Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier 

Jangan sampai menghalangi diri untuk tampil maksimal 

Memiliki rasa malu itu wajar, namun jika berlebihan itu gak baik juga. Banyak orang yang masih sering merasa malu dan kurang percaya diri atas dirinya sendiri. Misalnya, saat menghadiri acara pertemuan dan acara penting lainnya, hal ini berpotensi membuat kariermu sulit berkembang.

Rasa malu yang berlebihan itu akan menghambat perjalanan kariermu. Hal tersebut bisa menyebabkan kamu menutup diri dari orang lain, malu untuk berbicara dan berdiskusi, serta membuat kamu gak yakin dengan kemampuan diri. Jika gak segera diatasi, hal ini akan membuatmu gak bisa menentukan tujuan hidup.

Mengatasi rasa malu memang bukan hal yang mudah dan instan. Akan tetapi, jika kamu benar-benar mempunyai tekad yang kuat, kamu akan mampu meminimalkannya dan jadi lebih percaya diri. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Beranikan diri untuk melakukan hal-hal yang membuatmu merasa malu

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier ilustrasi berbicara di depan umum (pexels.com/mentatdgt)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai saja dulu, meski dari hal-hal yang sederhana. Beri tantangan pada diri untuk mulai berani melakukan sesuatu hal yang selama ini kamu merasa malu akan hal itu.

Misalnya, kamu malu berbicara di depan umum. Targetkan pada diri bahwa setiap hari kamu harus berani untuk memulai pembicaraan kepada siapa saja. Kemudian, jika kamu mendapatkan kesempatan untuk berbicara di depan umum, terima saja. Jangan langsung kamu tolak. Justru ini adalah kesempatanmu untuk berlatih agar gak malu lagi. Oleh karena itu, lakukan persiapan pada hari sebelumnya dengan baik.

2. Cari tahu hal-hal yang menyebabkanmu merasa malu 

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier ilustrasi merenung (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Coba kenali lagi dan cari tahu penyebab dari kamu merasa malu. Jika mengetahui apa yang jadi penyebabnya, maka kamu pun akan mudah untuk mengatasinya. Misalnya, rasa malu itu karena kamu merasa punya penampilan yang kurang menarik.

Jika seperti itu, langkah selanjutnya adalah kamu bisa mencari tahu cara agar bisa berpenampilan menarik dan membuat orang kagum padamu. Gak perlu yang aneh-aneh, sederhana saja bisa, kok. Yang terpenting adalah rasa nyaman saat kamu berpenampilan itu kuncinya.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Jangan Mengejar Cinta di Awal Membangun Karier, Kenapa?

3. Kembangkan lagi kelebihan yang kamu miliki 

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier ilustrasi belajar (pexels.com/Alena Darmel)

Percayalah, setiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing, termasuk kamu. Coba cari tahu apa saja yang menjadi kelebihanmu. Tulis semuanya secara lengkap. Misalnya, kamu termasuk tipe orang yang sangat teliti dan berhati-hati dalam mengerjakan apa pun.

Ingat selalu hal itu dan bacalah tulisanmu setiap hari. Saat kamu sedang merasa malu, pikirkan lagi tentang kelebihan yang kamu miliki. Kamu akan merasa lebih percaya diri. Jangan lupa untuk terus melatih hal-hal yang menjadi kelebihanmu agar kamu semakin berkembang dan gak akan mudah merasa malu lagi.

4. Cobalah mengubah pola pikir lamamu

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier ilustrasi berpikir (pexels.com/Anna Shvets)

Rasa malu yang kerap kamu rasakan akan menciptakan pikiran negatif setiap ada orang yang memperhatikanmu. Faktanya, itu hanyalah pikiranmu saja. Saat orang-orang sedang menatapmu, bisa saja mereka sedang memikirkan sesuatu yang gak ada hubungannya denganmu.

Inilah sebabnya, kamu harus belajar untuk mengubah pola pikir yang membuatmu malu itu supaya gak menjadi pikiran yang negatif. Jadi, kamu akan lebih tenang dan gak akan menghakimi diri sendiri. Daripada pikiran penuh dengan hal-hal yang gak pasti dan membuat stres meningkat, lebih baik fokuslah pada bagaimana caranya agar kamu bisa lebih percaya diri lagi.

5. Bersosialisasi dengan siapa saja 

5 Cara Mengatasi Rasa Malu agar Gak Jadi Hambatan dalam Berkarier ilustrasi bersosialisasi (pexels.com/fauxels)

Cara selanjutnya adalah jangan menghindari atau memberi jarak yang terlalu lebar pada hubungan sosial. Bisa dipahami jika kamu malu untuk bertemu dengan orang-orang, tapi coba mulailah pelan-pelan untuk bersosialisasi. Meski saat pertama kali kamu akan malu dan gak nyaman, tetaplah mencoba membiasakan diri berada di tengah kumpulan orang.

Pertama mungkin kamu merasa gak nyaman, tetapi lama-lama setelah kamu terbiasa semua akan terasa menyenangkan. Bersosialisasi juga punya banyak manfaat, lho. Kemampuan komunikasimu akan meningkat sehingga kamu akan menjadi lebih percaya diri dan lainnya.

Lakukan kelima cara di atas untuk mengatasi rasa malu yang kerap kamu rasakan, agar perjalanan kariermu gak terhambat. Gak mau, kan, kesuksesanmu terhambat karena sifat malumu yang berlebihan itu?

Cobalah pelan-pelan setiap hari. Berusahalah untuk mengurangi rasa malu, sehingga kamu bisa lebih percaya diri dan berani mengambil kesempatan besar. Dengan begitu, hal ini dapat membawa kamu meraih puncak karier yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Sulit Dapat Akselerasi Karier, Introspeksi yuk!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya