Comscore Tracker

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidup

Belajar mandiri untuk bertahan hidup dengan segala kondisi

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang akan selalu saling membutuhkan satu sama lain. Inilah sebabnya kamu tetap akan memerlukan bantuan atau pendampingan dari sosok teman, keluarga atau orang-orang lain dalam lingkungan sosial. Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti kamu gak bisa hidup secara independen, ya. Kamu tetap akan bisa menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengandalkan dirimu sendiri.

Setiap orang perlu belajar untuk menjadi sosok yang independen, supaya kamu dapat memiliki cara sendiri dalam menjalani kehidupan. Menjadi pribadi independen memang penting, karena kamu tetap harus memiliki pendapat pribadi dan harus pandai mengatur hidupmu sendiri, tanpa secara terus menerus merepotkan atau bergantung kepada orang lain. Nah, supaya kamu bisa menjadi pribadi independen, caranya sederhana, kok. Yuk, simak kelima cara berikut.

1. Milikilah pola pikir independen 

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidupilustrasi berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Seseorang yang berkarakter independen, biasanya juga terlihat dari cara dia dalam berpikir. Apabila kamu ingin melatih diri menjadi pribadi yang independen, maka cobalah berlatih untuk berpikir secara mandiri, sehingga kamu gak gampang dipengaruhi orang lain. Hal ini memang gak mudah, maka kamu juga harus rajin dalam melatihnya.

Cobalah melatihnya dengan cara memperbanyak membaca dan belajar tentang apa saja. Dengan begitu, kamu akan semakin luas wawasannya dan menjadi terbiasa juga dalam memutuskan sesuatu secara tepat, serta dengan pemikiranmu sendiri. Sering melakukan kesalahan dalam membuat keputusan, ketika di awal kamu melatih diri, itu adalah hal yang wajar. Namun, jangan langsung menyerah begitu saja. Teruslah berlatih, supaya keputusan-keputusan yang kamu ambil nantinya akan semakin baik.

2. Kelola kondisi mentalmu 

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidupilustrasi orang mengendalikan emosi diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk dapat membentuk diri menjadi pribadi independen, kamu perlu mengontrol kondisi mentalmu. Dengan tujuannya, supaya kamu gak menjadi orang yang super sensitif. Salah satu syarat agar kamu bisa berdiri sendiri, merdeka dan bebas adalah dengan cara mengelola kondisi mental diri.

Sekarang, coba kamu bayangkan, bagaimana jika kamu mudah tersinggung dengan orang lain. Kamu pasti akan gampang banget untuk merasa kecewa, kesal dan bisa jadi terus menerus mengeluh. Bukan gak mungkin kamu juga akan selalu meminta dukungan emosional kepada teman-teman atau keluargamu.

Namun, jika kamu belajar untuk sedikit cuek dan gak terlalu sensitif dengan perkataan orang lain, maka kamu gak akan meminta dukungan terus kepada orang lain. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengelola kondisi mentalmu dengan lebih baik lagi, ya.

Baca Juga: 5 Cara Cowok Persiapkan Diri Jadi Pribadi yang Independen

3. Jangan selalu bergantung kepada orang lain 

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidupilustrasi orang yang mandiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila selama ini kamu selalu hidup bergantung kepada orangtua atau saudara, bahkan kepada kekasih pun juga ada. Nah, mulai sekarang belajarlah untuk melepaskan ketergantunganmu kepada orang lain, ya. Belajarlah untuk lebih mandiri lagi, seseorang yang independen adalah orang yang mampu berdiri sendiri dan gak bergantung kepada orang lain.

Menjadi orang yang selalu bergantung kepada orang lain itu gak baik. Selain akan membuatmu menjadi orang yang gak bisa mengandalkan diri sendiri, nantinya kamu juga akan selalu terikat dan malah bisa menjadi orang yang gak bebas.

Jadi, jika kamu menginginkan kemerdekaan bagi diri sendiri, maka berusahalah untuk bisa mengandalkan dirimu dalam berbagai hal. Jika memang ada hal yang benar-benar gak bisa kamu lakukan sendiri, barulah meminta bantuan orang lain, itu pun jangan sepenuhnya, ya. Harus tetap ada usaha yang kamu lakukan.

4. Milikilah pendirian yang teguh 

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidupilustrasi orang berpendirian teguh (pexels.com/Kindel Media)

Tips selanjutnya agar bisa menjadi pribadi independen adalah milikilah pendirian yang teguh. Dengan begitu, kamu gak akan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Selain itu, kamu juga gak akan mudah tergoyahkan oleh hal apa pun. Kamu adalah seseorang yang memiliki cara sendiri dalam menjalani hidup.

Cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi orang yang memiliki pendirian teguh, salah satunya adalah dengan mengabaikan orang-orang yang memberimu pengaruh negatif. Jangan terlalu memusingkan perilaku buruk mereka. Mungkin terkadang ketika mereka mengganggumu, kamu merasa sedikit kesal. Namun, abaikan saja dan tetaplah fokus mengembangkan potensi yang kamu miliki. Ingatlah selalu bahwa kesuksesanmu, gak bergantung kepada mereka.

5. Berikan bantuan kepada orang lain 

5 Tips Jadi Pribadi Independen, Miliki Cara Sendiri dalam Jalani Hidupilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang independen adalah orang yang sikapnya gak bergantung kepada orang lain. Dia adalah sosok yang bebas, merdeka dan selalu bersikap objektif. Ketika ada siapa saja yang membutuhkan bantuan, entah dia mengenalnya atau gak, dan tanpa mempertimbangkan keuntungan, pasti akan selalu diberikan bantuan olehnya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa dengan membantu orang lain, secara gak sadar akan menjadikanmu sosok yang independen, lho. Mengapa bisa seperti itu? Ya, karena tindakan tersebut mampu mengasah dan meningkatkan rasa empati diri, serta membuatmu lebih bijaksana lagi. Nah, apabila rasa empati dan kebijaksanaanmu meningkat, maka kamu gak akan lagi menjadi orang yang manja dan merepotkan orang lain, justru kamu akan menjadi orang yang bisa meringankan beban orang lain.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi independen. Menjadi sosok yang independen berarti kamu memiliki sikap mental yang gak mudah terpengaruh oleh tindakan maupun perkataan orang lain. Kamu berpendirian teguh dan memiliki cara sendiri dalam menjalani hidup. Oleh karena itu, biasanya seseorang yang independen mampu bertahan hidup dengan segala kondisi.

Baca Juga: 6 Film Disney Princess dengan Karakter Perempuan Independen

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya