Comscore Tracker

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah Alfian

#IDNTimesLife bisa setenar Bubah Alfian

Seiring zaman, profesi Makeup Artist (MUA) semakin berkembang dan diminati. Profesi ini bahkan dipandang cukup menjanjikan, lho! Gak heran jika millennial yang memiliki hobi di bidang tersebut, menjadikannya profesi tetap.

Untuk mengembangkan dan mempertahankan karier di tengah tingginya persaingan dunia kerja, kamu harus mengatur strategi dengan baik. Dikutip dari pres rilis Ruang Guru, berikut adalah tips mengembangkan karier sebagai makeup artist ala Bubah Alfian.

1. Langkah pertama, membuat branding diri melalui media sosial

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah AlfianPexels.com/cottonbro

Saat ini, platfrom media sosial banyak digunakan masyarakat sebagai wadah untuk memulai bisnis. Dalam artian, media sosial mampu menjadi alternatif channel dalam melakukan kegiatan promosi.

Sebagai seorang MUA, memiliki portofolio berbentuk digital adalah hal yang wajib untuk dimiliki. Pasalnya, portofolio tersebut berguna untuk menarik perhatian masyarakat di sosial media. Kamu bisa mengunggahnya dengan caption dan hashtag yang relevan.

Misalnya, #MakeupInspiration, #MUAWeddingJakarta, dan sebagainya. Ini agar orang tahu akun media sosialmu. Kamu juga bisa meminta klien membantu dengan cara menggunggah hasil makeup di media sosial dan menautkan akunmu di foto tersebut.

2. Memperluas relasi dengan wedding atau event organizer

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah AlfianPexels.com/Startup Stock Photos

Untuk mendapatkan klien, memiliki relasi dengan EO (Event Organizer) atau WO (Wedding Organizer), sangatlah penting. Pasalnya, nantinya calon klien cenderung akan meminta rekomendasi dari pihak vendor untuk memilih makeup artist.

Hal tersebut dikarenakan calon klien merasa mereka memiliki relasi yang banyak dan mampu menilai mana hasil makeup yang bagus untuk dirinya.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Terbaik Libra, Bisa Jadi Makeup Artist!

3. Membangun relasi dengan klien

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah Alfiandok. RuangGuru

Gak hanya EO atau WO, kamu juga harus mampu membangun relasi dengan klien. Mengapa demikian? Agar nantinya mereka selalu ingat denganmu. Gak melulu soal pekerjaan saja, kamu bisa menjaga relasi dengan klien di luar pekerjaan.

Misalnya, mengikutinya melalui media sosial atau menyimpan kontaknya agar tetap terhubung. Saat mereka sedang membutuhkan jasa MUA atau merekomendasikan MUA, mereka akan ingat dan menghubungimu.

Seperti kata Bubah Alfian, “Semakin banyak relasi, semakin banyak peluang yang terbuka.”

4. Memiliki perilaku dan kepribadian yang baik adalah salah satu cara termudah yang bisa kamu tonjolkan

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah Alfianunsplash.com/flaunter

Memiliki perilaku yang baik serta komunikatif adalah salah satu cara agar banyak klien yang senang denganmu. Pasalnya, meski kamu memiliki kemampuan dan menggunakan produk makeup yang berkualitas, bukan berarti itu dapat menjamin profesionalitas.

Kamu bisa mencari tahu apa yang mereka sukai, bagaimana kepribadiannya, dan peka terhadap suasana hatinya. Dengan begitu, nantinya kamu pasti dapat memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan keinginan klien.

5. Rajin mengikuti pelatihan atau upgrade wawasan

5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah AlfianPexels.com/Tatiana Twinslol

Seperti teknologi, dunia makeup selalu berubah karena mengikuti tren. Inilah kenapa harus rajin mengikuti pelatihan atau upgrade wawasanmu.

Jika tertarik mendalam karier sebagai MUA, kamu dapat belajar dan melatih kemampuan bersama Bubah Alfian di Skill Academy by Ruangguru. Selain materi dan tips seputar dunia MUA, ada kelas menarik yang membantumu mempersiapkan karier atau memulai bisnis bersama para ahlinya.

Itu tadi 5 tips mengembangkan karier sebagai makeup artist ala Bubah Alfian. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Orang Gak Mau Berpartner dalam Karier Lagi denganmu

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya