Comscore Tracker

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasi

Punya pengaruh positif bagi banyak orang 

Memiliki karier yang cemerlang merupakan impian bagi setiap karyawan. Tentu gak mudah dan membutuhkan berbagai usaha untuk mendapatkannya. Banyak persaingan yang terjadi di dunia kerja agar bisa memiliki posisi karier yang lebih baik. Ada persaingan yang sehat dan ada pula yang gak sehat.

Persaingan yang sehat selalu diiringi dengan prestasi. Karyawan yang berprestasi benar-benar memiliki potensi yang baik dan mampu bersaing dengan sehat. Gak perlu banyak sensasi agar bisa mendapatkan promosi kenaikan jabatan atau yang lainnya. Berikut adalah lima langkah pasti yang bisa membawamu menuju karier yang cemerlang dengan menggunakan prestasi.

1. Selalu melakukan segala hal secara terencana 

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasiilustrasi orang membuat rencana kerja (pexels.com/Anete Lusina)

Ada dua tipe karyawan dalam bekerja, yaitu karyawan yang menyelesaikan pekerjaan ketika deadline sudah dekat dan karyawan yang sudah biasa melakukan semua kegiatan secara terorganisir. Kamu tipe yang mana, nih? Kalau kamu adalah karyawan dengan tipe nomor dua, yang sudah terbiasa bekerja secara teratur dan disiplin, maka kamu sudah melangkah menuju karier yang cemerlang.

Selain akan memudahkanmu dalam bekerja, menjadi orang yang selalu merencanakan berbagai hal ternyata bisa membuat hidup lebih rapi dan teratur dalam keseharian. Tentu ini akan membawa banyak manfaat, baik untuk kehidupan, karier serta kesehatan fisik dan mentalmu. Membiasakan diri hidup secara terencana merupakan langkah awal menuju keseimbangan dalam berbagai hal. Kebiasaan ini akan memudahkanmu untuk mencapai karier yang cemerlang.

2. Fokuslah pada satu hal dulu sampai selesai 

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasiilustrasi orang fokus bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Seiring dengan kemajuan zaman, banyak perusahaan yang menuntut karyawannya untuk bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak perusahaan membutuhkan karyawan dengan kemampuan multitasking. Meskipun kemampuan tersebut sering dianggap sebagai sesuatu yang bernilai lebih, hal ini juga memiliki dampak kurang baik dalam bekerja.

Kemampuan tersebut dapat membuat produktivitasmu dalam bekerja menjadi turun. Mengerjakan berbagai hal dalam waktu yang sama membuat kinerja dan hasil pekerjaanmu menjadi gak efisien dan kurang memuaskan. Fokusmu akan terpecah dan inilah yang membuatmu rentan melakukan kesalahan.

Mulailah menyusun daftar pekerjaanmu dan kerjakan yang sudah mendekati deadline terlebih dulu. Jangan lupa untuk merencanakan juga berapa lama waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Untuk menjadi karyawan yang berprestasi, tentu kamu harus mampu menyelesaikan pekerjaan dengan waktu dan hasil yang tepat.

3. Membangun relasi yang baik dengan rekan kerja 

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasiilustrasi hubungan baik dengan rekan kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penting untuk kamu bisa membangun relasi yang baik dengan rekan kerja di perusahaan, baik itu yang satu bidang denganmu maupun yang di luar bidang kerjamu. Buatlah koneksi yang kuat dengan mereka. Kamu perlu menyadari bahwa mereka bisa membantumu dalam bekerja dan menjadi karyawan yang berprestasi.

Relasi yang baik dengan rekan kerja akan membuat karyawan bisa saling menumbuhkan motivasi dalam bekerja. Oleh karena itu, kamu wajib mencari tahu tentang cara menjalin pertemanan yang baik, sehingga sesama karyawan akan saling terhubung dan gak akan merasa sungkan satu sama lain. Hal ini akan membuat suasana kerja menjadi produktif dan saling memberi dukungan agar kinerja semakin baik.

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Karier Cemerlang November 2021, Reputasi Naik!  

4. Jadilah pendengar yang baik 

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasiilustrasi orang mendengarkan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Langkah berikutnya agar kamu bisa memiliki karier yang cemerlang adalah mampu menjadi pendengar yang baik. Cobalah mulai perhatikan rekan-rekan kerjamu dan atasan di perusahaan tempat kamu bekerja. Mampu mendengarkan dengan cermat tentang apa yang orang lain ucapkan tentu akan membuat mereka senang.

Selain mendapatkan penghargaan dari rekan kerja dan atasan, kamu juga akan memperoleh banyak ilmu dan memperluas wawasan. Tentu hal tersebut akan sangat berguna untuk kualitas dirimu dan hasilnya akan berpengaruh juga kepada jenjang karier yang kamu miliki.

5. Tetaplah rendah hati 

5 Langkah Menuju Karier Cermerlang dengan Prestasi, Bukan Sensasiilustrasi tersenyum (pexels.com/RODNAE Productions)

Menjadi orang yang rendah hati tentu akan disukai oleh banyak orang. Gak hanya dalam lingkungan pertemanan, namun di lingkungan tempat bekerja pun kamu akan disenangi dan selalu dirindukan. Belajarlah untuk menjadi orang yang rendah hati, meski saat ini kamu sudah berprestasi, tetaplah bersikap ramah dengan siapa saja.

Dengan memiliki kepribadian yang rendah hati, akan banyak kesempatan yang dapat membawamu menuju masa depan karier yang cemerlang. Rendah hati akan membuatmu menyadari tentang kekurangan yang ada dalam diri, sehingga kamu akan lebih terbuka untuk belajar lagi serta bersedia dengan senang hati menerima saran dan kritik yang membangun.

Itulah kelima langkah yang pasti bisa membawamu menuju karier yang cemerlang dan membuat dirimu menjadi karyawan yang penuh prestasi. Satu hal yang perlu kamu ingat saat sudah berhasil mencapai karier yang lebih baik, berusahalah menjadi orang yang bijaksana karena akan membuatmu tampil semakin berkarisma.

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya