Comscore Tracker

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Baru

Semakin cepat adaptasi, semakin cepat kamu nyaman!

Memasuki tempat kerja yang baru, berarti kamu harus siap dengan segala perubahan. Mulai dari lingkungan kerja baru, bos baru, rekan kerja baru, tanggung jawab baru hingga tentunya gaji baru. Namun terkadang antusiasme untuk segera masuk kerja akan segera berganti menjadi kecemasan.

Kamu akan membayangkan apakah kamu akan bisa beradaptasi atau tidak dengan lingkungan baru nantinya. Selama masa adaptasi, tentunya kamu akan banyak menemui kendala. Nah, berikut ini adalah lima cara agar kamu cepat beradaptasi di kantor barumu.

1. Bersikap ramah kepada semua orang

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Baruhttps://www.pexels.com/id-id/@jopwell

Cara pertama agar cepat beradaptasi adalah kamu harus bersikap ramah. Siapa sih yang tidak akan suka dengan orang yang ramah? Hampir semua orang sepertinya akan suka dengan orang yang mempunyai sifat ramah. Maka dari itu, cobalah untuk selalu bersikap ramah dengan siapa pun, termasuk kepada bawahan kamu sekalipun.

2. Sebisa mungkin selalu menyapa terlebih dahulu

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Barupexels.com/id-id/@fauxels

Jika kamu tipe orang yang tertutup pasti akan kesulitan pada tahap ini. Namun, jika kamu terus menerus malu untuk mengawali pembicaraan, jangan harap kamu bisa dengan cepat mendapatkan teman.

Cobalah untuk menyapa atau basa-basi dengan rekan kerja kamu. Hal ini bisa menjadi awal keakraban, apalagi jika kamu memiliki topik pembicaraan yang sama dengan rekan kerja kamu tersebut.

3. Pelajari budaya kantor baru kamu

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Barupexels.com/id-id/@fauxels

Setiap kantor pastinya memiliki budaya yang berbeda-beda. Pastikan kamu menganalisis budaya di tempat kerja barumu secepat mungkin. Perhatikan juga bagaimana seniormu bekerja dan bertutur kata. Dengan pandai menyesuaikan diri pada budaya di tempat kerja, tentunya akan memudahkan kamu beradaptasi di dalamnya.

Baca Juga: Banyak Klaster Kantor, Airin Terapkan WFH di Kantor Pemerintahan

4. Manfaatkan jam makan siang

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Barupexels.com/id-id/@wildlittlethingsphoto

Jika tidak ada seorang pun yang mengajak kamu untuk makan siang, cobalah untuk bertanya pada karyawan yang sudah lama bekerja, kira-kira di mana tempat makan siang yang paling nyaman.

Kamu juga dapat bertanya, apakah kamu dapat ikut dengan mereka untuk makan siang. Karena banyak fakta yang membuktikan, semua keakraban yang terjadi di kantor diawali dari makan siang bareng lho guys!

5. Selalu kreatif dan inisiatif

Jangan Sepelekan, 5 Hal yang Bikin Kamu Cepat Adaptasi di Kantor Barupexels.com/id-id/@canvastudio

Langkah yang tidak kalah penting dari semua yang di atas yakni dengan selalu menjadi orang yang kreatif dan inisiatif. Dengan kreatif kamu akan mampu menemukan metode terbaik bekerja versi kamu, sedangkan inisiatif dapat bermanfaat untuk memecahkan kebuntuan dalam bekerja. Tidak akan sulit tentunya untuk beradaptasi jika kamu memiliki kedua hal tersebut.

Well, adaptasi memang menjadi tantangan bagi siapapun yang baru saja pindah ke tempat kerja yang baru. Namun jika kamu mampu menjalani tips di atas dengan baik, kamu pasti bisa beradaptasi dengan cepat. Semangat terus ya!

Baca Juga: Lelah Kerja? 9 Cara Seimbangkan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya