang mana dulu. Nah, cobalah rapikan dan pilih lagi mana yang paling prioritas untuk segera diselesaikan itulah yang harus kamu kerjakan terlebih dulu.

3. Melakukan hal-hal yang menyenangkan 

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat ilustrasi orang bekerja sambil mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika rasa bosan melanda di saat kamu sedang fokus bekerja, maka sebaiknya jangan mengeluh, namun lakukanlah kegiatan yang bisa membuatmu merasa senang. Misalnya, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sambil mendengarkan musik favorit, atau bisa juga sambil makan camilan. Apa pun yang kamu sukai, lakukanlah untuk menambah semangat dalam bekerja.

Cara ini juga tergantung dari caramu dalam bekerja dan kebiasaanmu selama ini. Apabila kamu adalah tipe orang yang saat bekerja itu gak bisa fokus jika mendengar suara, maka fokuslah saja pada hal-hal yang sedang kamu kerjakan. Kuncinya adalah lakukan sesuatu yang bisa benar-benar membuat kamu nyaman.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Jenuh Duduk Menatap Layar Komputer

4. Mendekorasi ruang kerjamu 

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat ilustrasi dekorasi ruangan kerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Satu hal yang perlu kamu tahu bahwa bekerja dengan suasana ruang kerja yang sama dalam jangka waktu yang lama itu bisa menimbulkan rasa bosan, lho. Oleh karena itu, jika kamu ingin suasana kerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, cobalah untuk mendekorasi tempat kerja kamu. Desainlah sesuai dengan keinginanmu.

Misalnya, kamu saat ini sedang bekerja dari rumah, maka cobalah mendekorasi ruang kamar atau ruang kerja pribadimu di rumah. Rapikan barang-barang agar gak berantakan, buanglah barang yang memang gak kamu gunakan lagi. Desain ruang kerjamu semenarik mungkin. Dengan begitu, mood kamu dalam bekerja pasti akan terus meningkat dan gak akan merasa bosan lagi.

5. Nikmatilah pekerjaanmu 

5 Tips Usir Kebosanan dalam Bekerja, Atur Waktu Istirahat ilustrasi bekerja dengan rasa senang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Jangan jadikan sebuah tugas atau pekerjaan sebagai beban, cobalah untuk ikhlas dalam menjalaninya. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari rasa bosan dan stres. Jadi, cobalah untuk menikmati pekerjaanmu dan jalani dengan santai, supaya kejenuhan juga bisa diminimalkan.

Hal-hal yang kamu rasa berat saat sedang bekerja, seperti tugas yang selalu menumpuk, cobalah nikmati saja. Kerjakan satu per satu, anggap saja itu adalah proses yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan. Pada dasarnya, sukses itu memang membutuhkan perjuangan. Jadi, memang gak bisa instan dan gak mudah meraihnya.

Kuncinya adalah nikmati pekerjaanmu dan atur waktu untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk bekerja apabila kamu sudah merasa lelah. Percayalah itu gak akan ada hasil dan manfaatnya, justru akan semakin merugikanmu. Yuk, belajar mengatur waktu bekerja lebih baik lagi dan peduli juga terhadap kesehatan fisik serta mentalmu.

Baca Juga: 5 Tantangan yang Dihadapi Freelancer, Waspadai Rasa Bosan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya