Comscore Tracker

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instan

Hargai proses dan pikirkan jangka panjang

Apakah kamu kerap menginginkan sesuatu dengan cara cepat dan instan? Ingat, semua hal dalam hidup membutuhkan proses, kamu butuh tips mengendalikan diri agar bisa terbiasa dengan proses tersebut. 

Untukmu yang kesulitan mengendalikan diri karena selalu ingin semuanya serba instan dan cepat, berikut tips mengendalikan diri yang jitu untuk disontek. Simak!

1. Bedakan mana prioritas dan bukan 

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instanilustrasi berpikir (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Belajar menjadi lebih bersabar membuatmu mengerti bahwa proses memang harus dilalui. Dalam perjuangan meraih cita-cita, ada tahapan per tahapan yang perlu dilakukan. Sebab, memang tak bisa jika memaksakan diri harus berhasil pada waktu itu juga.

Kemampuan membedakan antara prioritas dan bukan bisa membantumu, agar lebih bersabar lagi menyelesaikan satu per satu. Sebab, ketika prioritas sudah kamu tentukan, akan lebih mudah dalam melaksanakannya. Sehingga, keinginan yang menggebu untuk segera mendapatkannya, bisa mulai terkendali.

2. Niat dalam diri perlu dikuatkan lagi 

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instanilustrasi orang merenung dan menguatkan niat dalam diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Jika ingin meraih keberhasilan, pasti kamu sudah merencanakan berbagai caranya. Ketika keinginan mulai sulit dikendalikan, cobalah tarik napas yang dalam, lalu hembuskan perlahan, sambil menguatkan niat untuk berkomitmen melalui setiap prosesnya dengan baik dan sehat.

Niat yang kuat mampu mengalahkan ego sesaat, di mana kamu ingin semua cepat selesai. Dengan begitu, kamu juga bisa menikmati prosesnya tanpa merasa terburu-buru ingin mengakhiri perjuangan.

Kecepatan memang bagian dari kesuksesan, tapi yang perlu diutamakan sebenarnya adalah bagaimana prosesmu dalam melewati segala hal yang berliku dengan penuh ketenangan dan kehati-hatian. Sehingga, ketepatanlah yang penting dalam hal ini.

3. Sabar dan optimis saja 

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instanilustrasi memiliki pemikiran yang optimis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingin kesuksesan bertahan lama ketika sudah berhasil meraihnya? Kendalikan diri yang selalu menuntut semua harus cepat. Sabar karena segala hal ada waktunya, sekarang tingkatkan saja rasa optimismu. Percayalah, jika sudah berusaha maksimal, hasil yang didapat pasti bertahan lama.

Tentu kamu tak ingin cepat berhasil, tapi cepat terjatuhnya kembali, kan? Hilangkan pikiran negatif dan pesimis, supaya emosimu lebih stabil. Sehingga, diri tak lagi mengejar sesuatu yang sifatnya serba instan, dan kesabaranmu juga akan mengajarkan tentang arti perjuangan yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Diri di Tengah Lingkungan Kerja Kompetitif

4. Rilekskan hati dan pikiran 

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instanilustrasi merilekskan diri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keinginan yang besar bahwa semua harus serba cepat, salah satunya karena tingkatan stres dalam diri yang terus meningkat. Memang wajar jika seseorang yang sedang berjuang mengalami tekanan, sebab kesuksesan membutuhkan upaya yang pasti ada rintangannya.

Untuk mengendalikan diri dalam kondisi seperti ini, rilekskan dulu hati dan pikiranmu. Ambil jeda waktu untuk beristirahat, konsumsi makanan yang sehat, cukupi waktu tidurmu, dan sempatkan berolahraga. Saat semua sudah tenang, maka kamu bisa mengendalikan diri kembali.

5. Tingkatkan ketabahan hati 

5 Tips Mengendalikan Diri dari Keinginan yang Serba Instanilustrasi tabah menghadapi setiap tantangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Membangun masa depan yang indah sesuai dengan apa yang diinginkan, memang perlu perjuangan dalam menghadapi setiap tantangan yang datang. Saat diri sudah berupaya cukup lama, tingkatkanlah ketabahan hatimu, agar tak memicu kemarahan atas keberhasilan yang masih tertunda.

Tabah dalam menjalani prosesnya, dapat membuatmu lebih tenang, sehingga rasa marah dan kesal gak akan semakin meningkat. Memang benar, ini membutuhkan latihan, maka biasakanlah dari sekarang. Sehingga, ketidaksabaranmu secara perlahan bisa berkurang dan berubah menjadi perasaan bersyukur, bahwa masih diberi kekuatan untuk berjuang.

Perlu diingat dan direpetisi bahwa di kehidupan ini gak ada yang instan dan serba cepat, ya. Namun, kamulah yang paling bisa mengendalikan hasrat tersebut. Ada baiknya, tips mengendalikan diri di atas bisa kamu terapkan agar tak terlalu tergesa-gesa dalam hidup. Nikmati prosesnya, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengendalikan Idealisme agar Menjadi Hal Positif

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya