Comscore Tracker

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Berbicara

Mampu menunjukkan pada dunia, siapa dirimu yang sebenarnya

Kemampuan berbicara selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kesempatan seperti presentasi, wawancara kerja, hingga menjalin relasi juga pasti membutuhkan kemampuan dalam berbicara. Semakin mengerti cara dan strategi dalam berbicara, maka akan semakin memberikan manfaat untukmu menjalani berbagai aktivitas.

Entah dalam pekerjaan, pertemanan, bahkan hingga asmara, ketika kamu memiliki keterampilan berbicara yang mumpuni, itu dapat memudahkanmu dalam menjalani berbagai aktivitas dalam kehidupan ini.

Ini menjadi hal yang penting, karena dari caramu berbicara, itu dapat menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya. Ingin tahu manfaat lainnya? Yuk, baca sampai selesai.

1. Membuatmu semakin percaya diri 

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan BerbicaraIlustrasi laki-laki percaya diri (pexels.com/fauxels)

Manfaat melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara, itu dapat membuatmu semakin percaya diri. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan ini. Gak hanya dibutuhkan oleh pembicara publik saja, melainkan semua kalangan juga perlu merasa percaya diri.

Rasa percaya diri, bermanfaat dan memudahkanmu dalam berbagai hal. Misalnya, ketika kamu sedang melakukan wawancara kerja, berpidato, berjualan, berpresentasi, bahkan hingga berkenalan dengan orang baru pun, kepercayaan diri harus selalu kamu miliki.

2. Mampu menyampaikan pendapat secara lebih tepat 

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Berbicarailustrasi orang mengemukakan pendapat (pexels.com/fauxels)

Semua orang bisa memiliki pendapat yang baik, tapi gak semuanya mampu menyampaikannya secara tepat. Jika kamu terus melatih dan mengembangkan kemampuanmu dalam berbicara, maka ketika kamu menyampaikan ide, gagasan maupun pendapat, semua bisa berjalan dengan lancar dan tepat.

Inilah salah satu manfaat lainnya dari kemampuan berbicara, semakin kamu ahli dalam melakukannya, maka kamu akan semakin mampu mengungkapkan pendapat dan segala ide dalam pikiranmu, tanpa rasa ragu. Sehingga, hal ini juga mampu menghindari kesalahpahaman dengan orang lain terjadi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghargai Orang yang Sedang Berbicara, Perhatikan! 

3. Orang lain akan senang saat mendengarkanmu berbicara 

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Berbicarailustrasi orang berpresentasi (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Manfaat berikutnya dari kegiatan berlatih dan mengembangkan kemampuan berbicara yaitu, mampu membuat orang lain senang, saat mendengarkan pembicaraanmu. Kemampuan berbicara yang terus dilatih hingga mumpuni, itu dapat membuatmu menguasai sebuah komunikasi yang sedang dijalani.

Teruslah berlatih tentang keterampilan berbicara, supaya kamu dapat semakin pandai dalam memilih kata dan menggunakannya dalam kalimat secara tepat. Selain itu, bahasa tubuh yang kamu lakukan juga bisa membuat orang lain nyaman, saat sedang berbicara denganmu. Jika sudah begitu, siapa saja pasti senang dan mau mendengarkanmu secara aktif.

4. Membuat orang lain menilaimu positif 

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Berbicarailustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/Kindel Media)

Melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara akan membuatmu mendapatkan nilai tambah dari orang lain. Misalnya, seorang pemimpin bisa menjalankan tugas-tugasnya dan menjadi atasan bagi karyawannya hingga menghasilkan kesuksesan bersama, itu salah satu penyebabnya adalah karena dia memiliki kemampuan berbicara yang mumpuni.

Dari caranya dalam berbicara yang terdengar menyenangkan dan penuh wibawa, saat dia sedang memimpin rapat maupun memotivasi karyawannya dalam bekerja, itu akan membuat karyawan maupun siapa saja yang mendengarkan, akan memberikan nilai positif kepada pimpinan tersebut.

5. Membuatmu terbiasa untuk selalu berpikir secara lebih kritis 

5 Manfaat Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Berbicarailustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS production)

Dalam mempelajari keterampilan berbicara, kamu memang perlu belajar tentang pemilihan kata yang tepat untuk diucapkan, tanpa menyinggung perasaan orang lain. Ini sangat bermanfaat positif untuk pengembangan dirimu, terlebih lagi terkait aspek cara berpikir.

Tanpa disadari, jika kamu rajin melatih dan mengembangkan kemampuanmu dalam hal berbicara, itu akan membiasakan cara berpikirmu menjadi lebih kritis lagi. Seseorang yang mampu berpikir secara kritis, pastinya dia gak akan mudah dipengaruhi orang lain, terlebih dalam hal yang negatif.

 

Tetap semangat, teruslah berlatih dan kembangkan lagi kemampuanmu dalam berbicara. Kelima manfaat di atas, akan kamu dapatkan dan pastinya memberikanmu banyak keuntungan, bukan?

Mempelajari keterampilan berbicara itu gak sulit, asalkan ada niat dan tekad yang kuat, seiring berjalannya waktu, kemampuan berbicaramu akan semakin menjadi lebih baik lagi.

Beberapa manfaat tersebut, menunjukkan bahwa kemampuan berbicara itu memanglah perlu untuk terus dilatih dan dikembangkan. Hal ini dikarenakan dari caramu dalam berbicara, itu dapat menujukkan kepada dunia, tentang siapa dirimu yang sebenarnya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Percaya Diri saat Berbicara

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya