Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanya

Tingkatkan kualitas kerjamu dan hadapi mereka yang mencibir

Mempunyai pekerjaan yang menyenangkan akan tetap kurang rasanya jika lingkungan gak mendukung. Faktanya, produktivitasmu dalam bekerja sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat kamu bekerja. Apabila teman-temanmu bisa saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain, pasti kamu akan merasa semakin senang dan nyaman saat bekerja.

Namun, situasi di tempat kerja selalu saja ada teman-teman yang kurang membuatmu nyaman. Salah satunya adalah mereka yang hobi banget bergosip. Kemudian, apabila kamu yang menjadi bahan gosipnya, pasti suasana kerja menjadi gak nyaman lagi untukmu.

Jika gosip yang beredar tentang kamu adalah sesuatu gak benar, maka kamu harus sabar dan menguatkan mental, agar gak mengganggu performa dalam bekerja. Tenang dan gak perlu panik, ada beberapa cara cerdas tentang bagaimana mengatasi gosip miring yang menerpamu di tempat kerja. Yuk, simak lima cara berikut.

1. Jangan patah semangat, terus tingkatkan kualitasmu 

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanyailustrasi semangat bekerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Saat gosip miring menerpamu, jangan menunjukkan kepada orang lain tentang hal-hal yang mengesankan bahwa kamu lemah. Sebaliknya, kamu justru harus tampak kuat dan selalu elegan. Gosip yang gak jelas bisa saja berasal dari orang yang gak menyukaimu dan iri pada performamu.

Oleh karena itu, tetaplah semangat dan terus tingkatkan kualitasmu. Lakukan banyak hal yang bisa membuatmu tampak luar biasa. Ciptakan karya dan terobosan baru, cetaklah berbagai prestasi.

Patahkan gosip negatif tentangmu dengan cara menunjukkan bahwa kamu gak seperti yang digosipkan. Percayalah, semakin kamu berprestasi, gosip negatif pun akan menghilang dengan sendirinya.

2. Temui dan bicaralah baik-baik kepada penyebar gosip tentangmu 

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanyailustrasi berbicara (pexels.com/mentatdgt)

Jika ada gosip negatif menerpamu di tempat kerja, sebaiknya jangan kamu biarkan. Hal itu bisa menjadi batu sandungan dalam karier yang sedang kamu jalani. Carilah siapa orang yang menyebarkan gosip tentangmu dan temui dia. Ajaklah dia berbicara secara baik-baik. Jangan terpancing emosi saat menghadapinya.

Jelaskan padanya bahwa kamu merasa gak nyaman dengan berita yang gak benar tentangmu beredar. Gak perlu takut dan merasa khawatir untuk menemui dan berbicara padanya. Yang terpenting adalah tetap tenang dan berpikir dengan kepala dingin, agar gak terjadi perdebatan yang menyebabkan pertengkaran.

3. Jelaskan padanya bahwa kamu sebenarnya mengetahui juga tentang gosip yang beredar 

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanyailustrasi percakapan (pexels.com/fauxels)

Katakan pada penyebar gosip, bahwa kamu sebenarnya sudah mengetahui tentang hal itu. Beranilah dan berpikirlah yang lebih cerdas daripada mereka si penyebar berita negatif tentangmu.

Memang memerlukan keberanian dari kamu untuk mau melakukan cara ini. Tapi, ini akan lebih baik, sebelum gosip negatif semakin menyebar dan gak terkendali. Tunjukkan ke mereka, bahwa kamu gak terpengaruh dengan gosip yang beredar. Tetaplah percaya diri dan tegar dalam situasi yang gak enak ini.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Gemar Gosip di Kantor

4. Berikan fakta untuk menghapus semua gosip negatif

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanyailustrasi memberikan informasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak ingin bekerja di tengah gosip negatif terus, kan? Maka, penting untuk kamu lakukan yakni hapus semua gosip yang beredar tersebut dengan cara memberikan fakta kepada semua orang. Sepandai-pandainya orang memutar balikan fakta, kebenaran akan tetap bisa diungkap.

Saatnya kamu membungkam mereka yang iri padamu dengan fakta. Selanjutnya, jangan pernah ada niat untuk membalasnya. Tetaplah fokus dalam bekerja, tingkatkan kualitas dan teruslah berprestasi.

5. Berusaha untuk tetap merespon secara positif

5 Cara Cerdas Atasi Gosip Miring di Kantor, Buktikan Faktanyailustrasi bersikap baik (pexels.com/Mikhail Nilov)

Biasanya, orang yang suka bergosip memiliki self esteem atau percaya diri rendah, dan gak percaya diri dengan kemampuannya. Sehingga, mereka mengejek atau mencibir orang lain yang berprestasi. Dia bergosip karena iri melihat kesuksesan yang bisa kamu raih. Jadi, menyebarkan berita negatif tentangmu adalah cara dia untuk menaikkan namanya.

Kamu jangan terpancing emosi saat mendengar dan mengetahui gosip miring tentangmu. Tetaplah memberikan respon yang positif. Jangan marah dan membalas penyebar gosip itu. Namun, tunjukkan padanya bahwa kamu gak marah dan mampu memaafkannya.

Bersikap positif kepada orang yang gak menyukaimu, akan membuat mereka menyadari bahwa perbuatannya salah dan cara ini mampu membuat mereka berhenti menyebarkan berita negatif tentangmu. Jika kamu tetap baik pada mereka, percayalah rasa gak enak hati, pasti akan muncul di pikiran dan hati mereka.

Tetaplah menjadi pribadi tangguh dan semangat untuk menciptakan prestasi dalam bekerja. Gunakan waktu sebaik mungkin, jangan ikut bergosip juga seperti mereka. Teruslah belajar dan mengasah kemampuan yang kamu miliki. Selama masih ada kesempatan, berjuanglah sebaik mungkin.

Baca Juga: Biar makin Betah, Terapkan 5 Hal Ini saat Bekerja di Kantor

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya