Comscore Tracker

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusan

Sukses bukan semata karena jurusan, namun semangat

Apakah saat ini kamu sedang menjalani karier, namun gak sesuai dengan jurusanmu? Di zaman sekarang ini persaingan dunia kerja memang sangat ketat. Banyak orang yang akhirnya mengambil pekerjaan yang gak sesuai dengan jurusan di saat sekolah atau kuliah dulu. Jika seperti itu, maka kamu harus belajar lagi mulai dari awal.

Namun, gak perlu berkecil hati, karena banyak orang yang bekerja gak sesuai dengan jurusannya, mereka masih bisa meraih kesuksesan yang sama, bahkan lebih sukses lagi. Pada dasarnya kesuksesan itu gak hanya ditentukan oleh jurusan yang kamu ambil saat masa kuliah dulu. Berikut lima faktor yang menjadi penentu dalam menjalani karier, agar semakin cemerlang, meski gak sesuai dengan jurusan.

1. Memiliki semangat yang membara 

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusanilustrasi semangat bekerja (pexels.com/Anthony Shkraba)

Asalkan kamu mau berusaha dan bekerja keras, pasti kesuksesan bisa kamu raih dalam bidang apa pun yang sedang kamu tekuni. Kegigihanmu dalam bekerja jika terus dilakukan maka segala hal negatif seperti, stres, kesulitan, takut akan kegagalan, dan hal-hal yang tidak pasti akan mampu kamu tepis. Salah satu ciri khas dari orang sukses adalah memiliki semangat yang membara.

Apabila kamu merasa kurang ahli dalam suatu bidang pekerjaan, namun kamu memiliki semangat yang gak pernah padam. Maka, segala jenis tantangan akan mampu kamu taklukan. Untuk bisa memiliki semangat dalam bekerja, tentu kamu harus terus gigih dalam menjalaninya. Gak bisa instan memang, semua membutuhkan proses. Jadi, cobalah latih hal ini setiap hari secara bertahap, ya.

2. Belajar untuk bisa beradaptasi dalam situasi apa pun 

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusanilustrasi sebuah rapat kerja (pexels.com/farhan gulistan)

Kamu akan bertahan dan memiliki karier yang terus meningkat, apabila kamu mampu beradaptasi dalam segala situasi. Misalnya, ketika ada acara rapat bersama dengan bagian lain di perusahaanmu, maka menyapalah rekan kerja yang lain dan bergabunglah. Hal ini memang terdengar biasa saja, namun untuk melakukannya ternyata gak semudah yang kamu pikirkan, lho.

Untuk bisa beradaptasi dalam berbagai situasi, mulai sekarang belajar dan latihlah diri kamu untuk bisa merasa nyaman di tempat yang kurang memberi kenyamanan untukmu.

Bagaimana cara melatihnya? Terima berbagai kesempatan yang ditawarkan kepadamu, cobalah hal itu dan apabila kamu mengalami kegagalan, jangan langsung putus asa. Teruslah semangat mencobanya kembali.

3. Jadilah orang yang selalu berinisiatif 

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusanilustrasi berinisiatif dalam bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Meskipun pekerjaanmu saat ini gak sesuai dengan jurusan saat kuliah dulu. Bukan berarti kamu harus diam dan mengikuti segala perintah pimpinanmu. Beranikan dirilah untuk berinisiatif terlebih dulu. Misalnya, meminta pekerjaan tambahan kepada pimpinanmu, saat kamu sudah selesai menyelesaikan pekerjaan utamamu.

Orang yang memiliki inisiatif dalam bekerja, pasti akan memiliki banyak peluang untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengenali dan menanggapi suatu peristiwa yang kamu hadapi, tanpa harus menunggu ada perintah. Lakukanlah sesuatu dengan setulus hati, maka semua hal yang dikerjakan akan terasa menyenangkan.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Miliki Karir Cemerlang untuk Kamu Pribadi Introver

4. Memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi lingkungan sekitarmu 

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusanilustrasi pertemanan dalam lingkungan kerja (pexels.com/cottonbro)

Di perusahaan mana pun kamu bekerja, apabila kamu memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi lingkungan sekitarmu. Tanpa disadari hal tersebut akan membuatmu disukai oleh banyak orang. Tentu ini adalah hal baik yang harus terus dilakukan, agar lingkungan pertemananmu semakin luas.

Untuk bisa memiliki kepekaan ini, maka cobalah melakukan pengamatan secara objektif, berusaha memahaminya, lalu belajarlah untuk menerima segala perbedaan yang ada. Secara perlahan, rasa empatimu akan semakin kuat, sehingga kamu akan memiliki pandangan terhadap orang lain secara lebih bijak lagi.

5. Memiliki rasa ingin tahu 

5 Faktor Penentu Karier Cemerlang meski Gak Sesuai Jurusanilustrasi orang bertanya (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Menjadi orang yang selalu merasa ingin tahu tentang banyak hal, itu gak selalu buruk, lho. Asalkan rasa ingin tahumu untuk belajar sesuatu, bukan untuk mencampuri urusan pribadi orang lain. Meski kamu menjalani pekerjaan yang gak sesuai jurusan, kamu akan tetap memiliki kesempatan untuk sukses, apabila kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Percayalah seahli-ahlinya seseorang, tetap saja masih ada hal-hal yang dia belum ketahui. Jadi, tanamkan dalam diri untuk selalu ingin tahu dan belajar banyak hal yang bisa memberikanmu karier cemerlang. Kamu akan berkembang dan maju, jika kamu gak berpikir bahwa kamu sudah mengetahui segalanya. Tipsnya adalah jangan pernah takut mencoba keluar dari zona nyaman.

Jadi, ketika kamu berkarier dengan jurusan yang berbeda saat masa kuliah, kamu tetap bisa sukses, karena hal itu bukanlah suatu penghalang. Daripada memikirkan hal yang gak pasti. Lebih baik, sekarang mulailah berubah dan terus berkembang menuju arah yang positif.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Baru Memulai Karir

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya