Comscore Tracker

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Sama

Belajar turunkan ego agar pertengkaran tak terulang 

Setiap hubungan percintaan memang akan selalu ada pertengkaran di dalamnya. Bukan hal yang buruk juga, karena dari pertengkaran tersebut. Hubungan kalian bisa naik tingkat, apabila berhasil menyelesaikan konflik dengan baik. Justru hal itu akan menambah rasa cinta di hati masing-masing, lho.

Namun, bagaimana jika pertengkaran yang terjadi disebabkan oleh masalah yang hanya itu-itu saja? Sering sekali terjadi pada kebanyakan pasangan selalu meributkan masalah yang sama. Hal tersebut bisa disebabkan karena satu sama lain belum memahami bagaimana seharusnya komunikasi dalam hubungan itu dibangun dengan baik.

Komunikasi tersebut sering memicu terjadinya pertengkaran yang berulang akibat masalah yang sama dan gak pernah terselesaikan. Nah, lalu bagaimana agar hubungan tetap harmonis? Caranya adalah dengan mencari cara untuk menyelesaikan masalah yang itu-itu saja saat kalian bertengkar. Yuk, simak lima cara berikut saat kamu dan pasangan selalu meributkan hal yang sama.

1. Belajar menurunkan ego 

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Samailustrasi berbicara dengan lembut (pexels.com/Mikhail Nilov)

Saat seseorang sedang bertengkar, memang biasanya akan sulit untuk bisa mengendalikan emosi. Jadi, biasanya cara berkata-katanya akan terdengar keras karena mengikuti ego yang naik saat sedang marah. Itu hal yang wajar. Namun, jika kamu ingin masalah yang terjadi dapat selesai dengan baik.

Berusahalah untuk menurunkan ego, sehingga suara kamu pun akan terdengar lembut dan itu lebih menenangkan. Bicaralah dari hati ke hati bersama pasangan. Apapun penyebabnya, intinya adalah supaya kalian bisa menemukan cara untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Bukan saling mempertahankan ego masing-masing.

Jika masalah yang sama terjadi selalu berulang kali menimbulkan pertengkaran dengan pasangan. Maka, ada baiknya kalian juga belajar untuk meningkatkan rasa empati, agar bisa melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang.

2. Menyadari bahwa solusi dari permasalahan itu butuh proses untuk menemukan yang tepat 

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Samailustrasi berbicara untuk menemukan solusi (pexels.com/August de Richelieu)

Setiap pasangan yang sedang bertengkar juga pasti menginginkan menemukan solusi untuk menyelesaikan masalahnya dengan cepat. Namun, kamu perlu menyadari juga bahwa untuk menemukan solusi pada masalah yang terjadi, tentu membutuhkan proses dan waktu. Gak semua masalah bisa diselesaikan dengan cepat dan langsung tuntas.

Apabila pertengkaran yang terjadi karena masalah yang sama dan itu terus berulang. Sebaiknya, kamu dan pasangan perlu menemukan solusi bersama. Jika sudah terjadi seperti itu, maka kalian belajarlah untuk menerima dan mengikhlaskan rasa sakit hati. Sehingga, saat masalah tersebut muncul, hal itu bukan lagi menjadi sesuatu yang harus diperdebatkan.

Baca Juga: 5 Tanda jika Pertengkaran dalam Hubunganmu Bernilai Positif

3. Jangan terus saling menyalahkan 

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Samailustrasi sikap saling menyalahkan (pexels.com/Yan Krukov)

Saat terjadi pertengkaran pada hubungan, memang kebiasaan saling menyalahkan gak bisa terelakkan. Namun, berusahalah untuk menghindari itu. Sadarilah bahwa saling menyalahkan untuk mempertahankan ego pendapat pribadi itu bukanlah solusi yang tepat. Yang akan terjadi justru masalah semakin membesar.

Berpikirlah secara jernih dan jangan sampai pikiran serta hati tertutup oleh keegoisan masing-masing. Apabila faktanya, memang pasangan kamu yang bersalah. Sebaiknya, bersikaplah bijak untuk gak terus menyalahkannya dengan menuduh macam-macam serta berkata kasar padanya.

4. Tumbuhkan kembali rasa kasih sayang di antara kalian 

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Samailustrasi pasangan saling menyayangi (pexels.com/Olya Kobruseva)

Ketika setiap hari kalian selalu meributkan masalah yang sama, itu akan membuat hubungan menjadi hambar. Hal tersebut juga menyebabkan rasa ketertarikan pada pasangan akan berkurang. Oleh karena itu, cobalah untuk saling menumbuhkan rasa cinta dan sayang di antara kalian. Ingatlah saja tentang hal-hal apapun yang membuat kamu jatuh hati pada pasangan.

Dengan begitu, kalian akan berusaha untuk membahagiakan satu sama lain. Jadi, gak akan mempermasalahkan hal-hal yang sama setiap kali bertengkar. Karena kamu dan dia sudah menyadari bahwa hal itu bisa menyakiti hati pasangan. Cobalah memberikan perhatian-perhatian kecil, seperti menyapanya setiap pagi hari atau mengajaknya rutin berkencan setiap akhir pekan.

5. Bicarakan semua masalah yang terjadi secara bersama 

5 Cara Atasi Pertengkaran dengan Pasangan Akibat Masalah yang Samailustrasi pasangan sedang berdiskusi (pexels.com/Samson Katt)

Apakah kamu sudah sering mendiskusikan masalah setiap kali terjadi pertengkaran? Sepertinya belum, ya. Karena jika kalian sering mendiskusikan masalah yang memicu pertengkaran, pasti masalah yang sama gak akan kembali terulang. Apapun masalahnya, baik itu besar atau kecil. Ada baiknya kalian berdiskusi bersama agar menemukan solusi yang tepat.

Beri kesempatan kepada kedua belah pihak untuk mengungkapkan apa yang dirasa. Apabila ternyata kalian berbeda pendapat. Tetap hargai dan diskusikanlah agar menemukan jalan tengahnya. Sehingga, kamu dan pasangan tetap merasa nyaman menjalani hubungan.

Sebenarnya, permasalahan yang terjadi dalam hubungan asmara, itu baik untuk meningkatkan keharmonisan antara kamu dan dia. Pastinya jika kalian mampu menyelesaikannya dengan baik. Cobalah kelima cara di atas, agar kalian gak terus-menerus bertengkar dan meributkan masalah yang sama. Intinya adalah belajar lagi untuk berkomunikasi dengan baik dan selalu mendiskusikan bersama setiap permasalahan yang terjadi.

Baca Juga: 10 Kosakata tentang Cinta dan Kasih Sayang dalam Bahasa Sunda

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya