Comscore Tracker

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor 

Supaya kalian bisa kompak bekerja lagi 

Latar belakang keluarga dan berbagai karakter rekan kerja di suatu perusahaan pasti akan menimbulkan berbagai gesekan di antara satu sama lain. Perbedaan-perbedaan tersebut jika gak segera diatasi, maka akan menimbulkan suasana gak nyaman di lingkungan kerja.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui dan mempelajari berbagai hal agar dapat menemukan solusi untuk menghadapi perbedaan itu. Berikut lima solusi bijak yang bisa kamu terapkan, jika berkonflik dengan rekan kerja di kantor.

1. Bersikaplah yang terbuka 

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor ilustrasi orang mendengarkan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Cobalah membuka dirimu. Kamu bisa mulai dengan cara menjadi pendengar yang baik untuk rekan kerja yang sedang berkonflik denganmu. Sikap keterbukaan ini penting untuk dilakukan agar suasana lingkungan kantor damai. Jika ada rekan yang sedang berpendapat, sebaiknya berusahalah untuk menanggapi dan menghargai setiap pendapatnya.

Jika kamu merasa ada yang memberatkan atau gak sesuai denganmu. Jangan pernah ragu dan takut untuk tetap bersikap jujur kepadanya. Berikan alasan mengapa kamu kurang setuju dengan dia. Lakukan dengan sopan dan tetap tegas, ya.

2. Hindari berkonflik secara pribadi 

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor ilustrasi orang fokus bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak bisa dipungkiri bahwa akan ada juga konflik secara personal yang terjadi dalam suatu lingkungan kerja. Namun, sebisa mungkin hindarilah itu dan tetaplah bersikap profesional dalam bekerja. Konflik dengan rekan kerja memang akan kerap muncul, maka berusahalah mengendalikan emosi dirimu.

Kamu harus bisa bersikap profesional dengan cara memisahkan antara masalah pribadi dan masalah pekerjaan. Ingat bahwa saat menghadapi konflik dengan rekan kerja. Jangan pernah melibatkan emosi. Hadapilah berbagai masalah yang terjadi di tempat kerja dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda-beda. Sesuaikan semuanya dengan kondisi yang ada.

3. Selesaikan semua masalah yang terjadi secara mandiri 

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor ilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/August de Richelieu)

Ketika terjadi masalah di antara kamu dan rekan kerja. Kamu gak perlu selalu menunggu atasan membuat keputusan untuk menemukan solusinya. Jangan selalu bergantung pada atasan atau pimpinan kamu. Oleh karena itu, mulai belajarlah dalam menentukan keputusan yang tepat untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang terjadi di tempat kerja.

Selagi bisa menyelesaikan secara mandiri, itu akan lebih baik. Karena jika melibatkan atasan, bisa jadi masalah belum tentu akan selesai. Tapi, malah akan semakin membesar dan melebar. Jadi, coba berdiskusilah dulu tentang hal ini bersama rekan kerja lainnya yang terlibat konflik denganmu.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jadi Cowok yang Genit pada Rekan Kerja, Hentikan Bro! 

4. Jangan membuat masalah  

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor ilustrasi mengganggu teman yang sedang bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Terkadang, konflik atau pertengkaran yang terjadi itu bukan hanya karena orang lain penyebabnya. Namun, sumber permasalahan tersebut bisa saja dari dirimu. Jangan membuat rekan kerja yang lain merasa terintimidasi olehmu agar gak terjadi konflik di lingkungan pekerjaan.

Jangan pula menyalah diri sendiri atas semua permasalahan yang terjdi. Apalagi itu membuatmu berpikir untuk berhenti bekerja. Semua masalah pasti ada solusinya. Tenangkan pikiran agar bisa menemukan solusinya yang terbaik. Selesaikan semua masalah yang terjadi secara satu per satu tanpa melibatkan emosi.

5. Jangan terus-menerus mengeluh 

5 Solusi Bijak saat Kamu Berkonflik dengan Rekan Kerja di Kantor ilustrasi orang mengeluh (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berusahalah tangguh dalam bekerja. Yang namanya pekerjaan pasti ada tantangannya tersendiri yang harus kamu hadapi. Misalnya, deadline yang sudah dekat, namun pekerjaan belum selesai. Kemudian, ada rekan kerja yang sedang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek, malah dia sering gak berangkat kerja.

Memang wajar jika kamu merasa stres akan hal itu. Namun, satu hal yang harus benar-benar kamu hindari saat bekerja, yaitu mengeluh. Itu hanya akan menunjukkan bahwa sikapmu gak profesional dalam menyelesaikan pekerjaan. Bukan berarti dilarang, mengeluh itu boleh saja agar kamu merasa lega. Tapi, berusahalah jangan sampai melibatkan orang lain, karena itu dapat memicu terjadinya konflik antara rekan kerja dan bagian yang lainnya.

Itulah kelima solusi yang bisa kamu terapkan saat sedang berkonflik dengan rekan kerja di kantor. Jika kamu merasa gak bisa menyelesaikannya sendiri, kamu bisa meminta saran dari rekan lain yang orangnya bijaksana.

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya