Comscore Tracker

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usaha

Meski baru pertama kalinya, kesuksesan tetap bisa didapatkan

Kesuksesan dalam berbagai bidang merupakan hal yang didambakan banyak orang. Salah satunya adalah bagi pemula yang baru pertama kali menjalankan usaha pribadinya. Untuk memulai sebuah usaha, memang tak selalu berjalan lancar, karena kendala pasti akan selalu ada.

Terlebih bagi seorang pemula yang baru saja belajar membuka usaha, diperlukan kerja keras dan strategi yang cerdas, agar keuntungan bisa dia dapatkan. Jangan mudah menyerah, setiap orang bisa menjadi pengusaha, asalkan mau terus belajar, disiplin, serta upaya yang tanpa henti. Berikut beberapa tips untuk pemula yang baru saja menjalankan usaha, agar keuntungan bisa diraihnya.

1. Fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dulu 

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usahailustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro)

Peluang dan kesempatan dalam membangun berbagai jenis usaha, memang selalu ada, apalagi di zaman yang sudah sangat berkembang seperti sekarang ini. Seolah-olah semua hal yang ada, dapat menjadi peluang usaha dan mendatangkan kesempatan untuk kamu mencobanya.

Namun, karena terlalu banyak peluang dan kesempatan, juga bisa membuatmu bimbang untuk memilih satu di antara sekian banyak pilihan bidang usaha untuk dikembangkan. Menjalankan banyak usaha dalam waktu yang bersamaan, itu juga gak salah, karena semuanya tergantung pada kemampuan individunya.

Tapi, agar lebih efektif, maka fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dulu. Menjalankan satu bidang usaha untuk dikembangkan, akan membuatmu lebih terarah. Waktu, energi dan pikiran juga akan bekerja dengan lebih maksimal, sehingga secara perlahan tapi pasti keuntungan akan kamu dapatkan.

2. Pilihlah bidang usaha yang kamu sukai 

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usahailustrasi sebuah usaha minuman (pexels.com/Tim Douglas)

Melakukan segala sesuatu yang berdasarkan kesukaan diri, maka kamu akan menjalankannya dengan ikhlas dan sepenuh hati. Perasaan senang dan gembira pun selalu mengiringi hari-hari. Bekerja atau berupaya mengembangkan usaha yang kamu sukai, maka rasa lelah gak akan kamu alami.

Tentu saja dalam menjalankannya, kamu tak akan pernah merasa terpaksa, karena bidang tersebut adalah hal yang kamu suka. Maka, bagi kamu yang masih pemula dalam dunia usaha, pilihlah bidang usaha yang benar-benar kamu sukai, ya. Jangan mudah terpengaruh hanya karena ingin terlihat keren saja. Biasanya hasil yang menguntungkan dari sebuah usaha, itu bermula dari hobi yang dijadikan sebagai ladang pekerjaan bagi yang menjalankannya.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Berani Mengambil Risiko Saat Baru Memulai Usaha

3. Teruslah belajar dari berbagai sumber 

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usahailustrasi mengikuti sebuah pelatihan (pexels.com/Kampus Production)

Menjalankan sebuah usaha, bagi seseorang yang sudah ahli saja, dia pasti akan terus belajar, apalagi bagi kamu yang baru memulai usaha, belajar adalah hal yang perlu terus dilakukan. Carilah berbagai sumber untukmu belajar, bisa dari orang lain, mengikuti pelatihan, maupun hal lainnya.

Bersikaplah terbuka dan jangan merasa malu atau ragu untuk bertanya kepada orang yang sudah sukses terlebih dulu. Meskipun, yang kamu jalankan adalah usaha pribadi, tapi tak ada salahnya untuk mandiri belajar kepada orang lain. Namanya saja membangun usaha, sudah pasti harus ada upaya, agar nantinya keuntungan bisa didapatkan.

4. Jalani gaya hidup sederhana 

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usahailustrasi menjalani hidup dengan sederhana (pexels.com/Min An)

Menjalani gaya hidup yang sederhana, juga menjadi bagian dari membangun usaha yang bisa menghasilkan keuntungan. Bagaimana bisa usaha yang kamu buka akan menghasilkan keuntungan, jika gaya hidupmu selalu berfoya-foya? Setiap mendapatkan hasil, berapapun nominalnya, jangan langsung kamu gunakan untuk bersenang-senang, ya.

Ingin usaha yang kamu bangun mendatangkan untung? Bijaklah dalam mengelola keuangan. Lupakan saja segala kemewahan yang kamu impikan, saat baru memulai sebuah usaha. Jalani gaya hidup yang sederhana saja dan nikmati setiap tahapan prosesnya. Dengan kesederhanaan, pasti usaha yang kamu sedang jalankan, akan mendatangkan keuntungan.

5. Selalu menjaga kesehatan 

5 Tips Raih Keuntungan untuk Pemula yang Baru Menjalankan Usahailustrasi makan teratur dan bergizi (pexels.com/Jack Sparrow)

Bagi pemula yang baru memulai sebuah usaha, semangat dalam dirinya pasti sangat membara. Bekerja dari pagi hingga malam hari tanpa henti, bahkan kerap lupa jika jika perut masih kosong. Awal membangun usaha, apalagi bidang usaha yang kamu sukai, rasa lelah memang sering tak dialami.

Namun, jika ini terus-menerus kamu lakukan, maka keuntungan tetap gak akan bisa kamu dapatkan. Untuk meraih sukses, kamu memang harus bekerja keras, tapi jangan pernah mengabaikan faktor kesehatan. Kesehatan itu lebih mahal dari segalanya, jika kesehatan terganggu, sudah pasti kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk mengembalikan kesehatanmu. Bahkan, bisa lebih besar dari modal usahamu, lho.

Bukannya untung, tapi malah bisa buntung nantinya. Jagalah kesehatanmu dengan tetap mengatur pola makan dan jam istirahat. Kesehatan yang baik akan membuatmu semakin produktif. Berusahalah juga untuk menyeimbangkan faktor kesehatan dan pekerjaan, ya.

Untukmu yang sedang berjuang menjalankan usaha, meski baru pertama kali, yakinlah bahwa kesuksesan juga bisa kamu raih dan mendatangkan keuntungan di kemudian hari. Terapkan kelima tips di atas dengan penuh kepercayaan diri. Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha sukses, maka jangan ragu saat mengambil peluang yang datang padamu.

Baca Juga: 6 Bantuan untuk Teman yang Baru Membuka Usaha, Tunjukkan Dukunganmu!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya