Comscore Tracker

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!

Kamu juga bisa jadi profesional!

Menjadi seorang freelance memiliki tantangan lebih jika dibandingkan karyawan kantor. Kamu dituntut menyeimbangkan fleksibilitas dan tanggung jawab terhadap jadwal yang sudah direncanakan secara mandiri. Tidak terkecuali dengan freelance writer.

Kamu yang sedang menjalani bidang tersebut, butuh personality kuat agar tetap bertahan dan dapat bersaing dengan yang lain. Berikut adalah beberapa karakter yang dibutuhkan freelance writer.

1. Harus bekerja secara mandiri dan tidak ada yang mengawasi, karakter disiplin harus tertanam di sanubari freelance writer

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/ Joseph Gruenthal

Tidak banyak orang yang berprofesi sebagai penulis freelance. Jika kamu memilih bidang ini dan ingin menekuninya secara profesional, ada beberapa karakter kuat yang harus kamu miliki. Salah satunya adalah kedisiplinan. Ini karena seorang freelance dituntut bekerja secara mandiri, sekaligus tanpa atasan yang mengawasi.

Mereka dapat duduk seharian di rumah atau di co-working space sendirian. Semua itu hanya untuk menyelesaikan deadline. Barangkali, sifat ini dapat kamu palsukan saat bekerja di kantor. Namun, karakter disiplin harus dimiliki jika ingin jadi penulis lepas profesional.

2. Meski sering bekerja sendiri, kepercayaan diri bukannya harus dihapus selama menjadi penulis lepas. Justru ia harus dipelihara!

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/ Paige Cody

Kepercayaan diri yang dibutuhkan, bukan hanya untuk bersosialisasi di luar diri sendiri. Justru yang paling penting adalah kepercayaan diri dari dalam diri. Emosi yang kamu ambil untuk mengasah keahlian di bidang menulis, tidak bergantung pada kemauan editor atau tugas yang menguntungkan saja.

Lebih dari itu, kamu juga harus memperhatikan nilai dan prinsip yang dipegang. Bagaimana kamu terus memunculkan ide atau judul yang segar, menurut versi kamu sendiri. 

3. Mulai sekarang, jadikan belajar sebagai hobimu. Sebab, kegiatan ini akan banyak menunjang pekerjaanmu

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/Headway

Selain memiliki empati dan simpati yang kuat, menjadi freelance writer membutuhkan kemauan belajar yang tinggi. Bagaimana kamu peka dengan masalah di sekitar dan mampu mengemasnya jadi tulisan, jika kamu sendiri enggan belajar?

Kamu juga dituntut buat belajar sendiri tentang hal-hal yang menunjang penulisanmu. Misalnya kemampuan IT, administrasi, desain, atau kemampuan lain yang dibutuhkan penulis secara mandiri. 

4. Seperti anak-anak, rasa penasaran yang tinggi juga harus dirawat. Ini akan membuatmu tahu isu atau topik yang berkembang

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/ Dollar Gill

Penasaran yang dimaksud adalah penasaran terhadap berbagai hal dalam hidup, apa yang sedang viral, menganalisis momen penting yang diinginkan orang, hingga topik-topik atau isu sosial yang masih belum tuntas hingga sekarang.

Rasa penasaran inilah yang akan memunculkan ide dan mendorong perspektif baru. Dengan begitu, kamu mampu menciptakan karya yang menjawab segala rasa ingin tahu masyarakat.

Baca Juga: 4 Tip Mengatasi Writer's Block Ala Windy Ariestanty

5. Keberanian juga dibutuhkan, lho! Terlebih, untuk menikmati prosesnya di tengah masyarakat yang belum lazim akan profesi ini

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/Thomas William

Karena masih cukup langka di negara berkembang, menjadi penulis lepas tentu saja dibutuhkan keberanian. Bagaimana berhadapan dengan berbagai orang dan menjelaskan profesimu, itu bukanlah hal yang mudah.

Namun, bukan berarti tidak mungkin. Terutama dalam hal ini, adalah keberanian untuk menikmati proses dalam menulis sebagai seorang freelance.

6. Kamu harus terbuka terhadap berbagai sudut pandang, apalagi jika menerima tugas yang tidak sesuai dengan dirimu

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/Thomas Drouault

Keterbukaan ini adalah terbuka dengan berbagai sudut pandang. Ketika menjadi seorang freelance writer, kamu dituntut menekan ego dan idealisme. Kamu perlu menerima kemauan klien, yang terkadang tidak sesuai dengan nilai yang diyakini. Kamu juga wajib mengelaborasikan ide dengan editor terkait menciptakan tulisan yang terbaik.

7. Menjadi pendengar yang baik akan memudahkanmu dalam menyerap informasi yang dibutuhkan untuk tulisan

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/ Trung Thanh

Untuk membuat tulisan yang berbobot, freelance writer  membutuhkan kemampuan mendengar dengan baik. Layaknya jembatan, kamu akan membantu menyampaikan pesan dari berbagai tipe orang melalui tulisan.

Bukan hanya itu saja. Kamu pun harus membuka mata lebar-lebar untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya sebagai sumber tulisan. 

8. Yang tidak kalah penting untuk menggaet klien adalah membangun professional image sebagai seorang penulis

8 Karakter yang Dibutuhkan Freelance Writer, Dijamin Dilirik Klien!unsplash/ Christin Hume

Untuk menjadi penulis yang sukses, kamu harus membentuk professional image guna membangun kepercayaan terhadap klien, pengguna, atau pembaca. Profesional yang dimaksud adalah ketika kamu mampu mengatur waktu, menyelesaikan deadline tepat waktu, berkomunikasi dengan editor, dan membangun relasi serta menghargai penulis lain.

Itulah beberapa karakter yang dibutuhkan penulis lepas agar sukses dan dilirik klien. Menjadi seorang penulis namun freelance, barangkali membutuhkan usaha lebih. Namun, gak berarti kamu tidak mampu sukses menggeluti bidang ini bukan?

Baca Juga: 6 Cara Sukses Berkarier Jadi Freelance Writer, Kamu pun Pasti Bisa!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Just For You