Comscore Tracker

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaan

Kenyamanan tak selalu berkaitan dengan pendapatan

Dunia kerja itu sama seperti kehidupan sehari-hari. Pastinya tak pernah terlepas dari yang namanya masalah.

Tuntutan yang terasa terus menekan dalam bidang pekerjaan yang kamu jalani, terkadang membuatmu kewalahan, hingga ingin menyerah saja dan berujung pada meninggalkan pekerjaan tersebut.

Meskipun, pendapatan yang didapatkan begitu besar, tapi jika dijalani terasa melelahkan dan menekan pikiran, tentu saja kamu gak akan merasa nyaman. Tapi, untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai denganmu juga pastinya gak mudah, kan? Untuk itu, ketahuilah beberapa faktor berikut ini, yang bisa membuatmu nyaman dan bertahan di sebuah pekerjaan.

1. Lingkungan kerja yang menyenangkan 

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaanilustrasi suasana lingkungan kerja yang nyaman (pexels.com/Jopwell)

Faktor lingkungan, baik dalam kehidupan, pertemanan, termasuk juga pekerjaan, itu merupakan faktor yang sangat memengaruhi kenyamanan seseorang. Maka, ciptakanlah suasana lingkungan yang menyenangkan, agar kamu bisa nyaman saat bekerja dan bertahan lama di dalam bidang pekerjaan tersebut.

Lingkungan pekerjaan yang nyaman adalah salah satu faktor yang bisa membuat karyawannya semakin produktif dalam bekerja. Semakin produktif, maka akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan untuk perusahaan. Sebanyak apa pun tugas pekerjaannya, jika lingkungan mendukung, maka kinerjamu pasti akan meningkat.

2. Atasan yang bijaksana 

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaanilustrasi pimpinan yang sedang mengarahkan karyawannya (pexels.com/Yan Krukov)

Semua karyawan dalam sebuah perusahaan, pasti menginginkan atasan yang baik dan bijaksana. Atasan yang seperti itu, akan mendorong karyawannya untuk bekerja lebih baik dari hari ke hari.

Kamu juga akan semakin berkembang, karena atasan yang bijaksana, akan terus berusaha membimbing karyawannya dengan sebaik mungkin. Atasan yang baik, tak pernah menuntut karyawannya secara berlebihan. Semua akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Selain itu, dia juga gak akan membuatmu merasa tertekan saat sedang bekerja. Tentu saja faktor karakter atasan, juga menjadi hal yang bisa membuat karyawan merasa nyaman dan memutuskan untuk terus bertahan.

Baca Juga: 5 Cara Menerima Pekerjaan yang Tak Membuatmu Nyaman, yuk Lakukan!

3. Rekan kerja yang asyik dan bisa bekerja sama dengan baik 

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaanilustrasi hubungan baik dengan rekan kerja (pexels.com/fauxels)

Faktor berikutnya yang bisa membuat seseorang merasa nyaman dan mau bertahan di sebuah pekerjaan, yaitu rekan kerja yang baik dan bisa diajak bekerja sama. Memiliki rekan kerja yang asyik dan bisa saling mendukung kinerja masing-masing, pasti sangat mampu membuatmu nyaman di sebuah pekerjaan.

Untuk bisa mendapatkan rekan kerja yang seperti ini, maka mulailah dari dirimu sendiri. Bersikap ramah dan baiklah kepada siapa saja yang kamu temui, sikap positif akan membuatmu disenangi rekan kerja, sehingga hubungan pertemanan di tempat kerja bisa harmonis dan akrab satu sama lain.

4. Jarak lokasi bekerja dengan rumah yang tak terlalu jauh 

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaanilustrasi orang sedang dalam perjalanan (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Faktor tempat bekerja dengan rumah yang tak terlalu jauh, juga menjadi salah satu hal yang membuatmu bisa selalu merasa nyaman dan betah untuk tetap bertahan. Lokasi memang memengaruhi kinerja seseorang, jika lokasi bekerja terlalu jauh, maka kamu bisa lelah sebelum bekerja.

Untuk itu, jika jarak rumah ke tempat kerja terlalu jauh, maka ada baiknya kamu menyewa tempat tinggal sementara yang jaraknya berdekatan. Jarak lokasi yang berdekatan, akan membuatmu tetap berenergi selama bekerja.

Selain itu, biaya transportasinya juga gak akan membuat kantongmu menjadi boros. Bisa menghemat untuk menabung, kan?

5. Memberikan kebebasan untuk karyawannya dalam berekspresi 

5 Faktor yang Bikin Kamu Nyaman dan Bertahan di Sebuah Pekerjaanilustrasi bebas berekspresi dalam bekerja (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Setiap perusahaan memang memiliki peraturannya masing-masing, dan itu perlu kamu patuhi. Namun, bukan berarti semua hal terikat dengan peraturan.

Faktor tempat kerja yang tetap memberikan ruang berekspresi untuk karyawan, merupakan hal yang bisa membuat nyaman. Maka, sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya kamu mengetahui banyak hal dulu terkait pekerjaanmu.

Carilah informasi apakah di perusahaan tersebut memberikan kebebasan untuk karyawannya berekspresi dengan tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Bukan tanpa alasan, sebab setiap orang memiliki cara bekerjanya masing-masing, faktor ini sangat memengaruhi tingkat produktivitasmu dalam bekerja nantinya.

 

Ingin merasa nyaman dan tetap masih mau bertahan di tempat bekerja sekarang? Perhatikanlah beberapa faktor di atas, usahakan agar bidang pekerjaan yang kamu jalani, dapat memenuhi kelima faktor tadi. Ketika faktor kenyamanan dalam bekerja terpenuhi, maka kinerjamu akan semakin meningkat.

Tak hanya menguntungkan bagi perusahaan, tapi bagi dirimu sendiri pun juga. Bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan, serta kemampuan yang kamu miliki juga akan semakin berkembang.

Sekarang, kamu sudah mulai tercerahkan, bukan? Bahwa faktor yang bisa membuat seseorang bertahan dalam suatu bidang pekerjaan, itu gak selalu tentang pendapatannya saja, melainkan faktor kenyamanannya juga.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Pekerjaan yang Dirasa Kurang Nyaman Jadi Lebih Fun

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya