Comscore Tracker

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisah

Supaya kamu bisa tetap bersikap profesional

Hati seseorang gak ada yang pernah tau, apakah saat itu kamu sedang bahagia atau sedih. Kamu pasti juga ada kalanya merasa sakit hati, kecewa atau emosi negatif yang lainnya. Ketika suasana hati sedang gelisah tak menentu, tapi deadline pekerjaan sudah di depan mata. Akhirnya, kamu pun harus tetap bekerja dengan suasana hati yang sedang berantakan.

Kondisi tersebut bisa menjadi suatu situasi yang sulit untuk kamu atasi. Misalnya, saat kamu baru putus cinta, sedih kehilangan saudara atau kejadian yang menyedihkan lainnya.

Namun, di saat itu juga kamu tetap harus menunjukkan profesionalitas dalam bekerja. Bukan hanya sedih saja yang bisa kamu rasakan, tapi stres pun gak bisa terhindarkan. Lalu, bagaimana untuk bisa mengatasinya? Yuk, simak lima tips berikut.

1. Jika memang ingin menangis, jangan ditahan 

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisahilustrasi menangis (pexels.com/cottonbro)

Apabila kamu sudah merasa sangat tertekan dengan keadaanmu, tak apa-apa untuk menangis sejenak. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih lega setelah menangis. Jangan pernah memendam perasaan sakit di dalam hati. Itu malah bisa menambah beban pikiran dan semakin stres nantinya.

Jika kamu menangis dan mengeluarkan air mata, maka rasa sesak yang ada di dada bisa berkurang. Dan akhirnya, kamu pun akan merasa lebih nyaman. Perlu kamu ketahui juga, bahwa dengan menangis saat ada masalah atau kesedihan yang lain, ternyata menangis ampuh meredakan rasa stres yang ada.

2. Hindari hal-hal yang bisa mengganggumu

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisahilustrasi memegang ponsel (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sedih memang bisa membuat fokus menjadi berantakan. Fokus pada diri maupun pekerjaan juga menjadi kacau. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menjauhi berbagai hal yang bisa memecahkan fokus dan konsentrasimu.

Untuk menjaga semangat bekerja meski hati gelisah, kamu bisa melakukan hal-hal yang positif di ruang kerja. Misalnya, menata desain dan merapikan meja serta ruangan kerja kamu. Sehingga, fokusmu saat sedang bekerja bisa tetap di jalurnya dan gak memikirkan hal-hal lain yang kurang penting.

3. Buatlah daftar tentang pekerjaanmu 

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisahilustrasi menulis (pexels.com/George Milton)

Agar tetap fokus dan semangat dalam bekerja, kamu perlu menuliskan tentang hal-hal apa saja yang harus dikerjakan. Tulislah juga mengenai deadline-nya. Tulis juga apa saja jenis pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Percayalah, memang sedikit merepotkan di awal, karena harus menuliskannya secara detail. Namun, dengan melakukan hal ini, setidaknya pikiran negatif yang sedang ada dalam pikiranmu akan lebih memiliki arah teratur. Sehingga, kamu bisa bekerja dengan baik dan maksimal.

Baca Juga: 5 Sikap Profesional Hadapi Senioritas, agar Kamu Betah Kerja

4. Curhatlah ke teman atau orang lain yang bisa kamu percaya 

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisahilustrasi bercerita (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Jika semua hal sudah dilakukan, dan bekerja juga masih kurang fokus. Gak masalah, jika kamu ingin berbagi cerita ke teman, saudara atau siapa saja yang bisa kamu percaya. Ini akan sangat melegakan daripada hanya menyimpan di dada terus, lho. Coba saja lakukan.

Meski bagaimanapun, saat suasana hati sedang gelisah tak menentu, semangat bekerja juga pasti akan terus menurun. Inilah sebabnya mengapa kamu perlu seseorang untuk bisa berbagi cerita tentang kesedihan yang tengah kamu rasakan. Urailah permasalahanmu satu per satu, supaya gak semakin sesak di dada.

5. Fokuslah pada satu hal yang sedang kamu kerjakan 

5 Tips agar Tetap Semangat Kerja meski Hati Gelisahilustrasi bekerja dengan fokus (pexels.com/Anthony Shkraba)

Fokuskan perhatian hanya pada satu hal yang sedang kamu lakukan. Jika satu hal itu sudah selesai, baru kamu melanjutkan untuk mengerjakan hal lainnya sampai semua selesai dengan baik.

Memang gak mudah, namun cobalah pelan-pelan latih fokusmu pada satu hal yang saat itu sedang kamu kerjakan. Hal ini akan membuatmu gak terlalu memikirkan kekhawatiran dan hal-hal lain yang mengganggu fokusmu dalam bekerja karena hati sedang berantakan.

Semoga kelima tips di atas bermanfaat dan bisa membuatmu tetap fokus serta bersemangat dalam bekerja. Meskipun, suasana hati saat itu sedang gelisah dan berantakan. Jangan lupa setelah bekerja sempatkan waktu untuk beristirahat yang cukup, agar tenaga dan pikiran kembali segar.

Ketika pekerjaan menumpuk, dan hati sedang gak baik-baik saja. Tetaplah berusaha tenang dan kendalikan keadaan. Masih harus bekerja di saat emosi diri berantakan, tentu akan membuat situasi menjadi semakin rumit. Gak mau pekerjaanmu tergantikan oleh orang lain, bukan? Tetaplah semangat dan jangan panik.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Profesionalitas Pekerjaan di Kantor, Etos Kerja Baik!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya