Comscore Tracker

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya 

Motivasi membuatmu bekerja dengan sepenuh hati 

Apa yang akan terjadi jika kamu gak memiliki motivasi dalam menjalani hidup? Tentu hal tersebut dapat menurunkan produktivitasmu dalam bekerja dan hal lainnya. Selain itu, hari-harimu juga akan terasa berat saat dijalani, karena kamu melakukan berbagai hal dengan setengah hati.

Salah satu hal yang sering mengalami kenaikan dan penurunan adalah motivasi kerja. Padahal, jika dipikir-pikir lagi, waktu yang kamu miliki dalam sehari sebagian besar digunakan untuk bekerja. Inilah yang sering menjadi masalah para pekerja, yaitu rasa malas akibat motivasi turun. Namun, kamu gak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan motivasimu dalam bekerja. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menjalin hubungan pertemanan yang positif dengan rekan kerja 

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya ilustrasi makan bersama rekan kerja (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Memiliki hubungan pertemanan yang positif dan baik dengan sesama rekan kerja merupakan cara efektif yang mampu membuatmu terus termotivasi dalam bekerja. Cobalah ketika sedang istirahat siang, bergabunglah dan makan siang bersama dengan rekan kerja di kantor. Selain akan menambah momen keakraban, kalian juga bisa saling bercerita dan akhirnya terjalin hubungan yang semakin baik serta berkualitas.

Dengan saling terbuka dan bercerita dengan rekan kerja, kalian juga bisa semakin dekat dan mengenal karakter masing-masing. Hal seperti inilah yang akan mendorong motivasimu dalam bekerja. Ketika kalian sudah saling akrab, kalian akan bisa saling memberi semangat satu sama lain. Berada dalam lingkungan pertemanan yang saling mendukung tentu akan membuatmu semakin termotivasi dan produktif.

2. Menuliskan daftar tugas yang akan dikerjakan pada hari itu 

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya ilustrasi membuat daftar pekerjaan (pexels.com/Anna Shvets)

Jangan lupa untuk selalu rutin menuliskan daftar tugas yang akan kamu kerjakan pada hari itu. Setelah menulisnya, kemudian tempelkan pada dinding atau meja kerjamu, yang penting bisa terlihat jelas olehmu. Dengan begitu, motivasi kerjamu akan meningkat dan semakin bersemangat untuk bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Dalam sehari, bisa saja kamu memiliki tanggung jawab pekerjaan lebih dari satu dan harus diselesaikan pada hari yang sama. Nah, jika kamu menuliskan daftar tugas-tugasnya, maka kamu gak perlu takut jika ada yang terlupakan. Ketika ada satu pekerjaan yang sudah berhasil kamu selesaikan, berikan tanda pada daftar tersebut. Hal ini ampuh membuatmu semakin termotivasi untuk bisa menyelesaikan daftar tugas yang lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Efisien Jaga Motivasi Kerja, Performa Bisa Maksimal!

3. Buatlah target pekerjaan dalam jangka pendek dan panjang 

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya ilustrasi menulis (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Membuat target pekerjaan dalam jangka pendek dan panjang ini mampu meningkatkan motivasi kerjamu, lho. Membuat target jangka pendek bisa kamu lakukan sebagai langkah awal menuju pencapaian target jangka panjang. Misalnya, ada tugas-tugas rutin setiap hari yang harus segera diselesaikan.

Untuk semakin meningkatkan motivasi kerjamu, jangan lupa juga membuat target jangka panjang. Tentukanlah target-target yang ingin kamu capai selama beberapa tahun ke depan. Gunakan target jangka pendek tadi untuk melangkah menuju pencapaian target jangka panjangmu. Luangkanlah waktu juga untuk membuat tujuan-tujuan kecil yang bisa kamu gunakan sebagai alat evaluasi keberhasilannya.

4. Apresiasi diri sendiri pada setiap keberhasilan yang kamu dapatkan 

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya ilustrasi menonton film (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Cara selanjutnya untuk meningkatkan motivasi kerja adalah dengan mengapresiasi diri sendiri ketika berhasil mencapai target-target pekerjaan yang kamu buat tadi. Selain meningkatkan motivasi kerja, cara ini juga ampuh untuk mempertahankan semangatmu agar gak turun secara drastis ketika ada permasalahan yang terjadi.

Memberikan apresiasi pada diri sendiri merupakan sebuah bentuk untuk memotivasi diri agar mau terus belajar dan bekerja lebih baik lagi, serta memotivasi diri juga agar lebih bersemangat. Selain itu, cara ini juga bisa mengusir rasa stres saat banyak tekanan dalam bekerja. Lakukanlah sesuatu untuk menyenangkan dirimu, baik dalam bentuk besar atau kecil. Intinya adalah hargai diri sendiri yang telah bekerja keras menyelesaikan pekerjaan.

5. Selalu berusaha untuk berpikir positif dan mensyukuri semuanya 

5 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja agar Gak Setengah Hati Melakukannya ilustrasi berpikir positif membuat bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kekuatan berpikir positif dan bersyukur ternyata ampuh banget untuk meningkatkan motivasi diri, termasuk untuk motivasi bekerja. Pekerjaan rutin yang sama setiap harinya, terkadang membuat kamu merasa bosan dan akhirnya semangat serta motivasi menjadi turun.

Apabila semua sudah turun, cobalah untuk selalu berpikir positif karena hal ini mampu memberimu kekuatan untuk bangkit. Yakinkan dirimu bahwa kamu mampu menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mensyukuri atas semua nikmat yang kamu dapatkan. Bersyukur mampu membuatmu semakin termotivasi untuk bertahan dan memunculkan semangat yang baru dalam bekerja.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja yang mulai menurun. Ketika kamu termotivasi dan semangat, maka kamu akan melakukannya dengan senang dan sepenuh hati. Ketahuilah segala sesuatu yang kamu kerjakan dengan setengah hati, maka hasilnya pun gak akan bisa maksimal. Bekerjalah sebaik mungkin, dengan begitu kamu akan semakin dekat dengan sebuah kesuksesan.

Baca Juga: 7 Keuntungan Memiliki Motivasi Kerja Supaya Kariermu Kian Melejit

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya