Comscore Tracker

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Saja

Jaminan karier cemerlang di masa depan bisa kamu dapatkan 

Bersikap profesional di tempat kerja membuatmu selalu dituntut agar mampu bekerja lebih baik lagi. Namun, seiring berjalannya waktu dalam masa kerja, terkadang sikap ini hanya menjadi slogan saja. Pada sikap profesional mampu membuatmu mudah beradaptasi dengan berbagai macam kondisi dan berbagai perubahan yang akan terjadi di masa depan.

Karyawan yang memiliki sikap profesional akan bertanggung jawab atas segala tugas yang diberikan kepadanya. Dia tahu bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja maupun pihak yang lainnya. Sikap profesional ini tentu akan membawa dampak baik bagi dirinya secara pribadi dan perusahaan tempatnya bekerja.

Apabila kamu ingin mempertahankan sikap profesional dalam bekerja, tapi masih bingung bagaimana caranya, jangan khawatir. Kamu bisa memiliki dan mempertahankan sikap profesional di mana pun kamu bekerja dengan menerapkan lima cara berikut ini.

1. Bertutur kata yang baik dan jangan bergosip 

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Sajailustrasi karyawan sedang mengobrol (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk bisa bersikap profesional dalam bekerja, berusahalah untuk gak berbicara dengan kata-kata kasar, apalagi sampai bergosip tentang rekan kerja atau hal lainnya. Jika melakukannya, kamu akan terlihat kurang baik di mata atasan maupun rekan kerja. Tunjukkanlah sikap profesional di lingkungan perusahaan tempat kamu bekerja.

Jaga tutur katamu agar tak mengeluarkan kata-kata kasar yang bisa saja menimbulkan pertengkaran. Berusahalah juga untuk menghindari rekan kerja yang hobi bergosip tentang masalah pribadi maupun masalah yang ada di perusahaan.

Apabila kamu terpaksa berada dalam satu lingkungan dengan mereka yang suka bergosip, hindari untuk ikutan dan memberikan komentar. Lebih baik diam dan dengarkan saja. Dengan begitu, kamu telah berusaha menjaga sikap profesional di tempat kerja.

2. Jangan selalu mengeluhkan pekerjaan atau masalah pribadi 

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Sajailustrasi karyawan sedang berdiskusi (pexels.com/Alena Darmel)

Seorang karyawan yang bekerja setiap hari, memang akan ada saja hal-hal yang membuatnya lelah dan kesal. Namun, jangan biarkan rasa itu diketahui oleh rekan kerjamu.

Mungkin hari itu kamu terlambat masuk kerja akibat terjebak macet atau mengalami hal buruk lainnya. Nah, berusahalah tetap menjaga sikap profesional dengan cara jangan membiarkan hal buruk tersebut membuat semangat bekerjamu turun.

Tenangkan pikiran agar sebelum masuk kantor untuk bekerja, hal buruk yang menimpamu tadi sudah selesai dengan baik, sehingga kamu bisa tetap fokus saat bekerja. Dengan begitu, kamu gak akan mengeluh di depan rekan kerjamu.

Nah, untuk lebih menaikkan semangat, jika kamu mampu cobalah jadikan hal buruk tadi sebagai sebuah candaan saat sedang istirahat makan siang. Hal ini gak akan membuatmu kesal, tapi justru membuatmu dan rekan kerja lainnya bisa tertawa bersama.

Ini tentu akan membuat lingkungan kerja menjadi semakin positif, daripada kamu mengeluh malah akan membuat semangat kerja turun dan itu juga bukanlah sikap orang profesional.

Baca Juga: 5 Cara Profesional Mendapatkan Perhatian Atasan, Bukan Cari Muka

3. Miliki keterampilan lebih dalam bidang yang lain 

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Sajailustrasi berbicara di depan umum (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Seorang karyawan yang diterima bekerja pada sebuah perusahaan itu karena ia memenuhi persyaratan keahlian yang dibutuhkan sesuai dengan posisi yang dilamarnya.

Namun, jika kamu memiliki keterampilan lain itu akan menjadi nilai lebih. Oleh karena itu, teruslah belajar dan mengembangkan keterampilan dalam berbagai bidang, agar kamu menjadi orang yang berkompeten di bidang tersebut.

Apabila memiliki keterampilan lebih dalam bidang yang lain, kamu akan selalu sudah siap dan mampu melakukannya ketika perusahaan tempatmu bekerja membutuhkanmu untuk mengerjakan tugas lain tersebut.

Misalnya, kamu bekerja sebagai arsitek, tapi kamu memiliki keahilan public speaking yang mumpuni. Nah, suatu hari perusahaanmu mengadakan acara dan membutuhkan pembawa acara, tentu kamu bisa diandalkan dan dipercaya memegang peranan tersebut. Dengan begitu, selain menunjukkan sikap profesional, kamu juga bisa mendapatkan nilai lebih di mata atasan serta rekan kerja.

4. Memiliki tujuan pribadi yang ingin dicapai  

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Sajailustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah menjadi kewajaran dari seorang karyawan untuk berjuang mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Namun, sebagai orang yang berkualitas dan memiliki sikap profesional, kamu juga harus memiliki tujuan pribadi yang harus dicapai dalam bekerja.

Tujuan tersebut bisa berupa hal-hal yang membuatmu semakin termotivasi untuk bekerja dengan baik. Misalnya, tujuan agar kemampuan diri terus meningkat, mampu mempelajari hal-hal baru, atau memiliki karier yang cemerlang dan posisi yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan bersungguh-sungguh saat bekerja. Hal ini akan mampu mempertahankan sikap profesional di tempat kerja dan melancarkan perjalanan kariermu untuk lebih baik lagi.

5. Menjadi pribadi yang jujur 

5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Sajailustrasi karyawan sedang mengobrol (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kejujuran merupakan aspek yang penting bagi seorang karyawan, apa pun itu jabatan yang ditempatinya. Orang yang berkepribadian jujur dan berkarakter baik sudah pasti dia memiliki integritas yang tinggi.

Orang yang berintegritas tinggi adalah orang yang selalu bisa konsisten dalam bekerja, konsisten dengan prinsip yang baik dan memiliki nilai serta berkualitas yang gak diragukan lagi.

Oleh karena itu, dalam upaya mempertahankan sikap profesional dalam bekerja, sikap ini perlu dan penting untuk kamu miliki. Sikap ini akan berdampak positif bagi siapa saja.

Bagi seorang pimpinan yang memiliki integritas bisa dijadikan sebagai pegangan dalam mengambil suatu tindakan. Begitu juga bagi seorang karyawan, memiliki integritas dapat membuat dirinya semakin baik dalam bekerja dan itu tentu memperkokoh perusahaan.

Dengan sikap jujur, antara pimpinan dan karyawan maupun sesama rekan kerja akan saling percaya, sehingga tak lagi mencurigai satu sama lain.

Menjadi orang yang konsisten bersikap profesional memang gak mudah. Oleh karena itu, tak mungkin segala sesuatu yang kamu capai dengan sebuah perjuangan, namun gak menghasilkan manfaat baik.

Jika kamu sudah bersikap profesional dalam bekerja, pasti akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang kamu dapatkan, salah satunya karier yang cemerlang di masa depan.

Baca Juga: 5 Dampak dari Sifat Tidak Profesional selama Bekerja, Jangan Begini!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya