Comscore Tracker

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaik

Percayalah, kamu sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa

Kemampuan atau kelebihan yang kamu miliki dalam diri itu disebut potensi. Potensi akan terus dapat dikembangkan jika kamu mau mengupayakannya. Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya, namun sayangnya gak semua orang bisa menggali lebih dalam lagi untuk perkembangan dirinya.

Sebenarnya jika kamu mampu menggali potensi diri dari awal, maka kamu akan bisa memahami apa yang menjadi minat dan bakat kamu selama ini. Hal inilah yang dapat membantumu mencapai titik karier terbaik dalam pekerjaan yang kamu jalani. Untuk menggali potensi diri memang gak mudah. Bahkan, ada banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menggalinya.

Nah, kamu gak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menggali potensi diri untuk mencapai karier yang kamu inginkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ketahui dulu apa tujuan dan cita-citamu 

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaikilustrasi pengusaha sukses (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menggali kemampuan diri adalah ketahui terlebih dulu apa tujuan dan cita-cita yang kamu impikan. Gak ada yang salah jika kamu memiliki banyak cita-cita, namun sebaiknya fokuslah dulu pada satu cita-cita yang paling ingin kamu wujudkan.

Misalnya, kamu ingin menjadi pengusaha sukses. Cobalah gali potensi dirimu sejak dini. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah kamu memiliki bakat di bidang tersebut atau gak. Hal ini akan semakin meyakinkanmu lagi tentang potensi yang kamu miliki itu sesuai dengan minatmu atau belum. Jika ternyata potensi dirimu memanglah di bidang tersebut, maka selanjutnya kamu akan tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkannya.

2. Cari tahu hal-hal apa saja yang kamu sukai 

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaikilustrasi melakukan hobi (pexels.com/Michael Burrows)

Untuk menjadi seseorang yang sukses dalam karier dan hal lainnya itu terkadang gak harus cerdas dalam akademis saja, melainkan kamu cukup dengan mengetahui hal apa saja yang kamu sukai. Kemudian, asahlah lagi dan kembangkan potensi dirimu dalam bidang tersebut. Pelajari lagi dengan tekun bidang itu hingga kamu mencapai kesuksesan.

Misalnya, kamu hobi menulis, bermain musik, menggambar, memasak atau yang lainnya. Apa pun itu hobi kamu, meski terkadang terlihat remeh. Namun, percayalah jika kamu terus mengasahnya dengan tekun, maka hobi yang remeh sekalipun akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Hal tersebut dikarenakan dalam hobi yang kamu miliki, terdapat potensi diri yang menakjubkan. Potensi diri akan mengembang dengan baik, ketika kamu melakukan hal-hal yang menjadi kesukaanmu.

Baca Juga: 5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusan

3. Ketahui lebih dalam mengenai kelebihan dan kekuranganmu 

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaikilustrasi orang menulis (pexels.com/George Milton)

Salah satu cara efektif untuk menggali lebih dalam potensi diri, kamu juga perlu mengetahui terlebih dulu mengenai kelebihan dan kekuranganmu. Kamu bisa melakukannya dengan menuliskan daftar kelebihan dan kekurangan diri. Kemudian, cermati dan kenali lebih dalam tentang apa saja kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki. Hal ini membantumu mengetahui potensi dirimu yang sebenarnya.

Apabila dirasa masih kurang, kamu juga bisa bertanya kepada orang lain tentang kelebihan dan kekuranganmu. Bertanya kepada orang lain mengenai dirimu, selain kamu akan menemukan hal-hal yang selama ini gak kamu sadari tentang dirimu. Kamu juga akan mendapatkan perspektif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi diri.

Kemudian, ketika seseorang menyebutkan kekurangan dirimu, berusahalah untuk bersikap bijak dengan cara menerimanya dengan lapang dada. Jangan mudah tersinggung dengan hal tersebut, gak ada satu orang pun yang benar-benar sempurna. Jadi, penting banget bisa belajar menerima saran dari orang lain untuk menggali potensi diri lebih dalam lagi.

4. Jangan pernah merasa takut gagal 

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaikilustrasi berani mencoba kegiatan baru (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setelah kamu mengenali dirimu lebih dalam, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberanikan diri untuk menghadapi kegagalan-kegagalan yang terjadi saat kamu sedang berjuang. Yakinkan diri bahwa kegagalan itu bukanlah sebuah akhir dari perjuangan. Milikilah pandangan bahwa kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan.

Dengan begitu, ketika kamu gagal, kamu gak akan mudah putus asa dan terus semangat mencoba lagi sampai berhasil. Ubahlah pola pikirmu selama ini tentang sebuah kegagalan dengan menjadikannya sebagai sebuah hal yang wajar terjadi ketika setiap orang sedang berusaha.

Saat kamu sudah menganggap kegagalan merupakan hal yang lumrah terjadi, maka kamu gak akan pernah takut jika suatu saat mengalaminya. Jadikan kegagalan sebagai dorongan untuk terus melakukan persiapan dan memperbaiki diri, agar menjadi pribadi yang lebih tangguh lagi.

5. Gak perlu khawatir untuk menjadi berbeda 

5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaikilustrasi percaya diri (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ketika kamu memiliki kelebihan atau kemampuan diri yang berbeda dengan teman-temanmu, biasanya kamu akan merasa minder dan mengecilkan keberanian untuk mengembangkannya. Percayalah, gak perlu khawatir untuk menjadi berbeda, selagi hal tersebut positif, itu bukan sesuatu yang salah.

Misalnya, kamu menyukai dunia bisnis, sedangkan teman-teman dalam lingkungan pertemananmu lebih menyukai olahraga. Maka, kamu gak perlu merasa minder dan jangan takut jika kamu akan dianggap aneh. Justru potensi dirimu itulah yang akan menjadikanmu terlihat unik di antara mereka. Jadi, jangan ragu untuk mengembangkannya dan banggalah menjadi diri sendiri.

Kuncinya adalah konsistenlah dalam mengembangkannya dan jangan pernah takut pada sebuah kegagalan. Percaya dirilah bahwa kamu sebenarnya memiliki potensi diri yang luar biasa, bahkan lebih besar dari yang kamu ketahui saat ini. Potensi diri yang terus dikembangkan akan mengantarkanmu menuju titik puncak karier yang kamu jalani.

Baca Juga: 5 Tips Ciptakan Motivasi agar Tak Lelah Saat Mengejar Karier 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya