Comscore Tracker

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!

Bisa berakibat buruk buat kamu nantinya

Mencari pekerjaan adalah sebuah fase yang pasti dijalani banyak orang. Untuk mendapatkan pekerjaan pun kesannya begitu susah-susah gampang karena harus bersaing dengan banyak kandidat lain. Lalu bila ada tawaran pekerjaan yang datang sendiri tanpa dicari, haruskah kita langsung menerimanya?

Nah, untuk memutuskan mau terima apa tidak, ada beberapa pertimbangan. Kalau perusahaanmu mempunyai kriteria ini, lebih baik tolak saja!

1. Tawaran dari perusahaan yang sedang berada di ujung tanduk kebangkrutan.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!abovethelaw.com

Ada gunanya kita mendengar kabar dunia bisnis terbaru meski tidak berkecimpung di sana. Dengan mengetahui kabar tersebut, kita tahu mana perusahaan yang bonafit dan tidak. Bila ada perusahaan dengan performa yang terus merosot, kemungkinan perusahaan tersebut sedang menuju kebangkrutan. Kalau kamu menerima tawaran kerja dari perusahaan seperti ini, besar kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan kamu akan kembali menjadi pengangguran.

2. Tawaran kerja perusahaan yang mempunyai reputasi memperlakukan karyawannya dengan semena-mena.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!huffingtonpost.com

Sebelum menerima tawaran kerja, perhatikan sistem kerja di kantor tersebut. Apakah kantor tersebut memperlakukan pegawainya dengan baik atau tidak, harus menjadi perhatian. Ingat, gaji memang penting. Tetapi gaji besar tak ada artinya bila kamu tersiksa oleh pekerjaan yang tidak manusiawi. Semisal jam kerja yang tidak teratur dan tidak memberikan libur.

3. Tawaran dari perusahaan yang karyawannya memiliki kebiasaan buruk.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!lifereimagined.aarp.org

Bila rekan kantormu memiliki kebiasaan buruk atau memberi kesan tidak profesional, lebih baik tidak usah bergabung. Sebuah pekerjaan yang baik memerlukan kerja sama tim yang solid. Bila tim atau kolega kantor memiliki sikap tidak menyenangkan, itu tandanya pekerjaan di kantor tersebut berantakan. Kamu mau membereskan pekerjaan orang lain?

Baca Juga: 14 Kesalahan Pelamar Kerja yang Dibongkar HRD!

4. Gaji yang tidak sepadan dengan beban kerja.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!latitudes.nu

Banyak sekali tawaran kerja yang tidak menyertakan besaran gaji dan beban kerja. Besaran gaji dan beban kerja biasanya baru diberitahukan ketika surat kontrak disodorkan. Hitungan sederhana apakah gaji tidak sepadan dengan beban kerja adalah upah minimum regional (UMR). Bila gajimu di bawah UMR, lebih baik tolak pekerjaan tersebut. Gaji di bawah UMR menandakan perusahaan tidak terlalu memikirkan kesejahteraan pegawainya.

5. Tidak ada jenjang karir atau perbaikan jabatan.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!ikaprama.org

Jenjang karir adalah ruang untuk berkembang. Tidak mungkin sebagai manusia, kita selalu menginginkan posisi yang stagnan. Bila suatu perusahaan tidak menawari jenjang karir, perusahaan tersebut berarti tidak memiliki kepedulian untuk pengembangan bisnis.

6. Perusahaan yang memiliki citra buruk di masyarakat.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!blogs.reuters.com

Ada beberapa perusahaan yang tidak memperdulikan pendapat masyarakat, karena itu mereka beroperasi seenaknya. Semisal perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan kegiatan operasinya telah merusak lingkungan. Mereka memang menawarkan gaji yang besar, namun selalu mendapat hujatan. Kalau kamu tipe yang tidak betah diolok-olok, lebih baik tolak tawaran kerja dari perusahaan seperti ini.

7. Tawaran kerja perusahaan yang memiliki aktivitas ilegal di dalamnya.

Catat, Ini 7 Tawaran Kerja yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas!mg.co.za

Semisal kamu mendapat tawaran kerja dari perusahaan jasa pengiriman. Namun ternyata perusahaan tersebut juga menangani pengiriman barang ilegal tanpa ijin dari negara. Lebih baik tolak tawaran kerjanya karena bisa berdampak buruk padamu di masa depan.

Mendapat pekerjaan memang hal yang penting. Tetapi jangan sampai keinginan untuk bekerja membuatmu kalap dan tidak berpikir matang, ya kawan-kawan IDNtimes!

Baca Juga: 7 Tanda Kantor yang Memiliki Budaya Kerja Buruk

Topic:

Just For You