Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih Tinggi

Memiliki posisi strategis merupakan keberhasilan tersendiri 

Salah satu hal yang dinanti-nanti oleh hampir setiap karyawan adalah jenjang karier yang lebih tinggi. Siapa yang gak mengharapkan hal tersebut? Selain bonus dalam bentuk lain, promosi kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi pun dipandang lebih baik. Hal tersebut memiliki sifat yang lebih tetap dan bisa berlangsung lama. Mendapatkan promosi kenaikan jenjang karier secara otomatis urusan pendapatan dan fasilitas yang kamu dapatkan akan ikut mengikuti.

Karyawan yang layak mendapatkan promosi kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi biasanya mereka yang memiliki reputasi dan kinerja bagus atau berhasil meraih prestasi tertentu yang membanggakan perusahaannya. Nah, supaya hal baik ini gak hanya menjadi harapan saja, ada lima hal yang bisa membuatmu mewujudkannya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Jadilah karyawan yang berintegritas tinggi 

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih Tinggiilustrasi orang bekerja (pexels.com/Thirdman)

Salah satu hal yang paling umum untuk sebuah perusahaan memberikan promosi kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi kepada karyawannya, yaitu mereka yang memiliki integritas tinggi. Hadiah atau penghargaan yang pantas diterima oleh karyawan yang seperti ini adalah pemberian promosi kenaikan jenjang karier.

Apabila seorang karyawan memiliki integritas tinggi, sudah pasti dia mampu melaksanakan kewajibannya dalam bekerja secara maksimal dan baik. Apa pun jenis pekerjaannya, entah itu ringan atau berat, karyawan yang berintegritas tinggi akan berusaha untuk bekerja dan menyelesaikannya dengan teliti serta tuntas. Jika kamu sudah berkali-kali teruji mampu bekerja dengan baik, maka kamu layak mendapatkan promosi kenaikan jenjang karier yang lebih tinggi.

2. Memiliki kreativitas dan selalu berinisiatif 

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih Tinggiilustrasi orang berpresentasi (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hal selanjutnya yang membuatmu layak mendapatkan promosi kenaikan jenjang karier adalah memiliki kreativitas dan selalu berinisiatif dalam bekerja. Kedua hal ini bisa menjadi penilaian oleh perusahaan dalam memberikan kenaikan jenjang karier kepada karyawannya.

Kemajuan zaman yang terus berkembang dalam segala hal, membuat karyawannya harus mampu mengikuti dan mengimbangi segala perubahan yang terjadi dalam dunia kerja. Oleh karena itu, karyawan yang layak mendapatkan promosi jabatan juga harus memiliki indikator tersendiri, salah satunya adalah memiliki kreativitas dan selalu berani berinisiatif dalam bekerja. Dengan begitu, dua hal ini menjadikan mereka lebih produktif dan lebih unggul daripada yang lainnya.

3. Mampu memberikan solusi 

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih Tinggiilustrasi percakapan (pexels.com/fauxels)

Ketika terjadi masalah dalam perusahaan tempatnya bekerja, seorang karyawan yang layak mendapatkan kenaikan promosi jenjang karier adalah mereka yang mampu memberikan solusi. Jadi, bukan hanya komplain saja. Gak dilarang memang jika karyawan komplain kepada perusahaan, namun pastikan kamu juga bisa berdiskusi bersama dan menemukan solusinya yang terbaik.

Jika kamu mampu memberikan solusi, itu menandakan bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab dan inilah yang akan membuatmu layak mendapatkan promosi kenaikan jenjang karier. Hal tersebut karena kamu memiliki nilai lebih dibandingkan dengan karyawan yang bisanya hanya komplain saja, tanpa memberikan solusinya.

Baca Juga: 5 Tips Kantong Tetap Stabil Meski Gaji di Bawah Rp5 Juta

4. Gak pelit dalam berbagi ilmu 

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih TinggiIlustrasi laki-laki sedang berbicara (pexels.com/fauxels)

Seorang karyawan yang bersedia dengan senang hati untuk berbagi ilmu kepada rekan kerjanya, dan berbagi pengalamannya juga dalam bekerja adalah hal berikutnya yang membuat perusahaan gak ragu untuk memberimu kenaikan jenjang karier. Hal ini bukan tanpa alasan, karena jika kamu naik jenjang karier, maka otomatis kamu akan naik jabatan menjadi atasan dari karyawan yang lainnya.

Menjadi atasan di tempat kerja yang memimpin karyawan lain di bawahnya, tentu kamu harus bisa mengayomi rekan-rekan yang kamu pimpin, bukan? Jadi, sudah sewajarnya kamu harus bersedia untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam bekerja. Dengan begitu, kamu dan yang lainnya akan semakin produktif serta memiliki kinerja yang baik.

5. Bersikap profesional 

5 Hal yang Bikin Kamu Layak Promosi Jenjang Karier Lebih Tinggiilustrasi bersikap profesional (pexels.com/Christina Morillo)

Seorang karyawan yang mampu menjunjung tinggi dan mempertahankan sikap profesionalnya dalam bekerja, dia adalah orang yang bisa diandalkan dan mampu memegang amanah dalam tugas-tugas di jenjang karier yang lebih tinggi berikutnya. Tidak mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaannya merupakan salah satu ciri dari bersikap profesional.

Selain itu, kamu juga orang yang selalu kooperatif dan mampu bekerja sama dalam tim dengan baik. Sikap seperti ini tentu sangat dibutuhkan bagi seorang karyawan yang naik ke jenjang karier lebih tinggi. Meskipun, nanti kamu mendapatkan posisi yang lebih tinggi, sebaiknya tetaplah rendah hati dan mau selalu bertanya, serta memberikan kesempatan kepada tim kamu untuk berpendapat.

Itulah kelima hal yang membuatmu layak untuk mendapatkan promosi jenjang karier yang lebih tinggi. Memiliki posisi yang strategis dalam sebuah perusahaan merupakan keberhasilan tersendiri dan itu gak mudah untuk meraihnya. Semua membutuhkan waktu, proses, strategi serta rencana yang baik dan matang. Berusahalah bekerja dengan baik dan selalu ingat bahwa di balik jenjang karier yang lebih tinggi itu terdapat tugas dan tanggung jawab besar yang harus kamu emban.

Baca Juga: 5 Karir Cemerlang yang Menanti Lulusan Sastra Inggris

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya