Comscore Tracker

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!

Gak semua millennial cocok untuk bekerja di dunia startup.

Semakin canggihnya teknologi dan semakin akrabnya masyarakat saat ini dengan internet turut memberikan perubahan gaya industri di era Revolusi Industri 4.0 ini. Kemunculan perusahaan-perusahaan startup di berbagai bidang turut meramaikan industri di zaman serba praktis ini.

Di Indonesia sendiri perusahaan-perusahaan startup turut bermunculan dan berhasil berevolusi menjadi unicorn, seperti Gojek, Traveloka, dan Tokopedia. Namun, tak jarang juga yang justru kalah bersaing hingga harus gulung tikar.

Bekerja di perusahaan startup juga kini seolah menjadi lapangan kerja yang paling digandrungi oleh anak muda. Hal itu, karena bekerja di startup dinilai sangat cocok dengan gaya anak Millennial saat ini.

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan startup, lebih baik kamu harus tahu lika-liku bekerja di sini. Yuk, kita simak!

1. Menyajikan lingkungan kerja yang asyik

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!ungoti.com

Perusahaan startup biasanya berisikan anak-anak muda berbakat, kreatif dan asyik. Jumlah karyawannya juga tidak banyak, bahkan di beberapa startup yang sangat baru, kadang jumlah karyawan tidak lebih dari hitungan jari kamu.

Hal itu menjadikan suasana kantor jadi santai. Tak jarang ada saja karyawan yang selalu bikin rusuh suasana kantor, yang menjadikan kantor semakin seru dan menyenangkan.

Kamu yang bekerja di startup tidak perlu pusing menggunakan baju apa untuk ke kantor. Setelan kaos oblong dan celana jeans sudah cukup untuk ngantor. Bekerja di startup sangat jauh dari kesan kaku.

2. Hierarki perusahaan tidak begitu terasa

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!startupprize.eu

Lingkungan kerja semakin asik karena hierarki perusahaan tidak terasa. Kesan Bos dan Manager yang tinggi derajatnya di perusahaan corporate tidak akan nampak di perusahaan startup.

Di perusahaan startup yang karyawannya masih sedikit, kamu bahkan bisa seru-seruan dan ngopi bareng sama CEO kamu. Sangat cocok buat kamu yang tidak menyukai hierarki dalam perusahaan.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Agar Kamu Lebih Efektif Bekerja dari Rumah

3. Tempat kamu berinovasi

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!Pixabay/StartupStockPhotos

Bekerja di starup artinya kamu turut andil dalam kemajuan startup tersebut. Trial and error menjadi hal yang biasa di dalam startup. Hal itu karena perusahaan startup biasanya masih mencari skema yang pas untuk perusahaan dan masih meraba pasar.

Kondisi tersebut tentu menjadi kesempatan buat kamu agar dapat berinovasi. Kamu dapat menuangkan ide-ide brilian yang bahkan tidak terpikirkan bos-mu sebelumnya. Kesempatan kamu untuk membuat fitur-fitur baru yang menunjang kesuksesan perusahaan terbuka lebar.

4. Harus multitalenta

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!Unsplash/austindistel

Startup  identik dengan perubahan yang sangat cepat, baik dari segi strategi pasar, produk sampai keluar masuk karyawan. Tak jarang pekerjaan yang sudah setengah jalan, tiba-tiba  karyawan yang mengerjakannya malah resign. Kebutuhan yang cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan membuat harus ada orang lain yang siap mengambil alih.

Jika kamu menemukan karyawan yang mengerjakan pekerjaan di luar jobdesk-nya, maka itu hal biasa di startup. Jadi bersiaplah untuk mengerjakan hal-hal yang baru jika kamu bekerja di startup.

5. Waktu kerja sangat dinamis

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!quirks.com

Jika kamu orang yang senang dengan keteraturan dan jam kerja yang rutin, maka kamu tidak cocok untuk kerja di perusahaan startup. Karena bekerja di startup, artinya kamu harus siap dengan jam kerja dan deadline yang dinamis.

Kadang kala ada saatnya waktu kamu luang gak ada kerjaan, tetapi ada kalanya kamu dikejar deadline yang mepet banget. Gak jarang kamu harus begadang dan bahkan menginap di kantor.

Jangankan di hari kerja, bahkan saat libur pun bayang-bayang pekerjaan yang dadakan selalu membayangi. Dan mau gak mau mesti siap mengerjakan, kalau tidak, ya kena omel bos.

6. Penuh dengan ketidakpastian

6 Fakta Suka Duka Kerja di Startup, Gak Selalu Santai Lho!Pexels/Startup Stock Photos

Ini adalah hal paling basic yang harus kamu ketahui sebelum kamu bekerja di startup yang baru, yaitu penuh dengan ketidakpastian. Sebelum sebuah startup dapat revenue yang besar dari produknya, startup tersebut sangat bergantung pada investor.

Karyawan bisa tiba-tiba di-cut-off dan tidak diperpanjang kontraknya ketika perusahaan tidak bisa lagi menggaji karyawan tersebut. Jadi, jika kamu tidak siap dengan PHK yang tiba-tiba, kamu harus berpikir ulang untuk berkarier di startup.

Berkarier di sebuah perusahaan startup tidak sepenuhnya asyik dan seru. Ada juga risiko-risiko yang mesti kita perhitungkan. Startup memang tempat yang tepat untuk menimba pengalaman dan berkembang. Namun, tidak semua millennial cocok dengan gaya startup.

Dan buat kamu yang sedang berkarier di startup, selamat mengarungi petualangan di dunia startup. Nikmati setiap proses yang kita dapatkan di startup.

Baca Juga: 5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai Pengangguran

Fakhrizal Muttaqien Photo Writer Fakhrizal Muttaqien

Blogger - Content Writer | Writing for sharing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya