Comscore Tracker

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritas

Jelas, terukur, realistis dan ada batas waktunya 

Apakah kamu pernah dalam kondisi yang sibuk banget, sampai-sampai kamu gak bisa melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan? Apakah kamu pernah membuat goals tapi selalu gak bisa mencapainya?

Atau, kamu bisa mencapainya tapi waktunya di luar perkiraan? Apakah pernah juga kehilangan semangat saat usaha gak membawamu mendekat ke goals yang kamu harapkan?

Nah, kalau kamu pernah merasa seperti kondisi tersebut. Bisa jadi, ada kekeliruan dalam membuat goals. Supaya gak bingung, coba lakukan beberapa cara di bawah ini agar goals kamu bisa tercapai sesuai dengan deadline.

1. Tentukan tujuan dan prioritasnya 

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritasilustrasi menentukan tujuan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tuliskan apa saja yang menjadi goals utama kamu, dan fokuslah pada hal itu. Selain menuliskan tujuan yang jelas. Kamu juga perlu menuliskan hal-hal yang menghambat dalam mencapai tujuannya.

Supaya kamu bisa menghilangkan hal-hal yang kurang penting dari kebiasaan-kebiasaan kamu. Itu akan membuat kamu lebih fokus dan energimu juga akan lebih banyak digunakan untuk mencapai tujuan. Cara ini akan membuatmu lebih cepat dalam mencapai goals.

2. Pecahkan goals besar menjadi beberapa bagian kecil 

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritasilustrasi membuat goals (pexels.com/Gustavo Fring)

Kebanyakan orang mempunyai motivasi yang besar di awal-awal melakukan sesuatu. Namun, saat sudah berada di tengah jalan mencapai goals, sering kehilangan motivasi.

Nah, cara mengatasi hal itu adalah dengan cara membuat goals dalam jangka waktu yang pendek dulu. Misalnya, kamu ingin bisa berolahraga satu jam setiap harinya. Kamu buat dulu saja goals di bulan pertama itu olahraga selama 15 menit.

Jadi, kamu gak akan terlalu fokus pada goals besarnya. Ini akan membuatmu menjadi fokus ke goals yang kecil. Cara ini akan memotivasimu bisa tetap stabil, sampai nanti goals besarmu tercapai.

3. Fokus ke perilaku sehari-hari 

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritasilustrasi membaca (pexels.com/Armin Rimoldi)

Fokuslah ke perilakumu sehari-hari daripada ke goals kamu. Gak perlu terlalu mencemaskan dan merasa gak ada kemajuan dalam mencapai goals dan sebagainya. Lebih baik, kamu fokus pada prosesnya.

Jadi, kamu gak perlu memikirkan fokus mencapai goals-nya. Karena kalau kamu fokus pada goals-nya, biasanya menjadi lupa pada perilakumu sehari-hari.

Padahal, untuk mencapai goals, seseorang juga membutuhkan hal-hal kecil yang harus dilakukan setiap hari. Terkadang, ada juga yang terlalu cemas pada goals yang dibuatnya. Akhirnya, malah gak melakukan hal-hal kecil, yang justru bisa membuatmu mencapai goals.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

4. Menghindari hal-hal yang gak perlu dilakukan 

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritasilustrasi scroll media sosial terlalu lama (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang, saat fokus mencapai goals, kebanyakan orang selalu fokus ke hal-hal yang harus dilakukan. Misalnya, belajar, bekerja, olahraga dan lainnya.

Jadi, kamu juga perlu fokus ke hal-hal yang gak perlu kamu lakukan. Semua hal yang gak penting itu dihindari saja. Caranya adalah dengan menjauh dari hal-hal tersebut. Ini akan membuatmu bisa lebih fokus dan terarah.

5. Tentukan batas waktunya 

5 Cara Menyusun Goals Sesuai Deadline, Tentukan Prioritasilustrasi menentukan batas waktu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penting untuk kamu menentukan batas waktunya. Ini supaya kamu gak terlalu lama mencapainya. Gunakan waktu secara efektif, supaya kamu juga bisa lebih produktif.

Kebiasaan menunda-nunda bisa kamu atasi dengan cara ini. Kamu akan menjadi pribadi yang terlatih untuk selalu berdisiplin.

Cobalah untuk tetap fokus dan konsisten dalam mencapai goals. Supaya bisa tepat waktu, kamu juga perlu membuat goals yang jelas, terukur, realistis dan jangan lupa buat batas waktunya.

Memang sulit, tapi dengan tekad yang kuat dan disiplin itu akan membuahkan hasil yang membahagiakan.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Mengerjakan Tugas Agar Gak Lewat Deadline

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya